Penyebab Harga-harga Barang Naik Jelang Bulan Puasa

Kejadian yang selalu berulang setiap tahun menjelang dan saat masuk bulan Ramadhan harga kebutuhan pokok atau konsumsi selalu naik. Apakah kenaikan harga ini memang disebabkan ulah pedagang atau karena ada hal lain yang mempengaruhinya.

Fenomena menjelang Ramadhan biasanya ibu ibu sibuk berbelanja ke pasar. Bahkan mereka yang sehari harinya tidak pernah pergi ke pasar juga ikut ikutan belanja ke pasar. Alasan utamanya sama yaitu beli bahan kebutuhan pokok untuk menyambut Ramadhan.

Hukum ekonomi mengenai suply dan demand menyatakan bahwa apabila permintaan terhadap barang naik sementara suply tetap maka harga barang akan naik. Jadi agak lebih jelas kalau kenaikan harga bahan bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan bukan semata mata aksi pedagang ambil untung tetapi karena kita juga ikut andil didalamnya. Apa andil kita? Ya karena berbondong bondong ke pasar untuk belanja tersebut.

Hal ini sebenarnya memprihatinkan karena Islam mengajarkan umatnya untuk hidup hemat tetapi kenapa saat menjelang Ramadhan malah belanja berlebihan? Padahal seharusnya saat Ramadhan kita bahkan harus bisa hidup hemat apalagi ditunjang dengan puasa sebulan penuh.

Uang yang biasanya kita belanjakan secara berlebihan menjelang Ramadhan alangkah baik dan indahnya kalau kita sedekahkan ke fakir miskin sehingga mereka bisa ikut menyambut Ramadhan dengan tenang dan gembira. Bukankah kita semua dianjurkan untuk menyambut Ramadhan dengan gembira karena dibulan mulia itu semua pahala dilipatgandakan nilainya. Dan fakir miskinpun pasti sangat berhak ikut merasakan kegembiraan itu.

Jadi daripada kita berbondong-bondong ke pasar dan jadi penyebab harga harga jadi naik mending kita infaq kan saja untuk orang orang yang membutuhkan.

Ayo kita mulai dari Ramadhan tahun ini dan mulailah dari diri sendiri, mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran buat yang lain. Semoga.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:52
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.