loading...

Edelweis, Simbol Bunga Abadi Yang Tahan Bertahun-tahun Setelah di Petik

Posted by

Bunga Edelweis. Anaphalis javanica. Meskipun telah dipetik dari tangkai, bunga Edelweis tidak langsung layu. Bunga ini merupakan jenis tumbuhan endemik zona alpinadi daerah pegunungan-pegunungan tinggi di wilayah Nusantara.

Edelweis

Bunga Edelweis ini juga disebut sebagai tumbuhan pelopor untuk tanah vulkanik yang masih muda di hutan pegunungan. Pertumbuhannya di daerah tandus disebabkan karena bunga ini mampu meningkatkan simbiosis antara pertumbuhan jamur mikoriza dengan jamur tanah tertentu untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama hidupnya.

Musim mekar dari bunga Edelweis ini antara bulan April hingga Agustus. Bunga ini juga sangat disukai oleh beragam serangga, diperkiran 300 lebih jenis serangga mengunjungi bunga tersebut, hebatnya bunga ini dapat bertahan hidup hingga 100 tahun usianya.

Tanaman Edelweis bisa tumbuh hingga ketinggian 8 meter dan tebal batang sebesar ukuran kaki manusia. Lebih sering dijumpai sekitar daerah pengunungan Lombok, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Jawa.

Kalau dilihat dari bentuknya bunga ini sangat cantik, dan di balik kecantikannya itu tersimpan makna ataupun mitos yang cukup banyak mempercayainya. Butuh perjuangan untuk mendapatkannya, karena bunga yang satu ini biasanya tumbuh di puncak-puncak atau lereng-lereng gunung.


Oleh karena itu anda bisa membayangkan betapa susahnya untuk bisa memetik si bunga abadi ini. Orang bilang, “Untuk mendapatkan bunga edelweis yang indah, maka semakin besar resiko yang dihadapi”, karena nyawa adalah tantangannya. 

Mengingat bahwa bunga edelweis telah menjadi bunga yang langka dan dilindungi, razia juga salah satu resiko yang harus ditanggung.Penyelamatan bunga edelweis memang harus digalakkan dengan menumbuhkan kesadaran para pendaki gunung agar tidak semena-mena memetik bunga ini.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:31
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.