Loading...

Kegunaan dan Manfaat Rebung, Bisa Menurunkan Kolesterol dan Melawan Kanker

Loading...
loading...
Manfaat Rebung atau tunas bambu bagi kesehatan tubuh:

Sayur rebung sudah sangat dikenal dimasyarakat, terutama di masyarakat pedesaan. Rebung juga bisa dibuat beraneka ragam camilan salah satunya bisa dijadikan isi gorengan atau isi lumpia. Ada aroma khas jika kita memasak rebung yang karena aroma ini sebagian orang tidak menyukai rebung. Sebenarnya selain sebagai bahan makanan, rebung memiliki manfaat untuk kesehatan kita antara lain:

Melawan kanker. Rebung mengandung fitosterol seperti flavone, amilasi, dan klorofil yang dapat membantu melawan kanker.

Menurunkan tekanan darah. Tingginya kandungan kalium di dalamnya, membuat rebung menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaganya agar tetap normal. Mengkonsumsi rebung juga dikaitkan dengan penurunan depresi, penyakit mental, dan kecemasan. 

Melancarkan siklus menstruasi. Apabila siklus menstruasi anda tidak lancar, cobalah untuk mengkonsumsi rebung. Hal ini karena rebung mengandung bahan alami yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi serta dapat mengurangi nyeri.

Menyembukan bisul dan luka. Berdasarkan penelitian terbaru, rebung mempunyai sifat anti inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul dan luka. 

Memperlancar proses kelahiran. Rebung termasuk tanaman jenis uterotonika yang mampu membantu meningkatkan kontrasi rahim sehingga dapat memperlancar proses kelahiran.

Menurunkan berat badan. Rebung bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini berkat kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, rebung juga mengandung serat yang tinggi sehingga akan membuat perut ada cepat kenyang ketika mengkonsumsinya.

Menurunkan kolesterol. Dalam setiap 100 gram porsinya, rebung mengandung gula sebesar 2,5 gram. Sementara itu, kandungan lemak tak jenuh dan lemak jenuhnya sekitar 0,49 gram. Kedua hal tersebut membuat rebung menjadi makanan yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan menyehatkan jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rebung juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, thiamine, riboflavin, dan niasin. Rebung juga mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Mengatasi masalah pernapasan. Rebung mengandung asam amino dan merupakan sumber protein yang baik. Hal ini membuat rebung memiliki potensi untuk mengatasi masalah pernapasan seperti pilek, batuk, atau hidung tersumbat.

Menyehatkan pencernaan. Rebung dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu, rebung juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati cacingan.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:17
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.