5+ Manfaat Sembukan si Daun Kentut, Ampuh Mengobati Maag, Herpes dan Perut Kembung

Tumbuhan ini kalau didaerah saya, di Jawa Timur, lebih dikenal sebagai bahan makanan. Sembukan sering dibuat bothok yaitu masakan yang dibungkus daun dengan isi antara lain daun sembukan, teri, tempe yang dipotong kecil-keicl dan parutan kelapa, tentu saja ditambah bumbu-bumbu sebagai penyedapnya. Setelah dibungkus rapat dengan daun pisang tinggal dikukus, jadi prinsipnya hampir mirip seperti bikin pepes ikan.

Tanaman ini atau tepatnya daun tanaman sembukan  ini memiliki bau yang sangat khas yaitu menyerupai bau kentut. 

Tanaman Sembukan atau kalau dikampung namanya godhong entut-entutan (Paederia foetida L.) atau nama daerah lain: Daun kentut; Kahitutan; Kasembukan; Bintaos; Gumi siki; Sembukan; Simbukan merupakan tanaman semak, semusim.Tumbuh liar di pagar dan tebing sungai pada ketinggian 1-1000 m dpl.

Mengutip pendapat seorang pemerhati tanaman obat tradisional, pasien terapi penyinaran sebaiknya dianjurkan untuk minum rebusan herba ini, agar jumlah sel darah putih tidak menurun.

Khasiat sembukan berasal dari kandungan kimia yang dimilikinya, menurut telaahan farmakolog yakni asperuloside deasetilas peruloside, paederoside, scanderoside, asam paederosidic dan arbutin. Daun sembukan juga mengandung gamma sitosterol, asam olea-nolik dan minyak asiri. 

Sembukan juga punya efek analgetik (menghilangkan rasa sakit), karminatif (peluruh kentut), diuretik (peluruh kencing), mukalitik (peluruh dahak), stomatik (penambah nafsu makan), ekspektoran (stop batuk), antipiretik (menghilangkan demam), antibiotik, antiradang, antiracun serta melancarkan aliran darah dan aliran energi vital.

Sedangkan efek analgetiknya berkhasiat menghilangkan nyeri sesudah operasi, nyeri syaraf, reumatik, keseleo, patah tulang, terbentur serta nyeri akibat kolik pada usus, empedu dan ginjal. Berikut adalah gangguan kesehatan yang bisa diatasi dengan herba tersebut. Yakni konsumsilah daun sembukan, setidak-tidaknya dua kali seminggu dengan cara yang disukai. Bisa juga dengan meminum air perasan daun, dibuat campuran sayur maupun dilalap.


Tanaman Sembukan ini tumbuh membelit, dengan panjang ± 10 m. Batang tanaman massif, beruas, beralur, masih muda halus setelah tua kasar, diameter 2-5 mm, dari buku-buku dapat tumbuh akar, warna akar coklat. Daun tanaman termasuk daun tunggal, berhadapan,bentuk dau telur, dengan panjang 5-9 cm, tepi daun rata, ujung daun runcing,pangkal berlekuk, berambut, petulangan menyirip, tangkai daun bulat, berbulu,panjang 3-5 cm, diameter ± 2 mm, warna daun hijau.


Tanaman sembukan berbunga majemuk, bentuk mulai, dengan panjang 5-9 mm kelopak bunga segitiga, benang sari melekat pada tabungbakal buah 2 ruang, bakal biji satu, kepala putik dua, bentuk benang, sering membelit, tabung mahkota bagian dalam berambut, bentuk kait, gundul, putih, mahkota panjang 10-12 mm, berbulu halus, dan warna bunga halus, dan warna bunga ungu. 



Buah pada sembukan batu, bentuk bulat, berkilat, diameter 4-6 mm, dan warna buahkuning. Perakaran pada tanaman sembukan tunggang dan warna akar coklat



Sifat Kimiawi : 

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a. l : 
Batang dan daun mengandung:
  • asperuloside
  • deacetylasperuloside
  • scandoside
  • paederosid
  • paederosidic acid
  • gamasitosterol
  • arbutin
  • oleanolic acid
  • minyak menguap.

Khasiat: 
  • Antiinflamasi 
  • Stomakik
  • Antirematik
  • Diuretik
  • Karminatif

Ramuan Tradisional Daun Kentut atau Sembukan

Meringankan Maag
Daun sembukan segar 1 genggam
Air secukupnya
Dipipis, Diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir

Cacar Ular
Caranya, ambil daun sembukan secukupnya, lalu cuci sampai bersih. 

Kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan garam dan air sedikit saja. 
Balurkan pada daerah sekitar cacar ular tersebut.


Mata Bengkak dan Perih
Caranya, cuci daun sembukan secukupnya lalu rebus menggunakan air sampai mendidih. Setelah mendidih, paparkan mata Anda pada uap air rebusan tadi. 

Apabila airnya sudah hangat, ambil daunnya dan  bungkus dengan kain. 
Kompres kan di bagian mata yang sakit sampai tidak hangat lagi airnya. 


Mengatasi Perut kembung
Daun sembukan segar 1 genggam
Air secukupnya
Dipipis, Diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir
 
Mengobati Herpes
Daun sembukan segar 1 genggam, Daun lampes 1 genggam; Air sedikit, Dipipis, Diborehkan pada kulit yang sakit.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 08:01
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.