loading...

Jenis dan Macam Bahan Pakan Ternak Sisa Olahan/Limbah Pabrik

Posted by

Ampas Tahu
Memiliki kandungan protein kasar (PK)  yang tinggi mencapai 25% - 26%  bahan kering, sangat bagus diberikan sebagai bahan pakan sapi potong. TDN atau tingkat kecernaannya juga cukup tinggi mencapi 76%. Ampas tahu merupakan salah satu bahan pakan yang menjadi favorit peternak sapi lokal di pedesaan yang dekat dengan pabrik tahu.

Ampas Tahu


Ampas Kecap
Kadar Protein Kasar pada ampas kecap sangat tinggi yaitu mencapi 36% dari bahan kering. Sangat bagus digunakan sebagai bahan pakan sumber protein. Tingkat kecernaan ampas kecap juga tinggi  antara 89% - 90% TDN nya.

Ampas Kecap


Ampas Bir (Barley)
Kadar Protein Kasar (PK) sekitar 26% dari Bahan Kering (BK). Lemak kasar mencapai 10%. TDN cukup tinggi sekitar 78%.

Ampas Bir (Barley)


Bungkil Kopra
Kadar Protein Kasar (PK) pada bungkil kopra sekitar 26%  - 27% dari Bahan Kering (BK). Lemak kasar mencapai 11%. TDN bungkil kopra juga cukup tinggi sekitar 75%.

Bungkil Kopra


Bungkil Kedelai, Soya Bean Meal (SBM)
Merupakan limbah pabrik dengan kadar protein kasar (PK) yang sangat tinggi yaitu mencapai 52%. Sangat bagus sebagai bahan pakan ternak untuk sumber proteinnya tetapi harganya mahal sehingga perlu diperhitungkan secara cermat prosentase penggunaannya dalam ransum pakan agar nilai akhir pakan tidak terlalu mahal sehingga masih ekonomis. Kelemahan lain bungkil kedelai adalah TDN nya rendah hanya mencapai 40%.

Jika Ingin tahu contoh Ransum untuk Sapi Potong silahkan Baca :  Contoh Ransum Sederhana Untuk Sapi Potong (KLIK DISINI)



Bungkil Kedelai - Soya Bean Meal (SBM)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:31
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.