loading...

Cagar Budaya Gunung Gamping, Kawasan Adat dan Sejarah di DIY

Posted by

Gunung Gamping - DIY

KONDISI KAWASAN

Kawasan CA/TWA Gunung Gamping yang luas totalnya 1,084 hektar ini berupa situs cagar budaya berupa Gunung Gamping dan area altar persembahan bekakak seluas 0,038 hektar sebagai kawasan cagar alam. Dan sisanya seluas 1,064 hektar yang berupa petak persawahan dan tanah kering sebagai kawasan TWA.

Gunung Gamping terletak pada hamparan daerah bekas penambangan batu gamping yang terbentuk pada jaman eosin 50 juta tahun yang lalu. Susunannya terdiri dari satu gundukan batu berwarna putih, putih kemerahan sampai abu-abu. Pada retakannya dijumpai gejala kristalisasi dari mineral kalsit. Pada batu gamping ini banyak pula dijumpai fosil-fosil binatang laut yang sebagian berupa fragmen. Fosilnya terdiri dari jenis Moluska, Koral, Bryozoa dan Feraminifora.  Jenis batuan seperti ini hanya dapat dijumpai di empat lokasi, yaitu di Ciletuh (Jabar), Karangsembung, Jiwo, dan Gamping (D.I. Yogyakarta).



SK. PENUNJUKAN/PENETAPAN

CA/TWA Gunung Gamping terletak di desa Ambarketawang Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman, dengan luas total 1,084 ha, dengan perincian CA = 0,037 ha, TWA = 1,0465 ha. Kawasan Gunung Gamping ini ditunjuk sebagai CA/TWA berdasarkan Surat Keputusan Menhutbun No.171/Kpts-II/2000 karena merupakan kawasan penting yang memiliki ciri unik dan khas yang bisa dikembangkan menjadi daerah tujuan :
  1. Wisata adat/ritual karena setiap bulan Sapar dipakai untuk upacara tradisional penyembelihan bekakak.
  2. Wisata Sejarah yang  letaknya dekat Pesanggrahan Ambarketawang.
  3. Wisata Pendidikan karena merupakan sisa peninggalan batu gamping di jaman Eosin.



POTENSI SPESIFIK KAWASAN
Cagar alam ini memiliki ciri khas sebagai sisa peninggalan batu gamping jaman Eosin 50 juta tahun yang lalu dan berupa terumbu karang, mengandung kapur (CaCO3) yang berkadar tinggi. Sedangkan untuk kawasan Taman Wisata Alam Gunung Gamping sebenarnya hanya berupa petak persawahan dan tanah kering.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:58
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.