loading...

Hadits-hadits tentang dilarangnya Bid'ah

Posted by

Hadits Rasulullah SAW:

Dari 'Aisyah ra. Ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: " Siapa saja yang mengada-ada  tentang sesuatu dalam urusan (agama) kami, yang tidak kami perintahkan, maka hal itu ditolak"
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda: " Siapa saja yang mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak cocok dengan syariat kami, maka ditolak".

Dari Jabir ra, ia berkata:" Apabila Rasulullah SAW berkhutbah, kedua matanya memerah , suaranya dan kelihatan sangat marah seakan-akan beliau seorang panglima yang kejam, seraya bersabda: "(Hati-hatilah) Dari pagi sampai sore musuh mengancam kalian!", selanjutnya Beliau bersabda:" Aku diutus, sedangkan hari kiamat itu bagaikan dua jari ini, sambil mensejajarkan jari telunjuk dengan jari tengah. Beliau bersabda:" Ketahuilah bahwa sebaik-baik ucapan adalah kitab Allah(Al Qur'an), sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw dan sejelek-jelek perkara agama sepeninggalku adalah melakukan sesuatu yang baru dalam agama, yang demikian itu disebut bid'ah dan setiap bid'ah itu pasti sesat." Selanjutnya beliau bersabda:" Aku lebih utama (dalam segala hal) dibanding orang mukmin yang lain. Siapa saja meninggalkan harta, adalah menjadi hak ahli warisnya. Dan siapa saja yang meninggalkan hutang atau keluarga yang tersia-sia, maka sayalah walinya dan atas tanggungan". (HR. Muslim).

Firman Allah Ta'ala:

"Dan (perintah Kami) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya." (QS. Al-An'am: 153)

" Maka tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan" (QS. Yunus: 32)

" Jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya)." (QS. An-Nisa': 59).

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 08:13

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.