loading...

Fakta Unik Bulan Ramadhan, Harga Karkas Sapi Murah Tetapi Harga Daging Sapi Mahal

Posted by

Jika kita mengamati perkembangan atau fluktuasi harga daging sapi pada saat menjelang dan ketika Ramadhan tentu akan terlihat trend kenaikan harga yang cukup signifikan. Di Jabotabek, sebagai contoh harga sebelum memasuki bulan puasa untuk daging sapi sekitar 98.000 - 105.000 Rp/kg. Pada saat harga tersebut, harga karkas sapi di RPH masih sekitar 73.000 - 76.000 Rp/kg. Jika anda praktisi peternakan atau RPH tentu melihat ini masih "wajar"

Daging Sapi Mahal

Tetapi trend yang tidak biasa muncul saat jelang hari H dan memasuki minggu pertama Ramadhan dimana harga daging mencapai Rp 120.000/kg di Jabotabek. Saat harga daging sudah setinggi itu, harga karkas ternyata hanya naik sekitar 2.000 rp/kg.

Normalnya, selisih antara harga karkas dengan harga daging adalan Rp 20.000,- lebih  mahal daging. Tetapi ternyata saat ini selisih harga antara daging dengan karkas lebih dari Rp 40.000,-.

Kalau kita jeli, inilah sebenarnya aksi ambil untung yang dilakukan oleh pedagang daging saat Ramadhan dan nanti akan semakin "gila" lagi aksi ambil untungnya saat menjelang Idul Fitri. Hal ini bisa terjadi sebenarnya karena "ulah" konsumen sendiri yang begitu konsumtif menjelang Ramadhan dan Idul Fitri sehingga gayung disambut pedagang yang begitu paham hukum ekonomi.

Fenomena yang selalu terjadi saat Ramadhan dan Idul Fitri ini sebenarnya masih bisa "diatasi". Biasanya jika harga sudah tinggi pemerintah mulai sibuk dengan operasi pasar, tetapi sebenarnya ini kurang efektif. Lantas apa yang paling efektif?

Jawabnya adalah perubahan tingkah laku "belanja" konsumen saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, tidak perlu belanja daging berlebihan apalagi sampai menyetok daging. Alasan mereka belanja daging berlebihan adalah "tidak masalah kan cuma setahun sekali saja". Siapkah anda hilangkan alasan tersebut? Jika ini bisa dilaksanakan maka berangsur-angsur harga akan bisa "tetap" normal meskipun jelang hari raya. Bisakah? Pertanyaan berikutnya adalah, siapkah anda mencobanya? Silahkan "mikir"....@pusing harga-harga naik terus. (Sebenarnya tidak perlu ikut pusing, jika harga daging naik tinggi ya tidak usah beli, ganti beli yang lain saja he..he..he).

Nah, intinya jika kita tidak mau "berubah" dengan tetap konsumtif menjelang hari raya maka jangan pernah komplain jika harga-harga  akan tetap selalu naik menjelang hari raya. Dan akhirnya....Selamat Menunaikan Ibadah Puasa...Semoga diterima ibadah puasanya. Aamiin.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:55
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.