loading...

Elang Jawa (Spizaetus bartelsi), Burung Langka Endemik Pulau Jawa

Posted by


Elang Jawa (Spizaetus bartelsi)




Berukuran besar (60 cm), dengan jambul menonjol. Dewasa : jambul, mahkota dan garis kumis hitam; bagian sisi kepala dan tengkuk coklat berangan. Punggung dan sayapnya coklat gelap, ekor coklat bergaris-garis hitam, tenggorokan putih dengan setrip hitam ditengahnya. Terdapat burung dengan peralihan
antara muda dan dan dewasa. Iris biru abu-abu (muda) dan kuning emas (dewasa), paruh kehitaman, kaki kuning, tungkai berbulu dan bergaris melintang.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Ordo: Falconiformes; Famili: Accipitridae; Genus: Nisaetus; Spesies: Nisaetus bartelsi. Nama latin: Nisaetus bartelsi. Sinonim: Spizaetus bartelsi.

Penyebaran :

Elang Jawa adalah burung pemburu berukuran sekitar 60 cm. Hidup di hutan primer yang ada di Pulau Jawa. Dalam rantai makanan, burung ini merupakan top predator. Biasanya memangsa burung-burung besar, dan mamalia seperti ayam hutan, tupai, musang, jelarang dan kelelawar buah.

Saat ini dia memperkirakan total populasi Elang Jawa tidak lebih dari 400 ekor saja.


Menurut catatan, selain di Tahura R Soerjo, ada beberapa tempat lain di Jawa Timur yang juga menjadi habitat Elang Jawa. Lokasi itu antara lain, di Pulau Sempu, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Merubetiri, Taman Nasional Alas Purwa, Lebakharjo, dan Pegungan Hyang dan Kawah Ijen. Elang jawa bisa hidup di hutan primer mulai dari ketinggian 0 meter hingga 3000 meter dari permukaan laut.

Selain faktor rusaknya habitat,dan penggunaan pestisida kimia secara berlebih. Penurunan populasi ini, juga bisa terjadi secara alami. Mengingat, pertumbuhan Elang Jawa sangat lambat. Burung ini dianggap sudah dewasa, apabila berumur 3-4 tahun. Mereka juga hanya berkembang biak satu kali dalam satu atau dua tahun. Elang Jawa hanya bisa bertelur satu butir saja.

Endemik Jawa. Penghuni yang tidak umum pada pegunungan Jawa sampai ketinggian 3000 m, tetapi di Jawa Timur (Meru Betiri) di jumpai di dekat laut.




Kebiasaan :

Menghuni hutan dan daerah berhutan terbuka, diperbukitan dan pegunungan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:23
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.