loading...

15+ Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan, Kebugaran dan Kecantikan

Posted by

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Cuka Apel

Apa itu Cuka Apel?

Ada dua macam jenis cuka apel yakni cuka apel yang terbuat dari fermentasi sari apel dan juga cuka apel yang terbuat dari sari apel beralkohol (cider). Cuka apel yang dibuat dari sari apel beralkohol mengandung kadar alkohol sebanyak 5,85% makanya harus dihindari penggunaannya bagi Anda yang muslim. 

Produk makanan banyak yang dapat dihasilkan dari buah apel. Mulai dari jenang atau yang biasa disebut dodol, campuran dalam roti pie, keripik, hingga cuka. Cuka apel kini memang banyak ditemui dijajakan sebagai bahan campur dalam minuman yang menyegarkan. Tidak hanya segar, cuka sari apel memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. 

Berikut ini, beberapa manfaat cuka apel bagi kesehatan, kebugaran tubuh dan kecantikan :

Meringankan dan mengurangi Kram pada Kaki.
Cuka apel, dikatakan, adalah obat tradisional yang laik diturunkan dalam mencegah kram kaki pada malam hari. Caranya, tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel dan sedikit madu ke segelas air dan kemudian diminum. 

Meringankan Sakit Tenggorokan dan Hidung mampet.
Campur satu sendok teh cuka sari apel dalam segelas air hangat dan minum. Hal ini dapat membantu membuang sumbatan sinus pada hidung. Selain itu, untuk masalah tenggorokan, yang disebabkan karena kuman, cobalah berkumur dengan campuran seperempat cangkir cuka sari apel dengan air hangat setiap jamnya. Niscaya rasa gatal pada tenggorokan dapat berkurang.

Baik Untuk Diabetes, Mengatasi Gula Dalam Darah
Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka apel sangat berperan penting dalam menurunkan kadar gula dalam darah yang memungkinkan anda mencegah diabetes. Carol Johnston, PhD, pakar gizi Arizona State University telah mempelajari sari cuka apel selama lebih dari 10 tahun dan percaya dampaknya pada gula darah yang mirip dengan obat-obatan tertentu.

Dipercaya efektif untuk mencegah kanker
Memang masih dibutuhkan banyak penelitian yang menghubungkan cuka apel dengan masalah kanker. Beberapa penelitian yang dilakukan didunia medis telah memberikan jalan bahwa zat yang terkandung dalam cuka apel dapat membantu membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor. Namun tentu saja studi yang dilakukan masih pada subjek tikus dan belum membuktikan apa apa pada subjek manusia.

Cuka Apel Untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Penelitian telah membuktikan bahwa sari cuka apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam objek tikus. Hal ini membawa hasil positif juga terhadap manusia karena sari cuka apel mengandung antioksidan asam chlorogenic yang telah terbukti untuk menjaga kandungan kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi. Proses ini sangat penting untuk menghindari penyakit jantung.

Menekan Kolesterol
Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka apel meningkatkan profil lipid darah dengan mengurangi kadar trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL-C) atau kolesterol jahat. Sebaliknya ia juga dapat meningkatkan kadar high density lipoprotein HDL-C ) atau kolesterol baik. Pertimbangkan dan konsultasikan dengan dokter terkait jika anda mengalami masalah dengan kolesterol dan ingin memanfaatkan cuka apel ini.

Untuk Penderita Hipertensi dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Pada manfaat yang disediakan pada buah apel sendiri memang sangat mampu untuk menstabilkan tekanan darah yang akan melancarkan peredaran darah. Khasiatnya tidak berubah meskipun buah apel tersebut sudah difermentasi menjadi cuka.

Meredakan Penyakit Rematik
Permasalahan persendian seperti rematik biasanya terjadi karena endapan zat asam disekitar sendi sehingga mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesiumnya berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang juga mampu melawan gejala penyakit osteoporosis atau tulang rapuh.

Mendetoksinasi / membuang racun dalam tubuh
Cuka apel sangat penting untuk membuang racun dalam tubuh, cuka apel memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu tubuh membuang berbagai racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Menghilangkan noda di gigi
Zat asam dalam cuka apel sangat efektif dalam membersihkan berbagai noda dalam gigi.

Membantu menurunkan berat badan
Cuka apel telah dipercaya berbagai masyarakat di belahan dunia karena efeknya yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dalam minuman lalu meminumnya, efektif untuk menurunkan berat badan bagi anda yang mengalami masalah berat badan. Setidaknya terdapat beberapa kandungan zat yang terdapat didalamnya yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Jika anda khawatir mengenai berbagai makanan yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, maka ada baiknya jika anda menambahkan 1 sendok cuka apel dengan madu untuk mengatasi dan membantu tetap menjaga kesehatan pencernaan anda.

Bermanfaat sebagai Shampoo untuk Membersihkan rambut
Kandungan cuka apel yang bersifat residu bisa merontokkan kotoran rambut yang berasal dari produk kimia seperti gel atau hair sprey. Gunakan cuka rambut untuk pembilas rambut saat keramas agar kotoran terkelupas kulit kepala menjadi bersih.

Mengatasi Peradangan Kulit / Toner kulit
Cuka apel bisa mengatasi peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat. Gunakan cuka apel pada daerah kulit yang berjerawat, kemudian usap dengan kain lembut seperti penggunaan toner saat membersihkan muka.

Sangat Baik Untuk Memulihkan Kelelahan Tubuh
Berolah raga, dan aktivitas harian yang berat hingga menyebabkan stres dapat menyebabkan menumpuknya asam laktat dalam tubuh, sehingga menyebabkan kelelahan. Menariknya, cuka apel menyediakan kandungan asam amino sebagai penangkal. Sari apel juga mengandung kalium, yang juga baik untuk meredakan perasaan lelah. Tambahkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel dalam segelas minuman dingin sebagai obat lelah Anda.

Untuk Terapi Pemutih Gigi
Berkumur dengan cuka sari apel di pagi hari membantu menghapus noda, memutihkan gigi, dan membunuh bakteri di mulut dan gusi. Sikat seperti biasa setelah Anda berkumur. Namun jika gusi Anda mulai merasa masam, beralihlah ke menyikat gigi dengan garam setiap hari sebagai alternatif odol.

Untuk Obat Alami pada Diare
Menyeruput cuka apel begitu saja, dapat membantu menyembuhkan infeksi bakteri penyebab diare. Hal ini karena cuka sari apel memiliki sifat antibiotik yang kuat. Ahli obat tradisional bahkan menyarankan cuka sari apel untuk menenangkan kejang usus. Hal ini diperkirakan adalah berkat kandungan pektin dalam cuka apel.

Meringankan dan meredakan Cegukan
Meminum satu sendok teh cuka apel dapat menghentikan cegukan dengan seketika. Rasa asam dalam cuka apel terbukti dapat meredakan sendawa.

Sangat Baik untuk Mengobati dan Mencegah Gangguan Pencernaan
Tak perlu merasa perut sebah setelah makan besar. Kini Anda dapat menikmati makanan tanpa sesal kemudian, dengan campuran cuka apel. Tambahkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh cuka sari apel dengan segelas air hangat. Kemudian minum 30 menit sebelum Anda makan. 

Memperlambat Pelepasan Glukosa ke Dalam Darah
Jika kamu sedang berupaya untuk memulai program penurunan berat badan, tidak ada salahnya apabila mulai mengonsumsi cuka apel. Penelitian menunjukkan bahwa cuka apel mampu membantu menjaga dari rasa lapar yang berlebihan dan dapat menurunkan kadar glisemik di dalam makanan yang tinggi akan karbohidrat. Hal ini berarti cuka apel mampu memperlambat pelepasan glukosa ke dalam darah.



Referensi:
. Suara Merdeka.com
. Manfaat.co.id
. Natureorganic.co.id

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:01
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.