loading...

Pejabat Mudik Dengan Mobil Dinas? Boleh Atau Tidak?

Posted by

Mobil Dinas Pejabat Untuk Mudik?


Lagi-lagi menteri era Jokowi bikin "gebrakan". Jika pada pemerintahan sebelumnya ada pelarangan penggunaan mobil dinas untuk modik (meskipun ada juga yang melanggar), maka tahun ini rencananya Men-Pan RB, Yuddy Chrisnandi, akan menerbitkan surat edaran yang akan mengijinkan pejabat negara untuk mudik dengan mobil dinas.
Rencana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengeluarkan surat edaran yang berisi izin penggunaan mobil dinas untuk mudik mendapat reaksi keras dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK berpedoman pada prinsip bahwa barang negara tak diperbolehkan untuk kepentingan pribadi.
Pelaksana tugas (Plt) Wakil Ketua KPK Johan Budi SP bahkan mengkritik Yuddy lantaran kebijakannya yang mengizinkan penggunaan mobil dinas untuk mudik. Menurut Johan, semestinya Yuddy bisa menjadi panutan dalam membuat kebijakan “Pejabat negara harus menjadi contoh,” kata Johan, Minggu (28/6).

Johan mengakui, KPK memang tidak bisa melarang Yuddy dengan kebijakannya tentang mobil dinas untuk mudik. Sebab, pelarangan penggunaan mobil dinas untuk mudik merupakan urusan pemerintah.
Namun demikian mantan juru bicara KPK itu tetap mengimbau agar mobil dinas yang notabene milik negara tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Dan mudik, kata Johan, tergolong urusan pribadi.“KPK sifatnya hanya mengimbau. Terserah kementerian,” ucap mantan juru bicara KPK itu.

Nah, jika KPK saja sudah mengingatkan bahwa barang-barang milik negara (Dinas) tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi, apakah aturan mobil dinas boleh untuk mudik ini  akan jadi dijalankan?

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:49
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.