loading...

Mengapa Kita Dilarang Mencabut Uban? Ini Hikmah Ilmiahnya !

Posted by

Hikmah Adanya Larangan Mencabut Uban ditinjau secara ilmiah.
 

Uban kadang bisa menjadikan seseorang terlihat lebih matang dan berwibawa, terkadang juga bisa membuat seseorang kelihatan menjadi sangat tua, jauh lebih tua dari umur yang sebenarnya. Uban sering menjadi masalah bagi sebagian orang. Pasalnya, rambut putih yang terselip di kepala dianggap mampu merusak penampilan. Tapi, tak banyak yang tahu tentang fakta mengenai uban. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang uban:


Fakta Tentang Uban I
Bukan rahasia lagi jika penyebab utama beruban adalah penuaan. . Disadari atau tidak uban akan muncul seiring bertambahnya umur, meskipun tiap-tiap orang memiliki perbedaan pada umur berapa mereka mulai beruban. Tapi, apa yang Anda mungkin tidak tahu adalah dermatologists memiliki 50-50-50 aturan, di mana 50 persen dari populasi mungkin memiliki 50 persen uban pada usia 50.
Fakta Tentang Uban II
Perbedaan etnis  juga bisa menyebabkan rambut beruban. Secara umum etnis Causasia lebih dulu beruban baru diikuti oleh orang-orang Asia dan kemudian Afrika-Amerika.
Fakta Tentang Uban III
Pola makan, Pergaulan dan Gaya hidup berpengaruh terhadap tumbuhnya Uban. Kebiasaan merokok, stres yang berkepanjangan , penyakit dan pola makan yang buruk semua bisa mengubah warna rambut dari hitam menjadi warna abu-abu, putih atau silver dengan lebih cepat. Jadi, penting untuk menjalani gaya hidup sehat jika Anda ingin menjaga penampilan.
Larangan Mencabut Uban
Kalau kita yang beragama Islam tentunya mengetahui jika Rasulullah SAW melarang kita mencabuti uban yang tumbuh dikepala kita. Secara agama, larangan mencabut uban ini juga sudah dijelaskan apa sebabnya (silahkan googling saja di internet).

Pertanyaannya adalah, adakah korelasi antara larangan mencabut uban dengan akibat buruk yang akan timbul jika kita melakukannya (mencabut uban) ditinjau secara ilmiah?. Berikut ini penjelasan ilmiahnya:

Seperti diketahui, semua rambut dikepala kita masing-masing punya tempat tumbuh yang bernama folikel. Setiap folikel hanya bisa menghasilkan satu rambut. Ada mitos yang menyebutkan bahwa mencabut satu uban akan membuat banyak uban lain tumbuh, ini hanya mitos alias tidak benar. Mencabut satu uban tidak menyebabkan folikel sekitarnya untuk menghasilkan uban. Yang benar adalah jika kita  mencabut uban maka perbuatan ini  bisa merusak folikel dan mencegah rambut tumbuh lagi. Jika uban anda banyak dan anda nekad mencabutinya satu demi satu maka yang terjadi adalah kepala anda akan mengalami kebotakan karena bekas uban yang dicabut tidak akan tumbuh rambut lagi. Inilah mungkin salah satu hikmah secara ilmiah yang langsung bisa kita rasakan atas larangan mencabut uban, yaitu menghindarkan kita dari kebotakan (selain hikmah dalam hal agama). Kalau salah satu hikmah dari sisi agama adalah bahwa uban merupakan salah satu peringatan "halus" yang datangnya diam-diam  tentang sisa umur kita hidup didunia yang sudah semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

Jadi, masihkah anda akan tetap mencabuti uban anda?

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:39
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.