loading...

Daun-daunan Hijauan Pakan Ternak Alternatif dan Jenis Legume Yang Jarang Digunakan

Posted by

Daun Ubi Jalar (Ipomoea batatas)
Daun ubi jalar lebih dikenal sebagai sayuran daripada sebagai bahan pakan ternak, padahal untuk pakan ternak ruminansia daun ini cukup bagus karena memiliki kandungan protein Kasar (PK) sekitar 14% masih cukup tinggi sebagai hijauan makanan ternak. Kandungan serak kasar (SK) sekitar 11% dan Total Digestible Nutrient (TDN) sekitar 67%.

Daun Ubi Jalar (Ipomoea batatas)

Daun Ubi Kayu / Singkong (Manihot utilissima)
Daun ini juga sangat populer sebagai sayuran, jika anda pergi ke rumah makan padang maka daun ubi kayu ini sudah seperti sayuran wajib. Sebenarnya daun ubi kayu ini bagus untuk pakan ternak terutama sebagai sumber protein karena kandungan protein kasarnya mencapai 20% dan TDN atau tingkat kecernaannya mencapai 65%.

Daun Ubi Kayu / Singkong (Manihot utilissima)

Daun Bambu (Bambuseae)
Daun bambu bisa digunakan sebagai bahan pakan ternak alternatif sebagai pengganti sumber serat kasar karena kandungan serat kasar pada daun bambu cukup tinggi sekitar 27%. Kelemahan daun bambu ini adalah tingkat kecernaan nutrisinya atau TDN nya rendah hanya sekitar 36%. Kandungan protein kasar juga rendah hanya sekitar 4%.

Daun Bambu (Bambuseae)

Daun Kelapa (Cocos nucifera)
Bisa digunakan sebagai bahan pakan ternak alternatif terutama saat musim kemarau karena kelapa termasuk tanaman yang tahan terhadap kekeringan. Kelemahan daun kelapa adalah kandungan nutrisinya rendah. Kandungan protein kasar (PK) hanya sekitar 7% dari bahan kering sedangkan TDN atau tingkat kecernaan nutrisinya sekitar 42%

Daun Kelapa (Cocos nucifera)


Daun Pisang (Musaceae)
Sebenarnya daun pisang adalah salah satu alternatif pakan hijauan yang potensial. Daun pisang mudah didapatkan dimana-mana karena tanaman pisang adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh. Memang kandungan nutrisi daun pisang termasuk rendah. Kandungan protein kasar (PK) pada daun pisang sekitar 6% dari bahan kering. Keunggulan daun pisang untuk pakan ternak ruminansia adalah sebagai sumber serat kasar karena kandungan SK yang tinggi pada daun pisang mencapai 34% serta tingkat kecernaannya yang lumayan tinggi. TDN daun pisang sekitar 73%. Jadi jika anda tinggal disentra penghasil pisang dan kesulitan pakan hijauan untuk ternak, maka daun pisang ini bisa menjadi alternatif pakan.

Daun Pisang (Musaceae)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:14
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.