loading...

Daun Murbei Sebagai Hijauan Pakan Ternak Alternatif

Posted by

Daun Murbei untuk Pakan Ternak

Daun dan Buah Murbei

Daun murbei selama ini lebih dikenal sebagai makanan ulat sutera, padahal daun murbei juga layak digunakan sebagai hijauan makanan ternak alternatif.

Daun murbei bisa digunakan untuk pakan ternak karena memiliki kandungan Protein Kasar (PK) mencapai 18,25 % sehingga bisa digolongkan menjadi hijauan sumber protein karena cukup tingginya kandungan protein kasar pada daun murbei ini.

Kandungan Nutrisi Daun Murbei
PrK.
(%)
S.K.
(%)
Lemak
(%)
Abu
(%)
BETN
(%)
18,25
15,78
4,83
14,24
46,90

Sebaiknya sebelum diberikan pada ternak, daun murbei ini dibiarkan layu terlebih dahulu. Pelayuan daun ini bertujuan agar tidak menimbulkan kembung atau bloat pada ternak yang mengkonsumsinya. Jika diberikan dalam kondisi segar maka dikhawatirkan akan timbul bloat/kembung.

Pemberian daun murbei sebaiknya dikombinasikan dengan pemberian hijauan jenis rumput-rumputan seperti rumput odot, setaria maupun rumput gajah. Bisa juga dicampurkan dengan rumput lapangan, hal ini dimaksudkan agar nutrisi yang terkandung dalam bahan campuran antara daun murbei dan rumput tersebut bisa saling melengkapi dan meningkatkan nilai gizinya.

Dengan semakin banyaknya alternatif pakan hijauan maka setidaknya bisa membantu peternak dalam menentukan dan mencari hijauan  pengganti saat musim kemarau. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:42
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.