loading...

Semut Jepang? Benarkah Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Posted by

Gambaran Umum Tentang Semut Jepang
Orang makan semut? why not? Inilah buktinya kalau semut juga ada yang dimakan. Terus terang saja saya sendiri baru mengetahui kalau ada sejenis semut yang bisa dimakan. Nama binatang ini adalah semut Jepang. Kalau dinegara kita, menurut saya semut ini lebih mirip serangga kecil seperti kutu beras (lihat gambar dibawah). Benar bukan? Tetapi kenyataannya ini adalah salah satu jenis binatang yang disebut sebagai Semut di negara Jepang. Jadi secara gampangnya mungkin disebut semut Jepang karena berasal dari Jepang.



Memang banyak sekali spesies serangga di dunia ini, mungkin ada milyaran jumlah serangga di seluruh bumi. Sedangkan semut termasuk spesies yang juga memiliki jenis terbanyak dalam dunia serangga. Semut dalam bahasa Jepang memiliki sebutan Ari, dimana secara harfiah memiliki arti serangga kesetiaan. Di negara Jepang sendiri terdapat lebih dari 200 jenis semut jepang yang berbeda-beda. Beberapa contoh dari jenis semut Jepang antara lain:


Pachycondyla pilosior Amblyopone silvestrii Stenamma owstoni
Aphaenogaster Ponera swezeyi Aphaenogaster ruida
Ponera scabra Pehidole bugi Aphaenogaster vapida
Solenopsis japonica Monomorium trivial Technomyrmex gibbsosus
Ochetellus glaver Lasius talpa Lasius umbratus
Lasius spathepus Pyramica leptothrix Vollenhovia emeryi
Polyergus samurai Crematogaster vagula Camponotus nipponicus

Dan masih banyak lagi jenis spesies lainnya dari semut Jepang, mengingat jenis semut Jepang sendiri lebih dari 200 ekor.


Berikut ini beberapa  perbedaan dari semut Jepang dibandingkan semut spesies lainnya yakni memiliki badan yang keras, bersayap namun tak bisa terbang, suka reproduksi, hidup secara berkelompok, bukan hewan kanibal. Itulah beberapa ciri yang membedakan semut Jepang dengan spesies semut lainnya. Dimana ciri utama yang menonjol adalah dari sayapnya.




Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan
Semut Jepang ini dipercaya  memiliki manfaat, akibatnya semut Jepang banyak dicari orang, dan banyak orang yang membuat budidaya semut Jepang yang satu ini. Lebih lanjut, sekarang mari kita bahas tentang manfaat dan khasiat atau kegunaan dari semut Jepang untuk manusia berikut:
  • Bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darahnya..
  • Menjadikan tekanan darah stabil, khususnya untuk orang yang menderita hipertensi (penyakit darah tinggi).
  • Mampu menambah vitalitas dari pria maupun wanita, cocok bagi pria maupun wanita dengan jam kerja tinggi serta kesibukan untuk sehari-harinya, tubuh pun dapat menjadi lebih segar dengan semut Jepang.
  • Semut Jepang berguna untuk Keseimbangan Kadar Kolesterol Darah
  • Mengobati dan meringankan penyakit jantung.
  • Sebagai terapi untuk mengobati dan meringankan penyakit asam urat

Cara Mengkonsumsi Semut Jepang Sebagai Suplemen Kesehatan

Semut kok dimakan? apa diminum? Kenyataannya semut yang satu ini memang dikonsumsi. Tetapi kalau menurut saya sebenarnya hewan ini lebih mirip kumbang kecil daripada semut, entah darimana penyebutan semut jepang muncul pada hewan ini. Mungkin Anda bingung bagaimana menggunakan semut Jepang untuk mengambil khasiatnya tersebut. Caranya yaitu dengan menggunakan kapsul kosong yang berbahan rumput laut. Anda bisa menemukan kapsul ini dengan mudah di toko obat terdekat di kota Anda. Kemudian, Anda perlu mencari semut Jepang ini, lalu semut Jepang pun yang ukurannya kecil dimasukkan dalam kapsul. Selanjutnya kapsul dimasukkan lagi ke dalam makanan lainnya.

Untuk mengkonsumsi semut Jepang secara langsung anda dapat menggunakan buah-buahan seperti pisang, masukkan kapsul ke pisang lalu makanlah. Sederhana bukan?

Catatan Penting:
Menurut dokter Dina Kusumawardhani, yang dimuat pada Klikdokter.com,  belum ada penelitian klinis yang membuktikan bahwa semut jepang dapat menyembuhkan penyakit Stroke. 

Jadi intinya manfaatkan semut jepang ini sebatas pengobatan alternatif atau jamu sampai ada penelitian medis mengenai manfaat klinis dari semut jepasng ini.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:17
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.