Tips Sehat Mengobati Asam Urat Minim Efek Samping

Posted by

loading...

loading...
Obat asam urat banyak beredar dipasaran, dari mulai obat kimiawi sampai obat herbal. Tetapi selalu ada resiko efek samping jika anda mengkonsumsi obat-obatan tersebut dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang. Niat awal mengobati asam urat, tetapi akhirnya terkena penyakit lain lagi akibat efek samping obat yang dikonsumsi terus menerus.

Berikut tips sehat mengatasi asam urat yang minim efek samping.

Kurangi Makanan Yang Tinggi Zat Purin
Anda penggemar jerohan sapi? Mulailah kurangi kegemaran anda itu dari sekarang. Kurangi mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat purin misalnya, jeroan, seafood, ekstrak daging (abon, dendeng), makanan yang sudah dikalengkan dsb. Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya jelaskan dalam artikel tentang pantangan-pantangan bagi penderita penyakit Asam Urat.

Perbanyak Makanan yang Bersifat Basa
Makanan dan minuman yang bersifat basa memang sudah lama diketahui bagus buat pencernaan. Dalam bukunya yang berjudul "Alkalinize Or Die" Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat basa (buah-buahan, sayuran segar, serta biji-bijian rendah lemak) dapat menetralkan asam tubuh (darah dan urin), dan hal tersebut akan membantu mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat.

Konsumsi Vitamin C
Konsumsi vitamin C, karena vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi vitamin C 1000mg/jam pada awal serangan nyeri akibat asam urat untuk mengurangi kadar asam urat.. Setelah itu 500-300mg / hari sebagai langkah pencegahan.

Minum Jus Buah Cerry
Minumlah jus buah cerry setiap hari secara rutin, tujuannya yaitu untuk membantu darah dan urin dalam mengimbangi sifat keasamannya. Selain itu, buah cerry juga kaya akan nutrisi dan kalium, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat.

Minum Jus Lemon
Konsumsilah buah lemon / jus lemon, karena dengan mengonsumsi jus lemon, akan merangsang tubuh untuk membentuk / memproduksi kalsium kabonat yang berfungsi untuk menetralkan asam urat.

Konsumsi Cuka Madu
Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang apa itu cuka madu. Cuka madu dibeberapa daerah dikemas dalam produk obat kesehatan yang bernama propolis. Konsumsilah cuka madu setiap hari, tujuannya untuk memberikan suasana basa dalam tubuh yang berfungsi untuk menetralkan zat asam dalam tubuh. Selain itu cuka madu juga berfungsi untuk mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat dan menghancurkan kristal-kristal asam urat.

Perbanyak Mengonsumsi Air Putih
Biasakan minum air putih minimal 8 - 10 gelas per hari. Tujuannya yaitu untuk mengencerkan urin sehingga dapat menghambat proses terbentuknya asam urat berlebih. Karena jika tubuh kita kurang cairan, maka pergkristala asam urat akan mudah terbentuk. Selain itu, minum air juga dapat memperbaiki fungsi ginjal dan mempermudah ginjal untuk membuang/megeluarkan zat asam urat yang dihasilkan oleh zat purin.

Kalau Mau Tahu bahaya Perut Buncit, silakan Baca Juga: Perut Buncit, Ancaman Bahaya Kesehatan dan Cara Mengatasinya

Demikian tips sehat dan singkat untuk mengurangi sakitnya asam urat (bagi yang pernah menderita asam urat tentu tahu bagaimana tidak nyamannya saat si asam urat ini menyerang persendian). Perbaiki pola makan mulai dari sekarang agar kita terhindar dari berbagai penyakit tidak hanya penyakit asam urat. Karena sebagian besar penyakit bersumber dari makanan dan pola makan yang buruk. Semoga bermanfaat.

loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:55
loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.