loading...

Expo Ternak Jatim di Lamongan, Lomba Sapi Ekstrim Jumbo atau lomba Conthang Sapi?

Posted by

Ini sedikit oleh-oleh dari ekspo ternak di Lamongan yang saat tulisan ini dibuat masih berlangsung. Pesta peternakan ini berlangsung sejak Senin tanggal 8  Juni 2015 dan akan ditutup tanggal 10 Juni 2015 hari Rabu.

Cuma ada satu catatan penting yang menjadi perhatian yaitu saat lomba sapi ekstrim jumbo atau besar dan beratnya lebih dari 1 ton. Penulis sempat jalan-jalan keliling lokasi lomba dimana sapi-sapi besar tersebut sedang "digarap" oleh pemiliknya. Istilah digarap bisa anda baca "diconthang". Yaitu sapi di "force feeding" atau dipaksa makan oleh pemiliknya dengan dituangkan pakan comboran yang biasanya terdiri dari dedak dan air kedalam mulut sapi dengan alat conthang atau bambu.

Iseng-iseng cari info, ternyata cara ini sudah lazim dilakukan peserta lomba sapi ekstrim agar sapinya bertambah berat. Wah.....kok? Terus  bagaimana sebenarnya peraturan lombanya, kenapa tidak ada pengawas yang melarang conthang sapi? Kasihan peserta yang tidak menconthang sapinya. Dan lebih kasihan lagi sapi yang dipaksa makan sampai perutnya melebar kesamping dan susah jalan.

Yang aneh adalah saat lomba sapi yang diconthang tidak didiskualifikasi tetapi dengar-dengar cuma dipotong beratnya 5 %? Kalau seperti ini kayaknya kesejahteraan hewan juga tidak diperhatikan sama sekali.
Saat final timbang ulang, sapi conthangan susut beratnya gila-gilaan mencapai puluhan kilo.

Saran:
Seyogyanya saat ada lomba-lomba sapi ekstrim beratnya, sapi peserta dimasukkan semua dalam kandang khusus sehari sebelum penimbangan dan dijaga panitia dengan pemberian pakan secara normal. Jika langkah ini bisa dilakukan maka akan bisa didapatkan juara yang SEBENARNYA yaitu sapi ekstrim jumbo bukan sapi jumbo hasil conthangan.

Jika fenomena conthang sapi tetap dilakukan sebaiknya nama lombanya diganti saja menjadi LOMBA SAPI JUMBO CONTHANGAN DAN LOMBA MENCONTHANG SAPI!!!!. He..he..he
Ini hanyalah curahan hati penonton lomba yang kecewa. Mudah-mudahan ada perubahan pada perlombaan sapi jumbo dan super berat di pameran yang lain.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 16:22
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.