loading...

Conthang Atau Glonggong Sapi, Ini Bahaya Buat Sapi dan Resiko Yang Harus Dihadapi Pelaku

Posted by

Kasus Sapi glonggongan atau conthangan kembali marak, apalagi menjelang Ramadhan dimana permintaan daging sapi biasanya melonjak. Demi keuntungan sesaat para pelaku glonggong sapi secara sadar menyiksa sapi mereka dengan memasukkan air plus dedak secara paksa kedalam perut sapi. Biasanya cara yang digunakan adalah dengan mengangkat kepala sapi dan mengikat tongar atau tali sapi di atas tiang kandang atau pohon sehingga sapi selalu mendongak ke atas. Setelah itu air comboran yang biasanya terdiri dari air plus ampas atau dedak dimasukkan ke mulut sapi dengan paksa menggunakan alat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa yang biasa disebut conthang.

Hasil penelusuran dari Agrobisnisinfo.com, Ada yang lebih ekstrim lagi cara mengglonggong dengan memasukkan selang air yang dialiri air kedalam mulut sapi sampai perut sapi membulat seperti bola. Kedua cara tersebut sama-sama menyiksa sapi dan melanggar 2 larangan sekaligus yaitu larangan pemerintah dan yang lebih berbahaya adalah larangan Allah, karena Allah sangat melarang perbuatan aniaya baik terhadap manusia lain maupun hewan/binatang/ternak.

Memang ada resiko yang harus ditanggung oleh pengglonggong sapi baik bahaya yang mengancam sapinya maupun resiko pidana bagi pelaku glonggong, tetapi kenyataannya perlakuan ini tetap dijalankan oleh oknum-oknum pedagang, peternak dan jagal sampai saat artikel ini ditulis (mudah-mudahan aksi glonggong sapi ini segera mendapatkan balasan yang setimpal dan hilang dari negara kita).

Bahaya Glonggong terhadap Sapi
Sebagaimana manusia, kemampuan perut atau rumen sapi juga memiliki keterbatasan untuk menampung makanan. Apabila dipaksakan untuk dimasukkan makanan plus air dalam jumlah yang berlebihan (di glonggong) tentunya sapi akan merasa tidak nyaman atau merasa sakit. Tanda atau Ciri bahwa sapi merasakan sakit ketika diglonggong yang coba dihimpun Agrobisnisinfo.com :

Korban Glonggongan, Sapi Kembung/Bloat
  • Sapi berusaha berontak
  • Mata melotot, jika glonggongnya brutal mata sapi seperti mau keluar
  • Napas sapi memburu, makin lama makin cepat. Kemungkinan karena dengan perut yang semakin besar sehingga organ-organ lain tertekan seperti paru-paru dan jantung.
  • Sapi terus kencing (Sangat mungkin saluran kencing akan teriritasi, bisa anda bayangkan jika anda kencing saat saluran kencing anda terluka tentu sakit dan perih sekali bukan?)
  • Susah jalan, saat terduduk susah sekali berdiri
  • Jalan sempoyongan
  • Muntah-muntah
  • Sapi yang diglonggong bisa mengalami Bloat atau Kembung
  • Sapi Bisa MATI
Demikian berat siksaan yang harus ditanggung seekor sapi yang diglonggong oleh oknum yang tidak bertanggung jawab hanya demi memenuhi ambisi mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Ada juga yang demi gengsi agar sapinya menang kontes berat badan sapi karen dengan diglonggong sapi bisa naik beratnya sampai 100 kg lebih dalam waktu singkat.

Resiko Pelaku Glonggong Sapi
Semua perbuatan tercela pasti ada resiko yang wajib ditanggung, baik resiko secara fisik maupun secara psikis atau mental. Berikut beberapa resiko yang harus dihadapi pelaku glonggong atau conthang sapi:

  • Resiko Hukum, bisa dipidana karena melanggar peraturan pemerintah, tetapi sejauh pengamatan admin agrobisnisinfo.com sampai saat ini belum terdengar ada oknum yang pernah masuk penjara gara-gara mengglonggong sapi. Penjualan daging sapi glonggongan adalah merupakan perbuatan tindak pidana yang melanggar beberapa ketentuan pasal yaitu Pasal 8 Undang-undang no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Pasal 378 KUHP, dan pasal 21 Undang-undang No 7 Tahun 1996.
  • Sapi miliknya bisa mati karena glonggong yang kebablasan sehingga bukan keuntungan tetapi bahkan kerugian yang akan diperoleh, tetapi akan lebih parah lagi kalau sapi yang mati diglonggong tetap dipotong dan dagingnya diperjualbelikan artinya pelaku juga melanggar peraturan menjual daging bangkai yang bisa dipidana
  • Pelaku glonggong berarti juga melakukan kecurangan dan menipu pelanggan atau pembeli, inipun bisa dipidanakan
  • Secara mental pelaku glonggong dijamin memiliki mental yang tidak sehat karena hatinya telah tertutup oleh kotoran dan dosa akibat menyiksa atau menganiaya mahluk hidup dan uang hasil dari menganiaya tersebut dia makan sehingga menjadi darah dan daging kotor yang akan menutupi nuraninya sebagai manusia.
  • Daging glonggong adalah daging tidak sehat yang sudah terkontaminasi kuman penyakit, artinya pelaku glonggong telah menjual racun kepada customer dan ini juga bisa dipidana. Baca juga Cara Bedakan daging glonggongan KLIK DISINI
  • Ini resiko yang paling berat yaitu menghadapi ancaman Allah di akherat kelak karena perlakuannya menganiaya binatang/ternak yang nota bene ternak tersebut telah memberikan keuntungan baginya.
 Itulah beberapa resiko  yang harus ditanggung seorang pengglonggong sapi meskipun kenyataannya sangat sulit menyadarkan para oknum pelaku glonggong untuk menghentikan perbuatan menganiaya ternak tersebut. Penulis hanya berharap mudah-mudahan jika ada pelaku glonggong sapi membaca tulisan ini hatinya akan sedikit tersentuh dan terbuka sehingga menyadari bahwa perbuatan mereka sungguh sangat tercela dan tidaklah sesederhana pemikiran mereka yang hanya sebatas mendapat keuntungan berlipat dan sesaat tanpa memikirkan haram dan halalnya.

Baca Artikel Lain tentang glonggong Sapi silahkan anda KLIK DISINI

Silahkan sebarkan dan bagikan artikel ini jika anda merasa ada manfaatnya atau mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan dan kolega anda. Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Baca Juga : 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:15
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.