loading...

Orangutan (Pongo pygmaeus), Hewan Langka Endemik Kalimantan dan Sumatera

Posted by

Orangutan (Pongo pygmaeus)

Orangutan (Pongo pygmaeus)
Orangutan memiliki ciri-ciri mirip manusia, termasuk berukuran besar. Tinggi tubuh 137 cm dan berat badannya 80-90 kg untuk yang jantan, sedang yang betina berukuran lebih kecil.
  • Orangutan Borneo adalah bagian dari keluarga besar kera dan merupakan mamalia arboreal terbesar.
  • Satwa ini memiliki rambut panjang dan kusut berwarna merah gelap kecoklatan, dengan warna pada bagian wajah mulai dari merah muda, merah, hingga hitam.
  • Berat orangutan Borneo jantan dewasa bisa mencapai 50 hingga 90 kg dan tinggi badan 1,25 hingga 1,5 m. Sementara jantan betina memiliki berat 30 - 50 kg dan tinggi 1 m.
  • Bagian tubuh seperti lengan yang panjang tidak hanya berfungsi untuk meraih makanan seperti buah-buahan, tetapi juga untuk berayun dari satu pohon ke pohon lainnya, menggunakan jangkauan dan kaki untuk pegangan yang kuat.
  • Pelipis seperti bantal yang dimiliki oleh orangutan Borneo jantan dewasa membuat wajah satwa ini terlihat lebih besar. Akan tetapi, tidak semua orangutan Borneo jantan dewasa memiliki pelipis seperti bantal.
  • Jakun yang dimiliki dapat digelembungkan untuk menghasilkan suara keras, yang digunakan untuk memanggil dan memberitahu keberadaan mereka.
Perilaku :
Orangutan hidup dalam kelompok keluarga kecil, jantan dewasa biasanya berkelana sendiri dan hanya berhubungan dengan seekor betina atau betina muda saat mau kawin. Kelompok biasanya terdiri dari dua induk bersama anak-anaknya. Satwa ini hidup di atas pohon, jarang turun di atas tanah. Orangutan termasuk satwa yang mudah untuk dijinakkan.
Reproduksi :
Musim kawin satwa ini ditandai dengan perkelahian antar pejantan. Siklus menstruasi 2-9 hari. Masa bunting berlangsung selama 260-275 hari. Anak yang dilahirkan beratnya sampai 1,6 kg akan disusui hingga berumur 3 tahun.


Habitat :
Orangutan hidup di dataran rendah dan rawa-rawa hutan tropika; diwilayah Kalimantan dan Sumatera.
Pada tahun 2004, ilmuan memperkirakan bahwa total populasi orangutan di Pulau Borneo, baik di wilayah Indonesia maupun Malaysia terdapat sekitar 54 ribu individu. Diantara ketiga sub-spesies orangutan Borneo tersebut, P.p. pygmaeus merupakan sub-spesies yang paling sedikit dan terancam kepunahan, dengan estimasi jumlah populasi sebesar 3,000 hingga 4,500 individu di Kalimantan Barat dan sedikit di Sarawak, atau kurang dari 8% dari jumlah total populasi orangutan Borneo. 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:36
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.