Manfaat Buah Pinang Dan Cara Budidaya Pohon Pinang Yang Baik

Sekilas Budidaya Pohon Pinang, dari Pembibitan sampai Panen


Pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang.
Pohon pinang biasanya banyak dicari orang saat menjelang perayaan 17 Agustusan atau perayaan hari kemerdekaan RI. Tahu kan lomba panjat pinang? Ya tentu saja perlombaan ini seperti menjadi suguhan wajib saat perayaan kemerdekaan di beberapa daerah meskipun dibeberapa daerah lain tradisi ini mulai hilang.

Penyiapan Lahan
Memilih lahan yang sesuai sangat berpengaruh bagi pertumbuhan pohon pinang secara optimal. Lahan yang paling sesuai bagi pohon pinang adalah lahan dataran rendah, berkisar antara 600 hingga 1000 m di atas permukaan laut. Karena merupakan tanaman tropis, pohon pinang juga membutuhkan iklim dengan curah hujan dan kelembaban yang tinggi. Sediakan tanh dengan tingkat keasaman yang berkisar antara 4 – 8 PH. Usahakan untuk melakukan penyinaran selama 6 – 8 jam perhari agar batang pohon lebih kuat serta tanaman tidak mencuat terlalu tinggi. Kalau diringkas maka habitat yang cocok untuk pohon pinang harus memiliki syarat sebagai berikut:

Tinggi Tempat. Tanaman Pinang dapat berproduksi optimal pada ketinggian 0–1.000 m dpl (meter diatas permukaan laut). Tanaman pinang idialnya ditanam pada ketinggian dibawah 600 m diatas permukaan laut.

Tanah. Tanah yang baik untuk pengembangan pinang adalah tanah beraerasi baik, solum tanah dalam tanpa lapisan cadas, jenis tanah laterik, lempung merah dan luvial. Keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman pinang sekitar pH 4-8.

Curah Hujan. Curah hujan yang dikehendaki tanaman pinang antara 750-4.500 mm/tahun yang merata sepanjang tahun atau hari hujan sekitar 100-150 hari. Tanaman pinang sangat sesuai ditanam pada daerah yang bertipe iklim sedang dan agak basah dengan bulan basah 3 - 6 bulan/tahun dan bulan kering 4-8 bulan/tahun.

Suhu dan Kelembaban. Tanaman pinang dapat tumbuh dengan baik pada suhu optimum antara 20º - 32º C. Tanaman pinang menghendaki daerah dengan kelembaban udara antara 50 – 90 %.

Penyinaran. Penyinaran yang sesuai untuk tanaman pinang berkisar antara 6-8 jam/hari. Pengaruh cahaya matahari terhadap tanaman pinang sebagai berikut:
1). Ruas batangnya lebih pendek dibanding tanaman yang terlindung.2). Tanaman tidak cepat tinggi.3). Fisik tanaman lebih kuat.4). Persentase bunga untuk menjadi buah lebih besar.


Perkecambahan
Tanamlah biji pinang ke dalam tanah lahan anda sedalam setengah meter dengan jarak yang merapat anatar satu biji dengan lainnya. Siramlah biji tersebut dua kali sehari setiap pagi dan sore hari. Jangan paparkan biji kepada sinar matahri langsung. Buatkanlah pelindung atau semacam payung untuk melindungi pertumbuhan biji pinang tersebut. Jauhkan lahan perkecambahan dari gangguan hama atau gulma dengan memagari lahan tersebut. Proses ini akan terus berlangsung kurang lebih selama 1,5 – 2 bulan.

Pembibitan Pohon Pinang
Ada dua tahap utama dalam proses pembibitan pohon pinang. Tahap pertama adalah menyiapkan polybag berukuran tinggi 15 cm. Berikan lubang pada bagian bawah polybag dan isi dengan tanah hingga 2/3 bagian. Tanam bibit pada polybag tersebut dan tunggu hingga tanaman mencapai umur 5 bulan. Tahap kedua dilakukan dengan memindahkan bibit pinang diatas ke dalam polybag baru yang bervolume 6 kg dan telah diisi tanah subur hingga 2/3 bagian. Jangan lupa untuk menyiram dan member pupuk tipe NPK dengan dosis sekitar 20g per polybag.

Penanaman dan Pemanenan
Apabila bibit pinang tersebut telah tumbuh sehat, maka sudah saatnya memindahkan polybag tersebut ke lahan anda. Agar penanaman lahan pinang terlihat rapi dan optimal, harus dilakukan upaya pemancangan serta penanaman bambu ajir di sekitar tanaman. Hal ini akan memberikan jarak di tiap – tiap pohon agar mereka tidak saling dempet. Buah pinang akan dapat dipanen setelah mencapai umur 3 tahun. Jangan lupa melakukan pemupukan selama dua kali setahun agar pohon tetap menghasilkan buah.  Pohon pinang tersebut apabila dirawat dengan baik akan mampu bertahan hingga 150 tahun. Satu pohon Pinang mampu menghasilkan buah pinang sebanyak lebih kurang 20 Kg setiap bulan setelah memasuki usia panen. Jadi jika anda berhasil menanam pohon ini dengan benar maka hasil buah pinang akan kontinyu anda nikmati selama bertahun-tahun.


Kandungan  dan Manfaat Buah Pinang Untuk Pengobatan
Biji pinang yang memiliki rasa pahit itu mengandung alkoloida seperti arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline) yang memiliki sifat racun dan adiktif. Beberapa jenis pinang akan menyebabkan rasa pening jika dimakan. Beberapa kandungan senyawa penting pada buah pinang antara lain adalaharecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine (guacine) dan beberapa unsur lainnya.
Buah pinang memiliki banyak sekali manfaat sebagai tanaman obat, beberapa manfaat buah pinang sebagai tanaman obat adalah: 

Keluar Darah Berlebihan. Air rebusan biji pinang juga digunakan untuk mengatasi penyakit seperti haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, bisul, kudis dan mencret.


Sakit pinggang. Ambil beberapa lembar daun pinang. Tumbuk daun tersebut dan hangatkan. Daun pinang yang tenah ditumbuk dikompreskan di tempat yang sakit.

Kudis. Parut satu biji buah pinang. Campur dengan seperempat sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Oleskan di bagian yang sakit.

Difteri. Siapkan dua biji buah pinang kemudian rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Minum perlahan-lahan untuk menyembuhkan difteri.

Mengecilkan Rahim. Biji pinang muda digunakan kaum wanita untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Caranya masak buah pinang muda lalu airnya diminum hingga rahim kembali ke bentuk normal.

Rabun Mata. Untuk mengobati rabun mata. Cukup dengan langsung dikunyah dan airnya ditelan.

Meningkatkan gairah. Meningkatkan gairah seks kaum pria. Khasiat ini di ketahui karena di dalam pinang terkandung arekolin. Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil kemudian kunyah dan makan. Cara lain, ambil satu biji buah pinang kemudian hancurkan dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas. Keduanya memiliki khasiat yang sama.

Mengobati luka kulit. Caranya, daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka. 

Obat cacingan. Siapkan seperempat potong buah pinang, setengah jari rimpang temulawak, dan setengah jari rimpang kunyit. Semua bahan tersebut direbus kemudian disaring. Minum air hasil saringan tersebut untuk mengatasi cacingan. Untuk mengobati cacingan, khususnya untuk mengobati cacing pita. Ramuan lainnya bisa dengan cara merebus biji pinang muda hingga mendidih, dinginkan airnya, kemudian minumkan air rebusan biji pinang tersebut kepada penderita cacingan.

Menguatkan gigi dan gusi. Ambil beberapa biji buah pinang. Iris menjadi beberapa bagian, kemudian kunyah irisan tersebut.

Mengobati telinga bernanah. Caranya, ambil akar buah pinang muda secukupnya, tumbuk halus, peras airnya. Bersihkan terlebih dahulu telinga anak yang sakit dengan kapas, setelah itu tetesi dengan air perasan pinang di bagian telinga yang sakit sebanyak 3 tetes. Sumbat telinga dengan kapas agar air tetesan tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.
Jika ingin tahu kegunaan buah pinang yang lainnya Baca Juga: Dari Tradisi Mengunyah Kapur Sirih, Terbukti Inilah Manfaat Air Kapur Sirih.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 23:34
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.