loading...

7+ Manfaat Tanaman Herbal Sarang Semut, Sebagai Antikanker dan Obat Diabetes

Posted by

Jika pada tulisan sebelumnya dibahas mengenai manfaat dari semut Jepang termasuk tinjauan dari sisi agama mengenai halal atau tidaknya semut Jepang untuk dikonsumsi, berikut ini satu lagi tulisan yang  ada hubungannya dengan kata semut yaitu Sarang Semut. Bagi yang pertama kali mendengar istilah sarang semut, hal ini mungkin terdengar aneh karena selama ini yang kita tahu hanya semutnya. Jangan sampai terjebak dengan kata sarang dan kata semut, karena kata sarang semut sendiri adalah satu kesatuan sebagai nama suatu jenis mahluk hidup dari jenis Flora dan bukan fauna, jadi kalau semut adalah fauna sedangkan sarang semut disini adalah sejenis tanaman atau flora. Mungkin karena bentuknya yang menyerupai sarang semut maka tanaman ini dinamakan sarang semut. (lihat gambar tanaman herbal sarang semut dibawah ini).


Sarang semut sebenarnya bukan rumah semut, tetapi merupakan semacam tumbuhan epifit yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Bahkan khasiat sarang semut dapat untuk mengobati  berbagai macam penyakit kronis seperti TBC, tumor, bahkan penyakit kanker dan diabetes. Sarang semut memang belum begitu banyak dijumpai populasinya sehingga wajar jika manfaat sarang semut belum umum diketahui orang.

Beberapa Khasiat dari tanaman Sarang Semut

Sarang Semut untuk Meringankan Penyakit Diabetes Melitus. Percaya atau tidak, banyak konsumen sarang semut yang mengatakan bahwa kondisi kesehatan mereka berangsur membaik setelah mereka mengkonsumsi obat herbal sarang semut. Bahkan, beberapa penderita diabetes juga mengatakan bahwa mereka sudah tidak memerlukan suntik insulin lagi karena tubuh mereka sudah mulai bisa memproduksi hormon insulin lagi. Khasiat sarang semut untuk membantu mengatasi diabetes diduga karena sarang semut berperan penting dalam mengembalikan fungsi organ tubuh, terutama pancreas sehingga mampu memproduksi hormone insulin lagi. Jika kebutuhan hormone insulin di dalam tubuh bisa terpenuhi, maka gula darah di dalam tubuh juga bisa diolah menjadi zat yang dapat diserap oleh tubuh.

Meringankan Ambeien. Wasir atau ambeien saat ini memang sudah bisa disembuhkan tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Salah satu bahan alami yang dapat menyembuhkan wasir adalah sarang semut. Sarang semut mengandung tannin dan flavonoid yang tinggi. Dalam beberapa penelitian kedua senyawa ini memang sudah terbukti mampu menyembuhkan ambeien.

Mengatasi Migrain. Migrain atau sakit kepala sebelah bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Namun kandungan mineral dan flavonoid dalam sarang semut ini juga bisa bermanfaat untuk mengobati sakit kepala sebelah. Mineral yang paling berperan penting untuk menyembuhkan migraine adalah magnesium, natrium, dan kalsium.

Mengobati Tuberculosis (TBC). Kandungan flavonoid dalam sarang semut juga berperan penting sebagai antivitus. TBC merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi virus sehingga khasiat sarang semut juga dapat bermanfaat untuk membatu pengobatan TBC.

Sarang Semut Bermanfaat sebagai Anti Kanker. Khasiat sarang semut dapat menyembuhkan berbagai jenis tumor dan kanker, baik jinak maupun ganas. Beberapa jenis kanker yang bisa disembuhkan dengan sarang semut di antaranya adalah kanker hidung, kanker otak, kanker payudara, kanker darah, kanker usus, kanker lever, dan kanker paru-paru. Kemampuan sarang semut untuk melawan kanker ini diduga karena sarang semut mengandung flavonoid yang mampu melawan sel kanker. Flavonoid ini bekerja dengan melakukan membunuh karsinogen, menghambat siklus sel, diferensiasi, dan induksi apoptosis, inhibisi, anti proliferasi, dan pembalikan resistensi multi obat.

Membantu pengobatan Jantung Koroner. Walaupun mekanisme penyembuhan penyakit jantung koroner dengan sarang semut masih belum jelas. Namun kemampuan sarang semut untuk mengobati berbagai macam gangguan jantung ada hubungannya dengan kandungan multi mineral dalam sarang semut, khususnya kalium dan kalsium.

Kandungan Mineral lengkap pada Sarang Semut membantu pengobatan pada Stroke. Bagi para penderita stroke, kini Anda bisa bergembira karena sarang semut ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengatasi penyakit stroke baik stroke ringan maupun berat. Khasiat ini bisa diperoleh karena sarang semut mengandung multi mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Sarang Semut untuk Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi). Penderita darah tinggi harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi karena jika salah maka dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik dan sulit dikontrol. Namun, berkat adanya sarang semut, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan kimia yang dapat membahayakan ginjal karena sarang semut adalah obat alami untuk mengatasi darah tinggi. Sarang semut memiliki kandungan flavonoid yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam pembuluh darah sehingga jika seseorang mengkonsumsi sarang semut secara teratur, pasti tekanan darah darah tinggi bisa diatasi. Selain itu sarang semut ini juga akan menormalkan tekanan darah. Hipertensi terjadi jika di dalam tubuh terjadi penggumpalan darah. Dengan sarang semut ini, darah di dalam tubuh akan tetap encer. Tidak hanya itu saja, sarang semut juga mengandung senyawa Tokoferol yang dapat mengencerkan darah sehingga tekanan darah tinggi dan penggumpalan darah bisa di atasi.

Mau tahu Artikel Lain yang mungkin bermanfaat? Silakan KLIK SAJA dibawah ini:

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:17
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.