loading...

Tanaman Sintrong, Hijauan Pakan Ternak Alternatif Asal Gulma

Posted by

Tanaman Sintrong Pakan Ternak Asal Gulma

Sintrong untuk pakan ternak
Sintrong untuk pakan ternak? mengapa tidak? Sintrong aman dimakan manusia jadi tidak ada masalah diberikan pada ternak selama tidak berlebihan dan dicampur dengan hijauan lain sehingga keseimbangan gizi pakannya terjaga. Sintrong, tanaman gulma satu ini sudah umum dikonsumsi sebagai lalapan terutama dipedesaan dan dilereng-lereng pegunungan, sintrong merupakan tanaman gulma dengan nama ilmiah erechtites valerinaefolia. Selain dikonsumsi secara langsung, sintrong dapat diolah menjadi menu sayuran. Sintrong layak untuk hijauan pakan ternak karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi seperti kandungan Protein Kasar (PK) mencapai 18,25 %. Berikut  kandungan nutrisi sintrong mulai dari Protein Kasar, Lemak Kasar, Serat Kasar dan BETN.


Kandungan Nutrisi Sintrong
PrK.
(%)
S.K.
(%)
Lemak
(%)
Abu
(%)
BETN
(%)

18,25
15,78
4,83
14,24
46,90

Manfaat Lain Sintrong sebagai Tanaman Herbal
Sintrong juga dikenal sebagai tanaman herbal untuk mengobati beberapa penyakit, wanginya yang khas membuat orang mudah membedakannya dengan tanaman gulma lainnnya.

Ciri dari tanaman sintrong ialah bertangkai tegak, tinggi sekitar 1 m, bila di remas memiliki bau aromanti, dengan batang lunak ber alur dangkal. Dengan daun yang terletak menyebar, sintrong memiliki helai pada setiap daun jorong panjang seperti bentuk telur, dengan lebar antara 3-6 cm meruncing pada ujung daun. Daun yang paling atas memiliki ukuran kecil dari pada yang bawah, memiliki bunga majemuk dan bongol yang tersusun rata, bonggolnya berwarna hijau dengan ujung coklat atau merah bata.

Mahkota bunga ber warna kuning dengan ujung merah kecoklatan dan akan tegak setelah menjadi buah. Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi tanaman sintrong ini adalah :

  • Dapat menurunkan tekanan darah
  • Mengatasi masalah perut
  • Mengobati luka luar
  • Meredakan sakit kepala
  • Menurunkan demam & radang amandel

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:20
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.