loading...

Daging Beku Kadaluwarsa 40 Tahun Lebih Disita Saat Diselundupkan

Posted by

Setelah sebelumnya gempar dengan berita festival makan ribuan anjing di Tiongkok, sekarang ada lagi berita yang menghebohkan juga dari Tiongkok yaitu penyitaan 100 ribu ton lebih daging kadaluwarsa yang akan diselundupkan.


Ulah pedagang curang memang banyak macamnya, seperti ulah penyelundup daging di china yang berniat menyelundupkan 100 ribu ton lebih daging dalam kondisi sudah mulai membusuk. Berita tentang daging dari Tiongkok ini  memantik kontroversi internasional. Seperti yang dilansir oleh Jpnn, pada Rabu waktu setempat (24/6), petugas menyita sedikitnya 100 ribu ton daging selundupan dari berbagai penjuru negeri. Yang mencengangkan, umur sebagian daging beku tersebut lebih dari 40 tahun.  
"Daging-daging beku itu sudah berbau. Saya bahkan hampir muntah saat membuka pintu gudang penyimpanan," kata Yang Bo, petugas anti penyelundupan dari Provinsi Hunan, dalam wawancara dengan Agence France-Presse, Kamis (25/6). 
Di provinsi tersebut, petugas mengamankan 800 ton daging beku yang telah membusuk. Polisi juga menangkap sekitar 20 tersangka yang terlibat dalam penyelundupan.
Diduga, daging-daging itu berasal dari Brasil dan India. Sebelum masuk Tiongkok, daging-daging tersebut transit di Hongkong dan Vietnam.


"Untuk mengelabui petugas, daging-daging itu dibawa menggunakan kendaraan biasa. Bukan mobil boks berpendingin seperti seharusnya," ujar Yang. Karena itu, sebelum mencapai Tiongkok, daging-daging tersebut berkali-kali mengalami pembekuan ulang.  
"Dalam pengiriman, daging-daging yang semula beku itu menjadi lunak. Begitu tiba di tempat transit, daging-daging itu kembali dibekukan untuk selanjutnya dibawa ke tempat tujuan," terang Yang.

Dia menjelaskan, di tempat tujuan, daging-daging yang lunak tersebut kembali dibekukan sebelum akhirnya dijual. Jadi, saat sampai di tangan konsumen, daging-daging itu sudah berkali-kali dibekukan.

China Daily melaporkan, pemerintah menarget 21 kelompok kriminal yang menjadi otak penyelundupan. Kelompok-kelompok tersebut beroperasi di hampir seluruh wilayah Negeri Panda. Merekalah yang mengemas ulang daging-daging beku itu dalam ukuran lebih kecil. Kemarin pemerintah mengumumkan bahwa daging-daging beku tidak layak konsumsi tersebut bernilai sekitar 3 miliar yuan atau setara Rp 6,4 triliun. 
Selain di Hunan, razia serentak tersebut sukses menggagalkan penjualan daging beku tidak layak konsumsi di Provinsi Guangxi yang berbatasan dengan Vietnam. Di provinsi itulah, petugas menemukan daging-daging beku yang disimpan sejak 1970-an. Selain daging sapi beku, petugas menyita cakar ayam dan leher bebek yang telah beku.
Bisa dibayangkan, daging disimpan sejak tahun 1970-an sampai saat ini tahun 2015, hampir 45 tahun. Yang lebih parah adalah daging tersebut tidak selama itu dalam keadaan beku tetapi telah dibekukan berulangkali sebelum sampai ke pembeli, tentunya kandungan bakteri pembusuk daging juga sudah sangat melebihi ambang batas dan sangat tidak layak dikonsumsi.
(Sumber: Jpnn/BBC/shanghaiist/hep/c14/ami)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:02
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.