loading...

Sakit Kuning / Liver, Obati dengan Herbal Rebung Bambu Kuning

Posted by

Cara Membuat Obat Herbal Rebung Bambu Kuning Untuk Sakit Liver.


 
Cara membuat ramuan herbal untuk sakit kuning dengan menggunakan rebung bambu kuning ini sangatlah sederhana dan sangat mudah untuk dipraktekkan
Pemakaian rebung secara tradisional, dilakukan seperti membuat jamu godog.
Satu bagian (bisa satu gelas) irisan rebung bambu kuning yang sudah dikeringkan dicampur dengan 10 bagian air.
Campuran direbus sampai mendidih. Seperempat jam setelah mendidih, pemanas dimatikan.
Dalam keadaan masih panas, rebusan disaring dan didinginkan.
Setelah dingin bisa langsung diminum.
Setiap minum, takarannya adalah sepertiga gelas; bisa diminum hingga tiga kali sehari. 

Karena rasanya agak asam, bisa ditambahkan gula. 
Kalau air rebusan sudah habis, ampas rebung bisa digunakan lagi (direbus lagi) sampai tiga kali.
Secara tradisional, Rebung bambu kuning biasa digunakan sebagai obat penyakit kuning (Hepatitis A). Penggunaannya secara tradisional ini diwariskan secara turun temurun. Seperti diketahui penyakit kuning berhubungan dengan ketidakberesan fungsi hati, sehingga sering disebut sebagai “penyakit lever” atau “penyakit liver”.


Rebung bambu kuning mengandung para hidroksi bemsaldehid, yaitu suatu fenol yang mirip dengan sebagian gugusan silimarin dan kurkumin. Kedua gugusan ini berkhasiat sebagai anti racun hati. Senyawa silimarin telah lama dipasarkan sebagai obat liver atau obat lever atau sakit hati dengan merek dagang Legalon.   Dari penelitian di Jerman, sari rebung bambu bisa memperbaiki kerusakan sel hati binatang percobaan, yang sebelumnya sengaja dirusak dengan racun hati.

Rebung adalah tunas bambu yang baru berumur beberapa hari saja.Tanaman bambu sendiri cukup unik, dimana pertumbuhannya sel-selnya pada saat muda sangat cepat.  Untuk mencapai tinggi sama dengan bambu yang sudah tua, bambu hanya memerlukan waktu 40 hari saja. 

Di dalam Rebung terdapat banyak kandungan senyawa mulai dari air (paling banyak sampai 91%), thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, besi, dan lainya.
Kandungan protein, karbohidrat, dan lemak tidaklah berbeda jauh jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Begitu juga dengan kandungan kalium yang cukup tinggi yakni 533 mg per 10 gramnya.

Rebung bambu biasa dimanfaatkan untuk bahan sayuran oleh ibu-ibu.  Manfaat obat rebung bambu belum banyak diteliti, namun sudah ada catatan penggunaan rebung bambu untuk pengobatan herbal, terutama rebung bambu kuning.

Rebung banyak mengandung protein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh agar bisa berfungsi dengan baik.  Disamping itu kandungan antioksidan dalam rebung bisa menangkal  senyawa bebas yang berbahaya bagi manusia. Jenis antioksidan yang terdapat dalam rebung namanya adalah Fitosterol. kandungan ini untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Rebung juga sangat kaya dengan serat pangan sebanyak 2,56 persen. Kandungan seratnya sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran tropis lainnya seperti Ketimun (0,61%), Sawi (1,01%), Kedelai (1,27%), Pecay (1,58%), dan lainnya. Memang, kekurangan serat pada tubuh manusia tidak akan menimbulkan gejala yang spesifik, tidak seperti kekurangan zat-zat lainnya. 

Namun, tetap saja ketercukupannya harus selalu dipenuhi untuk meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.
Bahkan, dalam beberapa penelitian yang dilakukan, telah ditemukan bahwa kekurangan serat ternyata dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kekurangan serat dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis, diabetes melitus, jantung koroner, hiperkolesterolemia, kanker kolon (usus besar), dan lainnya.


Sedangkan beberapa manfaat lain dari rebung bambu secara umum adalah:
  • Mengatasi / Mencegah Kanker. Seperti yang disebutkan diatas, mengonsumsi rebung secara teratur bisa menghambat terjadinya penyakit kanker. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan fitosterol di dalamnya seperti klorofil, amilase dan falvonove yang membuat makanan ini sempurna untuk melawan kanker.
  • Untuk Imunitas / Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pantas saja kalau rebung disebut sebagai makanan kaya nutrisi. Sebab di dalamnya banyak terkandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, riboflabin, thiamine dan asam folat. Selain itu rebung juga mengandung mineral yang di butuhkan oleh tubuh seperti kalsium, kalium, seng, tembaga, natrium dan zat besi. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh anda.
  • Sarana Makanan Diet / Menurunkan berat badan. Jika anda sedang menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mencoba makanan ini. Rebung dikenal sebagai makanan yang rendah kalori. Selain itu rebung juga banyak mengandung serat yang bisa membuat anda merasa lebih cepat kenyang jika mengonsumsinya.
  • Bagus untuk penderita Hipertensi karena dapat Menurunkan tekanan darah. Rebung juga mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga agar tekanan darah tersebut tetap normal. Hal ini disebabkan karena rebung banyak mengandung kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tersebut. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi rebung juga dikenal bisa mengurangi depresi dan kecemasan.
  • Mengobati masalah pernafasan. Kandungan protein dan asam amino yang terdapat dalam rebung bermanfaat untuk menyembuhkan masalah pernafasan seperti hidung tersumbat, pilek maupun batuk.
  • Mengatasi gangguan / menyehatkan pencernaan. Mengonsumsi rebung juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Makanan ini juga dapat digunakan untuk mengobati cacingan.
  • Rebung Bambu Mampu Melancarkan siklus menstruasi. Mengonsumsi rebung ternyata bisa melancarkan siklus menstruasi lho? Saat anda bermasalah dengan siklus mens anda yang tidak teratur, cobalah untuk mengonsumsi makanan ini. Rebung memiliki bahan alami yang mampu memperlancar siklus menstruasi dan mampu mengurangi nyeri.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:23
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.