loading...

Panjat Pinang, Hiburan Meneer Belanda Yang Berubah Menjadi Permainan Tradisional

Posted by

Panjat Pinang, Sebaiknya dilestarikan atau dihapuskan?


Lomba yang satu ini paling sering dilakukan saat memperingati hari kemerdekaan RI, yaitu pada saat perayaan tujuh belasan. Biasanya lomba panjat pinang ini merupakan rangkaian lomba-lomba yang sederhana dan murah meriah seperti:

  • Lomba Makan Kerupuk
  • Balap karung
  • Lomba Balap Teklek
  • Saling gebuk bantal
  • Jalan santai sekeluarga
  • voli ibu-ibu
  • Lomba memasukkan paku ke dalam botol
  • Lomba naik sepeda paling lambat
  • dan puncaknya panjat pinang (kadang pohon pinang diganti dengan bambu)
Sebenarnya sejarah kapan dimulainya lomba panjat pinang masih sukar ditelusuri cerita yang sebenarnya tetapi yang paling dikenal adalah lomba ini peninggalan jaman Belanda.

Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda dulu. lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain.yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi. Hadiah yang diperebutkan biasanya bahan makanan seperti keju, gula, serta pakaian seperti kemeja, maklum karena dikalangan pribumi barang-barang seperti ini termasuk mewah. sementara orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, para orang-orang Belanda menonton sambil tertawa. tata cara permainan ini belum berubah sejak dulu.

Seluk Beluk Permainan
Sebuah pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon. Oleh karena batang pohon tersebut licin (karena telah diberi pelumas), para pemanjat batang pohon sering kali jatuh. Akal dan kerja sama para peserta untuk memanjat batang pohon inilah yang biasanya berhasil mengatasi licinnya batang pohon, dan menjadi atraksi menarik bagi para penonton.

Memang terjadi pro dan kontra mengenai perlombaan yang satu ini. satu pihak berpendapat bahwa sebaiknya perlombaan ini dihentikan karena dianggap mencederai nilai-nilai kemanusiaan. Sementara pihak lain berpikir ada nilai luhur dalam perlombaan ini seperti: kerja keras, pantang menyerah, kerja kelompok/ gotong royong.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:10
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.