loading...

Akar Pohon Pepaya, Obat Herbal Untuk Cacingan, Batu Ginjal, Hipertensi Sampai Rematik

Posted by

Pohon Pepaya adalah jenis pohon yang paling dan sangat mudah dibudidayakan, tinggal ambil biji dari buah pepaya yang sudah masak sebarkan diatas tanah yang gembur, sirami maka beberapa hari kemudian akan tumbuh bibit-bibit pohon pepaya yang siap dipindahkan ke tempat penanaman.

Akar Pepaya
Manfaat buah pepaya sudah banyak diketahui orang demikian juga manfaat dari biji pepaya. Adakah manfaat akar pepaya? Ternyata salah satu dari manfaat akar pepaya adalah manfaatnya sebagai obat bagi penyakit ginjal, baik yang sudah terkena maupun untuk menghindari penyakit ginjal. 

Selain buahnya, tanaman pepaya juga menyimpan banyak sekali khasiat pada daun dan akarnya. Daun pepaya mengandung berbagai macam zat, antara lain: Vitamin A 18250 SI, Vitamin B1 0,15 mg, Vitamin C 140 mg, Kalori 79 kal, Protein 8,0 gram, Lemak 2 gram, Hidrat Arang 11,9 gram, Kalsium 353 mg , Fosfor 63 mg, Besi 0,8 mg, Air 75,4 gram. Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. Disamping pada daunnya, akar dan getah pepaya juga mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin.

Cara membuat ramuan akar pepaya untuk penyakit Ginjal:

  • Rebus 3 potong akar pepaya bersama 1 liter air
  • Campur dengan madu untuk meminumnya.

Cara Membuat Ramuan Akar Pepaya Untuk obat cacing, 

  • Gunakan akar pepaya kering 10 gram
  • bawang putih 1 gram
  • air 100 ml. 
  • Bahan dipotong-potong, kemudian didihkan dengan air selama 15 menit, baru disaring. 
  • Bila perlu, tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml.

Manfaat Lain dari Akar pepaya

Sebagai minuman penyegar,
ambil dua potong akar dan satu lembar daun pepaya. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih, lalu saring. Bila perlu, campurkan madu atau jahe agar rasanya lebih segar.


Untuk mencegah resiko batu ginjal, ambil tiga potong akar pepaya, kemudian rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian saring. Setelah dingin, campur dengan sedikit madu, lalu minum.


Untuk sakit kandung kemih, dan digigit ular berbisa, potong-potong 10 gram akar pepaya kering dan 1 gram bawang putih. Didihkan campuran bahan dalam air 100 ml selama 15 menit, lalu saring (bila perlu tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml, diminum tiga kali sehari masing-masing 25 ml).


Untuk mencegah resiko batu ginjal dan radang ginjal; Bersihkan 30 gram akar pepaya; Rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, kemudian saring, setelah dingin, campur dengan sedikit madu, lalu minum (3 kali sehari masing-masing 150 cc). Atau juga dengan cara bersihkan 30 gram akar pepaya; campurkan akar pepaya, 15 gram tanaman kumis kucing segar, dengan 30 akar alang-alang; Rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, kemudian disaring; minum 2 kali sehari masing-masing 200 cc.


Untuk gangguan saluran kencing, cara mengelolah: Ambil 3 potong akar pepaya, Rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian saring, minum 1/2 gelas, satu klai sehari.


Untuk mengobati rematik, cara mengelola: Haluskan 30 gram akar pepaya, 20 gram jeruk nipis, 15 gram sambiloto segar, 20 gram daun ketepeng cina, 30 gram daun sirih segar, dan 5 buah cabe rawit. Rendam campuran dalam alkohol 75% selama 7 hari, kemudian peras dan saring. Gunakan airnya untuk menggosok dan mengurut bagian yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari.


Untuk Menurunkan Hipertensi (tekanan darah tinggi). Bahan: 2 potong akar pepaya. Cara membuat: direbus dengan 1 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian saring. Diminum dua kali sehari 1 cangkir.


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 09:16
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.