Loading...

Beda Bayam Merah dan Bayam Hijau, Manfaat dan Bahaya Efek Sampingnya

Loading...
Siapa tidak kenal sayur bayam? Sayuran yang banyak disuka oleh masyarakat kita dari anak-anak sampai orang dewasa. Anak-anak menyukai sayur bayam karena dibandingkan dengan sayur hijau yang lainnya jika dimasak maka sayur bayam relatif tidak berbau sehingga anak-anak menyukainya. Seperti diketahui bahwa kalangan anak-anak memang paling susah disuruh makan sayuran.


Kandungan Gizi Bayam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Ada dua jenis bayam yang populer yaitu bayam merah dan bayam hijau. Bayam hijau dan merah sama-sama memiliki manfaat baik bagi tubuh karena merupakan sumber kalsium, vitamin A, vitamin E dan vitamin C, serat, dan juga betakaroten. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi untuk mencegah anemia. Kandungan kalsium dalam bayam juga dapat mencegah pengapuran tulang.
   
Perbedaan dari kedua bayam ini hanya pada warnanya. Bayam hijau memiliki kandungan klorofil dan betakaroten lebih tinggi daripada bayam merah. Sedangkan bayam merah mengandung betasianin dan antosianin-pigmen alami yang lebih tinggi daripada bayam hijau. Bayam hijau dan merah mempunyai sifat antioksidan, anti kanker, anti hipertensi, dan anti hiperglikemik.

Dengan anti oksidan yang tinggi, bayam hijau dan merah memiliki manfaat anti aging yang sama kuat.  Namun, warna bayam yang lebih gelap, baik itu merah maupun hijau, memiliki kandungan nutrisi dan gizi lebih tinggi daripada bayam yang berwarna lebih terang.

Pantangan / Bahaya
Bahwa bayam. baik yang berwarna merah maupun hijau sudah tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat, tetapi untuk sebagian orang sayur bayam tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena berhubungan dengan kesehatan mereka.

Bagi penderita kadar asam urat tinggi, artritis, dan peradangan di saluran cerna sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi bayam. Terlalu banyak mengkonsumsi bayam untuk orang-orang dengan gangguan penyakit tersebut bisa memicu kambuhnya penyakit atau bisa memperparah kondisi sakitnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Bayam
Bagian bayam yang digunakan adalah daun dan akar.

Ramuan daun bayam digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut, tekanan darah rendah, kurang darah (anemia) dan gagal ginjal. Akar digunakan untuk pengobatan disentri.

Cara pemakaian yaitu untuk obat yang diminum , sediakan 25-30 g daun segar, lalu rebus dan dimakan sebagai lalap. Selain direbus, bayam dapat juga dijus untuk diminum.

Untuk pemakaian luar, giling daun bayam segar sampai halus lalu tempelkan pada luka akibat gigitan binatang berbisa.

Untuk pemakaian secara Umum :

  •  Meningkatkan kerja ginjal dan untuk mempersihkan darah sehabis bersalin , bayak merah dapat dikonsumsi sebagai sayur yaitu dimasak dalam bentuk sayur bening.
  •  Kurang darah, cuci tiga genggam daun bayam merah, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis, lalu saring, selanjutnya tambahkan satu sendok makan madu dan sebutir kuning telor ayam kampong dan aduk sampai rata, kemudian ramuan ini diminum dan pengobatan dilakukan satu kali sehari selama seminggu, selanjutnya pengobatan dapat dilakukan dua kali seminggu sampai penyakitnya sembuh.
  •  Disentri, cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok the sambil diaduk rata, lalu saring. Untuk pengobatan , minum air saringannya sekaligus.
  •  Memperkuat akar rambut, cuci satu ikat daun bayam dan batang bayam segar sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok the sambil diaduk rata, Selanjutnya peras dan saring lalu minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali seminggu.
  •  Untuk penderita kadar asam urat darah yang cukup tinggi dan rematik Gout atau penderita asam urat dilarang mengkonsumsi bayam terlalu banyak karena sayur ini mengandung purin yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, purin akan dimetabolisir menjadi asam urat. Secara umum dalam hal pengobatan bayam merah lebih berkhasiat daripada bayam hijau.
Sebagai Terapi
Bayam mampu memperbaiki sistem pencernaan, menurunkan resiko terkena kanker, mengurangi kolesterol (masih sebatas pada hewan) dan bersifat anti diabetes.

Untuk penggunaan terhadap pengobatan penyakit asma dan eksim pada kulit, bisa dicoba dengan bayam duri (Amaranthus Spinosus). Tanaman tersebut mengandung amarantin, kalsium, nitrat, peridoksin, zat besi, garam, fosfat dan vitamin A, C dan K.

  • Cara penggunaan untuk penyakit Asma : Potong-potong lima batang bayam duri muda, termasuk daun kembangnya
  •  Rebus potongan tersebut dengan takaran lima gelas air selama 7 hingga 10 menit
  •  Air hasil rebusan tadi diminum satu gelas, tiga kali sehari. Untuk anak-anak cukup diminum setengah gelas dan untuk bayi, cukup dua sendok makan saja
  • Cara penggunaan untuk eksim : Ambil bayam secukupnya dan rebus dengan air hingga mendidih
  •  Rendam kain berbahan serap keringat seperti katun dan dalam kondisi bersih kedalam air rebusan bayam
  •  Hasil rendaman kain bisa dilakukan dengan mengompres atau membalut bagian yang terkena eksim
  •  Pengompresan menggunakan kain digunakan selama 20-30 menit, cukup sehari sekali
Sedangkan air sari bayam segar yang dicampur dengan madu, mempunyai khasiat mengobati bronkhitis, anemia dan demam.

Sementara bayam muda yang dimasak dan airnya dicampur madu, bisa memiliki khasiat menyembuhkan keputihan pada wanita, gangguan lever dan gangguan saluran pencernaan, semacam sembelit dan tukak lambung.

Bayam tidak hanya digunakan untuk kesehatan namun juga bisa digunakan untuk kecantikan bagi pria maupun wanita yang ingin tampil lebih menarik.

Untuk perawatan kulit wajah. Hanya dengan mengoleskan campuran sari bayam (sari air bayam) dan kunyit pada wajah. Sedangkan cara lain adalah dengan membuat juz bayam.
Cara pemakaian : Dengan menggunakan kapas kosmetik, gosokkan juz bayam ke wajah dengan gerakan berputar disekitar sudut-sudut mata, dahi, sudut-sudut bibir dan dagu. Lakukan perawatan ini selama 5 menit disaat pagi dan malam hari, menjelang tidur. Bila dipandang perlu, bisa dilakukan pembilasan dengan air dingin. Berdasar penelitian, jus bayam membantu mengencangkan dan menghilangkan keriput wajah sekitar 40-60%.

Untuk perawatan kulit kepala dan rambut. Cara pemakaian : Dengan mengoleskan sari bayam secara merata pada kulit kepala dan rambut secara teratur, maka hasil yang diperoleh, rambut akan menjadi lebih sehat dan tebal.

Ingin Tahu Obat Alami untuk Pencegah Kanker yang Ampuh? Silakan KLIK DISINI

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 08:00
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.