loading...

Sarang Burung Walet, Suplemen Mahal Untuk Kesehatan dan Kebugaran

Posted by

Burung walet adalah burung dari keluarga Apodidae. Burung ini mirip dengan burung layang-layang, namun sebenarnya sama sekali tidak memiliki hubungan kekerabatannya dengan spesies burung pengicau. Burung walet lebih masuk dalam ordo Apodiformes, satu ordo dengan burung kolibri.
Walet sarang-putih (bahasa Latin = Collocalia fuciphaga) adalah spesies burung dari keluarga Apodidae, dari genus Collocalia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil yang memiliki habitat di umum terdapat di semua tempat, tersebar sampai ketinggian 2.800 m dpl. Walet sarang-putih memiliki tubuh berukuran agak kecil (12 cm). Tubuh bagian atas coklat kehitaman. Tunggir coklat atau abu-abu pucat (Jawa), atau coklat tua (Sumatera, Kalimantan, ras vestita). Ekor sedikit menggarpu. Tubuh bagian bawah coklat. Iris coklat tua, paruh dan kaki hitam. Hampir sulit dibedakan dengan W. sarang-hitam, W. sarang-lumut, dan W. gunung, kecuali dalam sarang. Sarang berupa air liur pada celah batu karang atau gua. Telur berwarna putih, jumlah 2 butir.
Walet sarang-hitam (Collocalia maxima) adalah sejenis burung anggota suku Apodidae. Walet ini didapati menyebar di Brunei, Burma, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Habitat alaminya adalah di hutan-hutan hujan dan hutan pegunungan tropika. Bersama dengan walet sarang-putih (C. fuciphaga), walet sarang-hitam merupakan penghasil penting sarang burung walet yang berharga mahal. Meskipun demikian, sarang yang dihasilkan C. maxima masih lebih rendah harganya dibandingkan C. fuciphaga, karena masih perlu dibersihkan dari bulu-bulu hitam dan kotoran lainnya. Tubuh berukuran agak kecil (13 cm), tubuh bagian atas coklat kehitaman, tunggir bergradasi, dari abu-abu menjadi coklat kehitaman, tubuh bagian bawah gelap, kaki berbulu lebat. Hampir sulit dibedakan dengan walet sarang-putih, tubuh agak gemuk, ekor terpotong agak lurus. Sarang berupa mangkuk setengah lingkaran, terbuat dari air liur dan bulu, telur berwarna putih, jumlah 1 butir. 
(Sumber: wikipedia.com).


Kandungan Gizi / Nutrisi Sarang Walet
Dalam 100 gram sarang burung walet, terkandung:
  • 49.9 gr protein (termasuk nitrogen amido, nitrogen monoamina, non-amino nitrogen, argini, humin, histidin, lisin, dan sitein)
  • 30.6 gr karbohidrat (glikoprotein dan musin)
  • 4.9 gr besi
  • 2.5 gr garam anorganik (termasuk kalium, kalsium, natrium, magnesium, belerang, fosfor, silika, dan garam mineral lainnya)
  • 1.4 gr serat
Manfaat dan Khasiat Sarang Walet Untuk Kesehatan
  • Sarang Walet untuk Mengobati Batuk. Selain itu, sarang walet juga ternyata berkhasiat menyembuhkan penyakit batuk.dan mengurangi dahak. Sarang walet juga merupakan nutrisi bagi paru-paru yang bermanfaat menguatkan saluran pernapasan.
  • Menyehatkan Pencernaan. Sarang burung walet memiliki zat kolagen yang berguna memperlancar pembuluh darah, meningkatkan nafsu makan dan juga memperbaiki saluran pencernaan. 
  • Mengurangi Rasa Sakit Wanita Hamil. Sarang walet juga bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit punggung wanita hamil serta menguatkan paru-paru bayi yang ada di kandungan.
  • Menjaga Kebugaran Badan. Mengkonsumsi sarang burung walet bisa meningkatkan metabolismu, menghambat penuaan dini, menguatkan urat dan tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Manfaat Sarang Walet untuk Perokok. Sarang burung walet juga merupakan makanan sehat untuk para perokok. Bahan ini dapat mengurangi efek negatif yang ditimbulkan dari nikotin dalam rokok yang menimbulkan seseorang kecanduan merokok.
Dan masih ada manfaat laiinya seperti:
  • Menjaga daya tahan tubuh sebagai sumber kekuatan
  • Menjaga kehalusan kulit (tetap cantik)
  • Sebagai obat ku4t
  • Memelihara kecantikan
  • Menghambat kanker
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • dan lain-lain
Bonus: Manfaat Sup Sarang Burung Walet

Manfaat Sup Sarang Burung Walet Bagi Ibu Hamil dan Calon Bayi.Konsumsi sarang burung selama kehamilan dapat meningkatkan gizi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan ibu dan anak dan akan memberikan bayi pikiran yang fleksibel. Perempuan mengkonsumsi sarang burung setelah melahirkan dapat pulih lebih cepat dan langsing dengan cepat untuk membantu menjaga kecantikan mereka. Perut dan bayi yang baru lahir fungsi limpa lemah. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan diare dan hilangnya nafsu makan.
Manfaat Sup Sarang Burung Walet Bagi Bayi. Memberi makan bayi yang baru lahir dengan sarang walet yang telah dilarutkan dalam susu dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan ini. Bayi yang berusia 6 bulan dapat diberikan dengan bubur beras atau congee berisi sup sarang walet. Anak-anak membutuhkan lebih banyak gizi selama masa pertumbuhan mereka. Diberi makan dengan sup sarang burung dapat membantu memperkuat tubuh dan merangsang pertumbuhan otak. Makan sarang burung tidak hanya terasa enak tetapi ketika disajikan dengan gula batu, susu segar atau oatmeal membantu pencernaan dan sembelit.
Manfaat Sup Sarang Burung Walet Bagi Anak-anak.Untuk anak-anak, selalu memakan sup sarang burung dapat meningkatkan metabolisme, memperkuat berbagai fungsi tubuh dan memperkuat kekebalan.
Manfaat Sup Sarang Burung Walet Bagi Wanita.Bagi wanita, walet dapat menghaluskan kulit dan menjaga kecantikan abadi. Orang, yang sangat tertekan dan selalu sibuk belajar dan bekerja dapat mengurangi kelelahan, mengurangi tekanan rohani dan memulihkan kekuatan tubuh melalui selalu memakan sup sarang burung walet.
Manfaat Konsumsi Sup Sarang Burung Walet Bagi Orang yang Baru Sembuh dari Penyakit.
Sarang burung juga bermanfaat bagi orang-orang yang baru saja sembuh dari penyakit, yang sudah tua dan lemah, yang menderita asma dan yang selalu menangkap dingin atau influenza. Diet teratur sarang burung dapat membantu meringankan trakea, mulus bernapas, manfaat kontrol asma, mengeluarkan dahak, memulihkan energi vital dan memperpanjang umur panjang. Hal ini terutama efektif untuk mereka yang memiliki gangguan tidur, bronkitis, batuk atau mabuk. Sarang burung juga menunjukkan efek terapeutik jelas untuk membantu melembabkan dan mengisi paru-paru dan membersihkan usus panas.
(sumber:supsarangwalet.wordpress.com)

Catatan Penting: Selama masih belum diteliti secara ilmiah atau belum ada rekam jejak medik mengenai manfaat dan khasiat sarang burung walet ini maka anggaplah sarang walet ini sebagai suplemen atau pengobatan alternatif.

Jika ingin mengetahui obat herbal lainnya silahkan KLIK saja Artikel dibawah ini:
Ayo dibaca: 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:42
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.