loading...

Manfaat Ramuan Daun Angsana Untuk Batu Ginjal, Sariawan dan Luka Bakar

Loading...
Tanaman angsana memiliki nama latin (Pterocarpus indicus), dan mempunyai banyak nama daerah, misalnya: Athan (Aceh), Sena (Gayo), Sena, Hasona, Sona (Batak), Kayu merah (Timor), Asana, Sana kapur, Sana kembang (Minangkabau), Sana kembang (Madura), Kenaha (Solor), Aha, Naga, Aga, Naakir (Sulawesi Utara), Tonala (Gorontalo), Candana (Bugis).


Daun angsana mempunyai banyak manfaat khasiat bagi kesehatan tubuh manusia, dan banyak dicari untuk dijadikan sebagai obat tradisional alami karena memiliki kandungan seperti, saponin, jlavonida, dan polivenol. 


Pohon, tinggi 10-40 m. Ujung ranting berambut. Daun penumpu bentuk lanset, panjang 1-2 cm. Daun berseling. Anak daun 5-13, bulat telur memanjang, meruncing, tumpul, mengkilat sekali, 4-10 kali 2,5-5 cm; anak tangkai lk 0,5-1,5 cm. Tandan bunga di ujung dan duduk di ketiak, sedikit atau tidak bercabang, berambut coklat, berbunga banyak, panjang 7-11 cm; anak tangkai 0,5-1,5 cm; bunga sangat harum.

Kelopak bentuk lonceng sampai bentuk tabung, bergigi 5, tinggi lk 7 mm. Mahkota kuning oranye. Daun mahkota berkuku; bidang bendera bentuk Iingkaran atau bulat telur terbalik, berlipat kuat, melengkung kembali, garis tengah lebih kurang 1 cm; lunas lebih pendek daripada sayap, pucat. Bakal buah berambut lebat, bertangkai pendek, bakal biji 2-6. Polongan bertangkai di atas sisa kelopak, hampir bulat lingkaran, dengan paruh di samping, pipih sekali, sekitarnya bersayap, tidak membuka, garis tengah lk 5 cm, pada sisi yarig Iebar dengan ibu tulang daun yang tebal. Biji kebanyakan 1. Kerapkali ditanam; 1-800 m.

Catatan: Kayunya mempunyai warna dan kwalitas yang baik sekali; dipergunakan sebagai bahan bangunan dan kayu meubel. Di Maluku pohon ini menghasilkan kayu akar” (wortelhout) yang bagus. Kulitnya dipakai sebagai obat; dalam keadaan hidup pohon tersebut rnengandung cairan yang merah darah. Bagian yang digunakan Kulit kayu, getah (resin) dan daun muda.


Manfaat Khasiat Daun Angsana Untuk Kesehatan



  • Daun angsana dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal dan bisa juga digunakan untuk mengobati sariawan.
  • Daun angsana muda dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare.
  • Daun angsana selain dapat mengobati batu ginjal, sariawan dan diare, juga dipercaya dapat menyembuhkan bisul.
  • Daun angsana juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes militus dan kencing manis
  • Daun ngsana bisa juga digunakan untuk mengatasi luka bakar.


Berikut ini adalah manfaat khasiat tanaman angsana untuk mengatasi beberapa penyakit dan cara mengolahnya:


Mengatasi bisul
Cara mengambil khasiat daun angsana ini dapat dilakukan dengan menumbuk halus daun angsana kemudian tempelkan pada bagian bisul. Namun sebelum menempelkan sebaiknya bersihkan terlebih dahulu bisul dengan alkohol, dan lakukan tiap 3 jam sekali.


Mengatasi luka bakar
Selain dapat mengatasi bisul, ternyata daun angsana juga dapat mengobati luka bakar. Hal ini dikarenakan adanya kandungan flavonoid dalam daun angsana yang mampu membantu meredakan nyeri yang ditimbulkan dari luka bakar tersebut. Cara menggunakan daun angsana ini dapat dilakukan dengan menumbuk daun angsan hingga halus kemudian tempelkan pada bagian luka bakar tersebut.


Batu ginjal
Siapkan kulit kayu ngsana sebanyak 3 gram, daun keji beling 2 gram, daun kumis kucing 4 gram, dan air 115 ml. Cara pembuatannya cukup dengan dibuat infus atau diseduh dan diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml. Bila batu telah keluar, baik berupa kristal maupun air kencing yang keruh atau air kencing yang berbuih maka harus segra dihentikan mengkonsumsinya.


Sariawan 
Siapkan kulit kayu angsana sebanyak 4 gram, daun saga segar 4 gram, daun sirih segar 3 helai, dan air 115 ml. Cara pembuatannya dengan dibuat infus atau diseduh bila diperlukan tambahkan 10 gram gips pada beningan dan diamkan beberapa saat, lalu disaring dan diambil bagian beningnya. Gunakan untuk berkumur dan lakukan 3 jam sekali sebanyak 50 ml.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:18
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.