Aneka Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan dan Kebugaran

Jeruk banyak macamnya, dan semuanya memiliki khasiat dan manfaat yang secara umum hampir sama. Hanya beberapa jeruk memiliki manfaat yang spesifik atau khusus, seperti jeruk purut, jeruk nipis dan jeruk lemon. Jeruk-jeruk tersebut memiliki khasiat yang khas untuk kesehatan tubuh. Jeruk merupakan buah yang sangat di sukai oleh semua orang dari kalangan anak-anak sampai dewasa. 

Dari rasanya yang sebagian besar manis itulah yang menarik lidah setiap orang untuk merasakan buah jeruk tersebut. Sudah menjadi rahasia umum, kalau jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik untuk tubuh kita. 
 

Kandungan buah jeruk sangat baik untuk menjaga dan melindungi tubuh kita dari beberapa penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyerang tubuh. Oleh karena itulah, mengkonsumsi buah jeruk sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh anda.

Berikut ini manfaat bagi kesehatan dan Kebugaran anda :
  • Manfaat pertama yaitu jeruk sangat baik untuk mencegah penyakit kanker seperti kanker kulit, payudara, paru-paru, mulut dan usus besar. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung D-limonene yang merupakan senyawa yang sangat baik untuk mencegah berbagai kanker tersebut.
  • Bagi anda yang bermasalah dengan kadar kolersterol yang tinggi, maka mengkonsumsi jeruk merupakan salah satu solusi yang dapat anda ambil. Ini dikarenakan, buah jeruk mengandung Hesperidin dan Pectin. kedua zat tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda.
  • Anda memiliki tekanan darah yang tinggi? Maka mengkonsumsi buah jeruk juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung Hesperidin dan magnesium yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi anda.
  • Anda mengalami radang sendi atau kekakuan pada otot dan sendi anda?. Maka mengkonsumsi buah jeruk merupakan alternatif yang dapat anda ambil. Ini dikarenakan buah jeruk terbukti dapat mengurangi radang pada sendi atau kekakuan pada otot dan sendi anda.
  • Buah jeruk ternyata sangat baik untuk perkembangan otak anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung asam folat yang merupakan zat yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak anda.
  • Manfaat berikutnya yaitu, buah jeruk juga sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Ini dikarenakan buah jeruk merupakan sumber vitamin C. Fungsi vitamin C yaitu merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh kita. Sehingga sangat baik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita.
  • Buah jeruk juga mengandung zat antioksidan. Fungsi antioksidan yaitu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas Sehingga anda akan tampak lebih awet muda.dengan rajin mengkonsumsi buah jeruk tersebut.

    Manfaat Jeruk Nipis

    1. Buah rendah kalori
    Jeruk yang rasanya asam itu rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, jika Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.

    2. Kaya kandungan vitamin
    Jeruk kaya akan vitamin C yang mudah membantu memenuhi kebutuhan harian dalam bentuk alami. Seorang pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa sekira 75 miligram. Karena setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram Vitamin C, Anda tak perlu khawatir untuk kebutuhan vitamin C setiap hari saat Anda menambahkan jeruk nipis manis di menu harian.

    3. Sumber mineral
    Jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.

    4. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Jeruk nipis kaya akan vitamn C yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh Anda terlindungi dari infeksi dan penyakit.

    5. Membantu lancarkan pencernaan
    Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

    6. Mengatasi masalah sembelit
    Sering minum air hangat dengan perasan jeruk nipis menyingkirkan sembelit alias segala penyakit perut dan pencernaan lainnya. Air jeruk hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus Anda sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit dan trauma yang berhubungan dengan sembelit.

    7. Pembersih alami
    Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh Anda dari racun dengan cara membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi di tubuh. Ini membersihkan sistem di tubuh Anda, sehingga membuat Anda lebih sehat dan segar.

    8. Mencerahkan kulit
    Efek menghilangkan racun dari tubuh juga bisa membuat kulit menjadi terlihat cerah. Vitamin C dari jeruk nipis membantu Anda terlihat lebih muda. Karena kandungan antioksidan di dalamnya, membuat kulit awet muda.

    9. Melawan penuaan
    Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Vitamin C menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda. Dengan minum jeruk nipis hangat, itu membantu kulit tubuh melawan kerutan akibat penuaan dini.

    10. Menurunkan berat badan
    Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga berisi serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan. Nah, serat itulah yang menimbulkan perasaan kenyang bagi tubuh.

    Manfaat Jeruk Lemon 

    Mendetoks tubuh
    Lemon dikenal dengan kemampuannya untuk menjauhkan manusia dari zat beracun. Begitu juga air lemon. Mengonsumsi air lemon setiap pagi akan membantu mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh Anda, serta zat kimia yang bisa merusak kesehatan tubuh.

    Membersihkan usus
    Minum air lemon setiap pagi adalah cara alami untuk membersihkan sistem pencernaan, terutama usus. Air lemon juga bisa digunakan untuk membantu masalah pencernaan yang terhambat, seperti pergerakan usus yang tak teratur. Selain itu, air lemon juga membantu membersihkan dan mengeluarkan racun dari organ pencernaan Anda.

    Mengobati infeksi tenggorokan
    Kandungan antibakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, berkumurlah dengan menggunakan setengah gelas jus lemon.
    Mencegah penuaan
    Ini adalah manfaat lain dari minum air lemon di pagi hari. Lemon yang kaya asam sitrat akan membantu Anda mengurangi kerutan di kulit serta mencegah munculnya jerawat. Tapi jangan lupa, Anda harus minum air lemon setiap pagi sebelum minum atau makan makanan lainnya.

    Kesehatan mulut
    Buah-buahan sitrus seperti lemon dan jeruk adalah bahan alami yang bisa membantu Anda mengatasi bau mulut. Namun tak hanya itu, lemon juga membantu Anda mencegah kerusakan diri atau karies yang membuat gigi berlubang. Air lemon juga baik untuk menghilangkan sakit gigi.

    Mengatasi morning sickness
    Bagi wanita hamil, mengalami morning sick bisa jadi siksaan setiap pagi. Namun dengan mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari, ibu hamil tak perlu terlalu khawatir mengalami morning sick. Air lemon akan mengatasi rasa mual dan mencegah ibu mengalami morning sick yang parah.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:59
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.