loading...

Adakah Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan? Adakah Efek Sampingnya?

Posted by

Tanaman genjer, jika di pedesaan tanaman ini banyak dibuat sebagai sayuran pelengkap pada satu jenis  makanan yang bernama Pecel. Pecel biasanya berisi aneke sayuran seperti kenikir, sawi, bayam dan juga genjer, untuk menikmatinya tinggal ditambahkan bumbu kacang sesuai selera, bisa pedas, sedang atau bahkan tanpa rasa pedas sama sekali atau manis.

Tanaman genjer (Limnocharis flava), pernah dipersoalkan di negeri kita. Bukan karena tanaman ini beracun, tetapi karena oleh Orde Baru, nama tumbuhan gulma tersebut identik sebagai soundtracknya Partai Komunis Indonesia (PKI). Sesungguhnya, lagu "Genjer-genjer" yang dimaksud ini, tercipta karena keprihatinan para seniman yang melihat penderitaan rakyat lantaran krisis pangan. Kemiskinan dan kekurangan pangan membuat rakyat akhirnya mengkonsumsi genjer yang banyak tumbuh di sawah-sawah di kawasan Banyuwangi Jawa Timur.

Di berbagai daerah, genjer dikenal dengan sebutan haleyo (Batak), eceng (Melayu), genjer, saber (Sunda) dan centongan (Jawa). Selain daunnya, bunga genjer muda juga enak dijadikan masakan. Genjer cocok diolah menjadi tumisan, lalap, pecel, campuran gado-gado atau dibuat sayur bobor.
Tanaman genjer pada awalnya lebih dikenal sebagai sayuran kelas bawah atau sayuran orang miskin, karena pada zaman dahulu masyarakat kalangan bawah diIndonesia tidak dapat membeli sayuran yang harganya cukup mahal sedangkan tanaman genjer yang tumbuh dengan liar dapat diambil secara gratis. 

Akan tetapi dewasa ini sayur genjer sudah merambat kesegala golongan, hal ini terbukti dengan ditemukannya sayur genjer yang sudah terdapat direstoran kaki lima ataupun restoran mewah. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam hal kesehatan maka konsumsi masyarakat akan genjer pun meningkat.
 
Tanaman genjer adalah tumbuh-tumbuhan yang hidup liar disekitar persawahan. Tumbuhan ini memiliki daun yang terlapisi oleh lilin dan batang yang berongga. 

Umumnya tumbuhan ini dapat menjadi gulma yang berbahaya pada area persawahan jika tidak ditangani sesegera mungkin. Hal ini dikarenakan semakin banyak gulma yang tumbuh diarea persawahan maka akan semakin besar kompetisi atau perebutan makanan yang terjadi diantara tanaman padi dan tumbuhan genjer.

Tanaman genjer dapat hidup selama satu tahun dan berbunga disepanjang tahun. Budidaya tanaman genjer dapat dilakukan secara vegetatif ataupun juga dapat dengan secara generatif menggunakan biji. Tanaman genjer termasuk kedalam salah satu tanaman hortikultura, hal ini sejalan dengan fungsi tanaman genjer yang biasanya digunakan sebagai sayur.

Sebagaimana jenis-jenis  tanaman sayuran lainnya genjer pun mengandung berbagai nutrisi, nutrisi pada genjer antara lain protein, lemak, serat, zat besi dan polifenol. Untuk lebih lengkapnya dibawah ini kandungan nutrisi tanaman genjer.

Kandungan Gizi Tanaman Genjer per 100 gram.
  • Energi Genjer = 33 kkal
  • Protein Genjer = 1,7 gr
  • Lemak Genjer = 0,2 gr
  • Karbohidrat Genjer = 7,7 gr
  • Kalsium Genjer = 62 mg
  • Fosfor Genjer = 33 mg
  • Zat Besi Genjer = 2 mg
  • Vitamin B1 Genjer = 0,07 mg

Berikut ini Manfaat Tanaman Genjer bagi Kesehatan

Serat yang tinggi pada Genjer bermanfaat mencegah kanker kolon dan mencegah sembelit. Kanker kolon biasanya terjadi akibat pola makan yang tidak benar dan berdampak akibat pada tidak lancarnya pencernaan. Genjer mengandung serat yang tinggi sehingga berfungsi dalam melancarkan pencernaan. Seseorang yang mengonsumsi genjer secara rutin, dapat dipastikan bahwa dia akan jauh dari risiko terkena kanker kolon. Selain itu berdasarkan sebuah penelitian, bahwa orang yang rutin dalam mengonsumsi genjer tidak akan terkena sembelit (susah buang air besar).

Zat Polifenol pada Genjer membantu mengurasi risiko penyakit jantung dan sebagai anti kanker. Kandungan polifenol dalam genjer dapat berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah terkena penyakit jantung dan kanker.
Genjer Bisa Meremajakan sel-sel tubuh. Kandungan protein yang terdapat dalam tanaman genjer dapat berperan dalam membantu memproduksi sel-sel yang terdapat didalam tubuh kita. Seperi yang sudah kita tau bahwa tubuh kita memproduksi jutaan sel setiap harinya, untuk menggantikan sel-sel yang sudah tidak berfungsi. Nah, protein ini lah yang dapat berperna dalam membantu produksi sel-sel tubuh.

Manfaat Genjer Sebagai Cadangan energi dalam tubuh. Sebagaimana fungsi lemak didalam tubuh kita, lemak pada genjer juga berperan sebagai cadangan energi tubuh.

Kalsium pada Genjer Bisa Memperkuat tulang. Berdasarkan data diatas, bahwa kandungan nutrisi genjer adalah kalsium. Jika pada anak-anak kalsium berperan dalam pertumbuhan tulang, berbeda halnya dengan orang dewasa kalsium berperna dalam memperkuat tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis. Berdasarkan pengalaman pribadi, bahwa orang tua saya yang sudah sering merasakan ngilu pada persendiannya dan kemudian mengkonsumsi genjer. Hanya dalam waktu satu hari saja manfaat genjer tersebut telah dapat terasa yaitu ngilu pada persendian akan hilang.

Daun dan bunga genjer berkhasiat sebagai penambah nafsu makan. Untuk penambah nafsu makan dipakai ±15 gram daun segar genjer, dicuci dan dikukus sampai setengah matang lalu dimakan sebagai lalapan.

Untuk efek samping genjer, sejauh ini masih tidak ditemukan, asalkan dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan maka sayur genjer relatif aman buat kesehatan anda.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:49
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.