loading...

17+ Tips Cara Diet yang Efektif meskipun Tetap Makan seperti Biasa

Posted by

Berikut hal-hal yang wajib diperhatikan agar program diet anda bisa efektif dan maksimal hasilnya. Diet yng benar tidak harus dengan mengurangi makan secara ekstrim atau secara drastis. Anda masih bisa makan seperti biasa dengan memperhatikan cara atau tips dibawah ini:



  1. Nikmati setiap makanan anda dengan pelan-pelan dan kunyahlah dengan lembut
  2. Minumlah minimal 8 gelas air putih setiap hari 
  3. Pilih satu tempat didalam rumah khusu untuk makan dan jangan berpindah-pindah tempat sampai makan habis dan makanlah sambil duduk jangan sambil berdiri. Disiplin, jangan makan di tempat lain.
  4. Variasikan jumlah kalori yang anda makan agar tubuh anda tidak terbiasa dengan jumlah kalori tertentu, bila anda makan terbiasa dengan rendah kalori maka tubuh anda akan mengira bahwa sejumlah itulah kebutuhannya sehingga saat anda berdiet berat badan anda tidak akan turun-turun.
  5. Sediakan hanya makanan yang berupa buah-buahan dan sayur-sayuran didalam lemari es anda, jangan menyimpan kue-kue dan cake atau segala macam roti.
  6. Buatlah catatan harian tentang pola makan anda, jika anda curang misalkan mengemil kue-kue yang seharusnya dihindari maka catatlah dan tanyakan kepada diri anda kenapa bisa curang terhadap diri sendiri.
  7. Sediakan selalu sup dan makanlah sayur berkuah bening
  8. Tentukan jenis makanan terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk makan direstoran dan jangan ubah keputusan tersebut.
  9. Susunlah jadwal kapan anda boleh ngemil dan disiplinlah mengikuti jadwal
  10. Baca selalu label kemasan dan hindari makan makanan yang berkarbohidrat atau berenergi tinggi.
  11. Letakkan makanan hanya didapur dan tidak diruangan lain.
  12. Jangan pernah membuat diri anda kelaparan dulu, baru mencari makanan di restoran atau di warung makan atau hindari membuat diri lapar sebelum ke pesta.
  13. Makanlah secara teratur, jangan melewatkan satu waktu makan. Jika tidak mendapat pasokan makanan pada waktunya, tubuh anda akan mengerahkan mekanisme pertahanan diri, yaitu dengan menurunkan kecepatan metabolisme. Akibatnya tubuh cenderung menyimpan lemak.
  14. Jangan makan berlebihan meskipun makanan tersebut rendah lemak atau berupa sayuran dan buah-buahan. Karena jika jumlahnya banyak maka makanan yang berupa sayuran pun akan memiliki energi yang tinggi pula dan berarti kalori yang tinggi yang tetap haru dibakar juga.
  15. Singkirkan makanan sisa. Jangan suka menghabiskan makanan sisa anak anda atau keluarga anda dengan alasan apapun jika anda sedang menjalani program diet.
  16. Buang semua lemak dan kulit pada daging yang akan dimasak, jangan makan jerohan.
  17. Simpan makan di dalam lemari, jangan meletakkan makanan di atas meja karena akan "menantang" anda untuk memakannya.
  18. Siapkan daftar kebutuhan sebelum berangkat belanja agar anda tidak lapar mata dan membeli bahan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Dan jangan berbelanja dalam keadaan lapar karena resikonya anda akan terpancing untuk jajan dengan alasan mengganjal perut.
  19. Rutinlah melakukan olahraga ringan (yang terbaik adalah jalan kaki) lakukan seminggu minimal 3 kali selama 30 menit. Jangan hanya mengukur berat badan tetapi ukurlah juga lingkar perut, lingkar paha dan lingkar lengan. Karena setelah berolah raga maka ukuran badan anda akan cenderung berkurang meskipun berat badan mungkin tidak terlalu turun tetapi yakinlah bahwa lemak anda sudah turun berganti dengan otot dan daging yang berarti tubuh anda menjadi lebih fit. Berat badan tidak turun meskipun ukuran tubuh turun dikarenakan  terbentuknya otot tubuh, dimana masaa otot lebih berat daripada masa lemak.
Demikian sedikit tips diet untuk anda, kunci diet adalah disiplin dalam memilih dan membatasi jumlah kalori yang masuk meskipun anda tetap bisa makan seperti biasa yaitu 3 kali sehari diet anda tetap akan efektif selama jumlah kalori yang masuk terkontrol. Semoga bermanfaat.


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:18
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.