loading...

Potensi Panen Rumput Benggala Sebagai Hijauan Pakan Ternak

Posted by

Banyak jenis rumput-rumput unggulan yang telah dibudisayakan di negara kita, yang paling populer tentu saja rumput gajah dan rumput raja. Sebenarnya ada satu lagi bangsa rumput yang juga memiliki potensi tinggi untuk digunakan sebagai hijauan makanan ternak yang sebenarnya juga mudah dibudidayakan, yaitu rumput benggala (Panicum maximum). Rumput benggala merupakan rumput yang berasal dari Afrika tropika dan sub tropika. Masuk ke Indonesia tahun 1865 dan dibudidayakan karena nilai gizi yang tinggi sebagai makanan ternak.

Rumput Benggala (Panicum Maximum)

Ciri-ciri rumput benggala : bentuk rumpun dan tingginya bisa mencapai 1,25 m, tergantung varietasnya. Batang tegak, sedikit berbulu, daun lebar, bunga membentuk  mayang berbiji sehingga mudah rontok, agak tahan pada kondisi tanah kering dan naungan tetapi tidak tahan genangan air. Rumput benggala mengandung protein kasar 5,5% - 7,5% tergantung varietas.


Budidaya Rumput Benggala (Panicum maximum)
Rumput benggala bisa dibudidayakan dengan biji dan pols, bisa juga dengan stek batang. Jarak tanam 60 x 660 cm atau disesuaikan dengan kondisi tanah. Umur pemanenan 90 hari setelah tanam dengan interval pemotongan pada musim hujan (30 - 40 hari) dan musim kemarau (50 – 60 hari), tinggi pemotongan sebaiknya 5 - 10 cm dari permukaan tanah. Produksi berat segar 100 sampai 150 ton/ha/tahun (hasil setiap panen dengan interval pemotongan setiap 45 hari berkisar 8 - 12 ton bobot segar), yang berarti dapat mencukupi kebutuhan pakan ternak sapi kurang lebih 10 - 13 ekor pada kondisi berat badan 300 kg dengan kebutuhan hijaun sapi per ekor 10% BB. (Sumber : 68 Gelar Inovasi Teknologi di Muko2 Tahun 2013)

Untuk persiapan lahan dan lain-lainnya anda bisa baca di artikel Budidaya Rumput Gajah silahkan Klik DiSINI karena pada dasarnya prinsip penanaman atau pemeliharaannya hampir mirip dengan rumput gajah sehingga teknik pemeliharaan atau budidayanya bisa disamakan, jika perlu bisa sedikit dimodifikasi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:01
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.