loading...

Buah Plum: 10+ Manfaat Kesehatan dari Buah Plum, dari Anti Kanker sampai Diabetes

Posted by

Plum memang belum sepopuler buah kiwi di negara kita, meskipun sama-sama buah impor, buah kiwi telah lebih dahulu populer daripada plum. Masyarakat Indonesia masih sangat jarang mengkonsumsi buah yang satu ini. Hal ini mungkin disebabkan banyak dari kita yang belum begitu mengetahui apa saja manfaat dan kegunaan buah plum bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa ulasan dan gambaran mengenai buah plum dan manfaatnya bagi kesehatan kita.
Plum adalah salah satu buah yang memiliki warna menarik dan rasa yang lezat. Buah ini dapat dikonsumsi baik dalam bentuk segar atau dikeringkan. Plum mengandung banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Hal ini disebabkan buah plum kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan serat. Plum juga merupakan buah yang kaya akan zat anti oksidan yang mampu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh.

Kandungan gizi yang ada di dalam buah plum:
  • Plum mengandung vitamin dan mineral.
  • Vitamin yang ada di dalam buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B-6.
  • Plum mengandung asam askorbat dan juga asam folat.
  • Mineral yang ada dalam buah plum berupa fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan juga seng.
  • Serat tinggi, rendah kalori dan tidak ada lemak jenuh.
  • Kaya akan antioksidan.
Tak hanya itu, ternyata buah plum juga bermanfaat dikonsumsi untuk para pria. Berikut adalah manfaat mengonsumsi plum untuk pria seperti dilansir dari boldsky.com.

Menjaga kesehatan jantung
Plum mengandung vitamin K yang baik untuk mencegah pembekuan darah di dalam tubuh. Oleh karena itu buah ini baik untuk memperlancar aliran darah sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu plum juga mengandung kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah tinggi dan mengurangi stroke.

Mencegah kanker. Pigmen yang ada di dalam buah plum yang disebut dengan anthocyanin mampu melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang mampu menyebabkan kanker. Kandungan beta karoten di dalamnya juga mampu menghindarkan tubuh dari senyawa penyebab kanker terutama kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Mempertajam penglihatan. Plum juga dikenal kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan membuat selaput lendir mata Anda menjadi lebih sehat. Kandungan serat buah plum yang disebut dengan zea xanthin juga baik untuk kesehatan retina Anda.

Membantu kesehatan pencernaan. Plum kaya akan serat. Serat juga mengandung sorbitol dan isatin yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda dan menghindarkan Anda dari sembelit.

Melindungi dari radikal bebas. Buah plum mengandung zat anti oksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa anti oksidan seperti lutein mampu mengurangi jumlah radikal bebas berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C di dalam plum diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengontrol kolesterol. Serat larut di dalam buah plum mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Serat ini juga mampu membersihkan racun yang ada di dalam empedu sehingga membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Disamping itu ada Manfaat Lain dari Plum yaitu: 

Sebagai Sumber Antioksidan. Radikal bebas berasal dari zat polutan dan zat-zat berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas dijaman seperti saat ini ada dimana saja. Plum memiliki senyawa-senyawa yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut adalah berikut ini :Vitamin C dan fitonutrisi, ryptoxanthin, zea-xanthin, Asam neochlorogenic dan Klorogenat. 

Mengobati Obesitas. Obesitas merupakan faktor kegemukan yang bisa diakibatkan genetik dan juga karena faktor makanan. Mengkonsumsi buah plum yang kaya serat bisa bermanfaat dalam proses diet sehingga obesitas akan berkurang. Penyakit obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi misalnya saja jantung, diabetes, stroke dan masih banyak lagi lainnya. Mengkonsumsi plum bisa bermanfaat untuk menyerang sindrom metabolik dengan menggunakan zat bioaktif yang ada di dalam buah plum. 

Menjaga Kesehatan Tulang. Tulang rawan untuk terkena osteoporosis. Jika seseorang terkena osteoporosis akibatnya adalah penderita tidak bisa berjalan akibat tulangnya mengalami pengeroposan. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang bisa menggunakan buah plum. Zat anabolik dan juga anti resorptive bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Flavonoid khususnya asam caffeic bermanfaat dalam penghambatan kerusakan jaringan yang ada di dalam tulang, sehingga wanita dalam pasca menopause akan terhindar dari osteoporosis.Polifenol bersama dengan kalium bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang, menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang juga mencegah pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh hormon yang ada di dalam ovarium. 

Melindungi Tubuh Dari Penurunan Kognitif. Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kognitif. Dalam penurunan kognitif tubuh akan mudah mengalami penyakit parkinson, alzheimer dan juga stroke. Mengkonsumsi jus plum setiap hari bermanfaat melindungi tubuh dari penurunan tersebut. Zat flavonoid merupakan zat yang paling dominan untuk melindungi tubuh dari penurunan kognitif. Fitonutrisi dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari peradangan akibat proses neurologis. Fitonutrisi juga bermanfaat meningkatkan memori otak sehingga terhindar dari kepikukan serta alzheimer. 

 Mengatasi Diabetes. Meski buah mengandung glukosa alami namun ada buah yang tidak dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dikarenakan bisa menaikkan kadar gula darah. Buah yang tidak boleh dikonsumsi adalah sawo, semangka dan juga mangga. Manfaat buah plum jika dikonsumsi bisa mengatasi diabetes. Plum akan memberikan efek berupa anti hiperglikemia dimana efek itu bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Mengkonsumsi jus plum atau buah plum bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dan tingkatan trigliserida di dalam tubuh. Zat flavonoid di dalam plum bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kadar insulin dan meningkatkan kesensitivan insulin yang ada di tubuh. 

Menyehatkan Ibu Hamil. Saat hamil mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk menyehatkan janin dan ibu hamil. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kehamilan adalah plum. Karena buah plum mengandung banyak vitamin dan mineral yang dubutuhkan selama kehamilan. Senyawa di dalam plum memiliki manfaat untuk kesehatan mata, perkembangan tulang janin dan juga pembentukan sel janin. Saat mengkonsumsi plum untuk ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan gula. Gula bisa menyebabkan kadar gula ibu hamil naik dan menyebabkan bayi menjadi besar dalam kandungan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:51
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.