loading...

Manfaat Cabe, Untuk Sahur dan Buka Puasa Serta Cara Memilih Saus Cabe

Posted by

Manfaat Cabe Sebagai Pembangkit Selera Makan

CABE
Sambal adalah makanan khas penggugah selera, hampir semua orang menyukai sambal. Segelintir orang yang tidak menyukainya biasanya bukan karena mereka tidak suka pedas tetapi umumnya karena pencernaan atau perut mereka yang tidak tahan dengan "panas" nya cabe. Tetapi secara umum cabe atau sambal memang sangat digemari dan terbukti bisa meningkatkan nafsu makan.
 
Tiada hari tanpa sambal atau cabe, motto para penggemar masakan pedas ini sudah sangat populer di masyarakat kita. Mungkin fluktuasi harga cabe yang kadang tidak masuk akal juga akibat moto ini, seolah cabe sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kuliner sehari-hari. Cabe memang sudah menjadi bahan makanan yang tidak terpisahkan buat sebagian masyarakat kita. Cabe sendiri mengandung serat, vitamin khususnya vitamin C, vitamin A,mineral dan antioksidan. Selain itu cabe juga mengandung capsaisin. Capsaisin ini yang menyebabkan rasa pedas pada cabe tersebut. Manfaat capsaisin sendiri dapat meningkatkan nafsu makan, merangsang buang air besar, serta karena bersifat analgetik juga membantu mengurangi sakit kepala. Cabe juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori lebih baik.

Bolehkah cabe dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa?

Secara umum kalau memang kita tidak  punya masalah dengan pencernaan,cabe ini bisa dikonsumsi tetapi tetap tidak boleh berlebihan. Karena manfaat cabe justru akan membantu buang air besar yang kadang-kadang sulit saat kita berpuasa karena aktivitas gerak dan konsumsi minum yang relatif kurang, cabe dapat membantu melancarkan buang air besar. Selain itu komponen cabe yang banyak mengandung vitamin dan mineral juga sangat di butuhkan saat kita berpuasa.

Manfaat untuk kesehatan, rasa pegal dan sakit kepala juga bisa dikurangi jika kita mengonsumsi  cabe. Tetapi tentu konsumsi cabe tidak boleh berlebihan dan tidak bisa dikonsumsi kalau pencernaan kita sedang bermasalah atau tidak baik bagi mereka yang memiliki masalah lambung.

Konsumsi cabe yang  berlebihan tentu akan merangsang kambuhnya sakit maag. Pada sebagian orang, akan merangsang diare.  Pada pasien yang memang mempunyai penyakit ambeien, dia mengingatkan, konsumsi cabe akan menimbulkan sensasi panas pada dubur bahkan bisa merangsang terjadinya perdarahan.Cabe merupakan suplemen favorit bagi sebagian masyarakat kita dan juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan sehingga busa dikonsumsi saat sahur dan berbuka tetapi juga harus hati-hati dikonsumsi pada pasien dengan gangguan pencernaan, kunci mengkonsumsi cabe saat Sahur dan Berbuka puasa adalah jangan berlebihan.

Jika anda penggemar cabe tetapi lebih sering mengkonsumsi saus cabe botolan atau buatan pabrik, berikut ini tips cara memilih dan membedakan saus cabe yang bagus dan yang jelek (dari cabe busuk).

Cara untuk membedakan saus yang asli dari cabai segar dan saus dengan cabai busuk:
  • Melihat label saus apakah telah mendapatkan ijin dari departemen kesehatan.
  • Telitilah warna dari saus tersebut, saus dengan cabai segar mempunyai warna merah kekuning-kuningan seperti warna tomat sedangkan saus palsu berwarna merah mencolok.
  • Kekentalan dari kedua saus ini berbeda. Saus yang asli mempunyai tekstur yang lebih kental sedangkan saus palsu mempunyai tekstur yang encer dan terdapat gumpalan kecil karena efek penggunaan formalin pada saus tersebut.
  • Aroma saus yang asli memiliki aroma cabai  sedangkan saus palsu beraroma bawang putih yang cenderung menyengat karena digunakan untuk menutupi mau busuk dari cabai dan tomat busuk yang digunakan.
  • Harga yang cenderung lebih murah. Harga saus palsu biasanya lebih murah dibandingkan harga saus asli.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:14
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.