Macam-macam Hijauan Pakan Ternak Alternatif Berprotein Tinggi

Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif  - LAMTORO (Leucaena Leuchocephala)
Dapat diperbanyak dengan Stek batang, penanaman dengan Biji dan juga pemindahan anakan pohon Lamtoro. Protein pada biji Lamtoro 208,56 mg/g biji. Kandungan Protein Kasar (PK) Lamtoro adalah 24% - 27,5% bahan kering, tergantung dari umur tanaman Lamtoro.

LAMTORO (Leucaena Leuchocephala)
Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi.
Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif - GAMAL (Gliricidia Sepium)
Bisa diperbanyak dengan Stek dan Biji, 1 kg biji gamal berisi sekitar 3000 biji cukup untuk menanami 1 hektar lahan. Kandungan Protein Kasar (PK) pada Gamal adalah 20% - 26% .

GAMAL (Gliricidia Sepium)
Gamal (Gliricidia sepium) adalah nama sejenis perdu dari kerabat polong-polongan (suku Fabaceae alias Leguminosae). Sering digunakan sebagai pagar hidup atau peneduh, perdu atau pohon kecil ini merupakan salah satu jenis leguminosa multiguna yang terpenting setelah lamtoro (Leucaena leucocephala).
Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif - TURI (Sesbania grandifora)
Dapat diperbanyak dengan biji dan sangat mudah tumbuh.
Kandungan Protein Kasar (PK) antara 25% - 33% .

TURI (Sesbania grandifora)
Turi (Sesbania grandiflora) merupakan pohon kecil anggota suku Fabaceae. Tumbuhan dengan banyak kegunaan ini asalnya diduga dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, namun sekarang telah tersebar ke berbagai daerah tropis dunia.
Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif - Desmodium rensonii
Diperbanyak dengan biji
Kandungan Protein Kasar (PK) adalah antara 14% - 18,5%.

Desmodium rensonii
Desmodium adalah saah satu genus dari suku Fabaceae. Genus Desmodium memiliki lebih dari 250 anggota species tumbuhan herba dan berukuran kecil. Genus Desmodium adalah anggota besar Papilionaceae atau Fabaceae. Spesies tanaman dari genus ini banyak yang digunakan untuk bahan makanan dan obat-obatan herbal.
Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif - KELOR (Moringa oleifera)
Bisa diperbanyak dengan Biji, namun yang paling populer adalah diperbanyak dengan Stek Batang dan mudah sekali tumbuh.
Kandungan protein kasar (PK) pada kelor antara 19% - 26%.

KELOR (Moringa oleifera)
Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan.
Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif - Daun Nangka (Artocarpus heterophyllus)
Pohon Nangka dapat diperbanyak dengan Biji, mudah tumbuh dimana-mana.
Kandungan Protein Kasar (PK) daun nangka sekitar 20%

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus.

Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif - Indigofera Sp
Bisa diperbanyak dengan Stek batang dan Biji, tahan terhadap kekeringan, bisa hidup didaerah yang relatif kekurangan air. Bisa jadi andalan pakan hijauan saat musim kemarau.
Kandungan Protein Kasar (PK) antara 24% - 25%

Indigofera Sp
Indigofera adalah tanaman yang jumlahnya ada sekitar 700 jenis dan sebagian besar tumbuh di kawasan subtropika atau tropika di Afrika, Asia dan sebagian Amerika. Di Asia Tenggara termasuk Indonesia, ada sekitar 40 jenis tanaman indogofera yang dapat tumbuh terutama di daerah Jawa, Sumatera, Flores dan Sumba.
Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif - Jerami Kacang Hijau (Vigna radiata)
Bisa diperbanyak dengan biji kacang hijau, tentunya kita akan menggunakan jeraminya sebagai pakan ternak setelah kacang hijauanya kita panen.
Kandungan Protein Kasar (PK) antara 23%-24% dari Bahan Kering (BK).


Jerami Kacang Hijau (Vigna radiata)
Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif - Daun Ubi Kayu (Manihot utilisima)
Dapat dengan mudah diperbanyak menggunakan stek batang, mudah tumbuh dimana-mana bahkan di tanah yang miskin unsur hara.
Kandungan Protein Kasar (PK) sekitar 20.5% dari Bahan Kering

Daun Ubi Kayu (Manihot utilisima)
Tanaman Hijauan Makanan Ternak Alternatif - Kaliandra (Calliandra haematocephalus)
Dapat dengan mudah diperbanyak menggunakan biji, mudah tumbuh dimana-mana.
Kandungan Protein Kasar (PK) sekitar 20,5% - 24,5% dari Bahan Kering.

Kaliandra (Calliandra haematocephalus)


CATATAN PENTING
  • Produksi daun gamal dengan selang waktu pemotongan 3 bulan mencapai 43.000 ton atau sekitar 8–11 ton bahan kering per hektar per tahun. Kandungan zat makanan dari bahan kering adalah protein kasar 20,68%, serat kasar 14,64%, lemak 4,75% dan abu 8,89%.
  • Produksi daun lamtoro segar sekitar 60–70 ton atau 20 ton bahan kering per hektar per tahun. Komposisi kandungan zat makanan dari bahan kering adalah protein kasar 27,80%, lemak 3,20%, BETN 55,10%, serat kasar 10,40% dan mineral 3,40%.
  • Produksi kaliandra dengan selang waktu pemotongan 2–3 bulan berkisar 10-15 ton per hektar. Komposisi dari bahan kering adalah protein kasar 24%, eter ekstrat 4–5%, abu 5–7 %, NDF 24–34%, ADF 28%, selulosa 15% dan lignin 10–11,9%.
  • Produksi daun turi relatif lebih rendah dibandingkan produksi hijauan lainnya yaitu berkisar 2–3 ton per hektar per tahun. Komposisi kimia daun turi dari bahan kering adalah protein kasar 25,80%, NDF 31,50%, abu 8,4%, lemak 6,9%, kalsium 2,2% dan fosfor 0,3%.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 06:38
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.