Tips Cara Sehat Menjaga Kebugaran Bagi Pekerja Kantoran

loading...
Pekerja yang mengandalkan otak dan pikiran, itulah cap untuk pekerja kantoran. Mereka jarang bergerak, duduk tenang di depan komputer, apalagi bila sedang dikejar dead line laporan yang yang harus segera di serahkan ke atasan, bisa lupa waktu, lupa makan bahkan mungkin lupa pulang ke rumah, hehehe..
Mereka yang bekerja di kantor harus duduk selama berjam-jam di depan komputer. Hal itu lambat-laun akan merusak kesehatan, bila tidak diimbangi dengan olahraga dan asupan makanan sehat. Berikut adalah tujuh kebiasaan yang bikin pekerja kantoran tetap sehat.

Cuci Tangan
Rajinlah mencuci tangan karena itu dapat menghindarkan Anda dari bakteri atau virus yang menempel di tangan Anda secara tidak sengaja . Kadang anda menerima dokumen dari rekan kerja yang lama tersimpan digudang file sehingga kita tidak tahu apa saja yang menempel di dokumen tersebut. Jadi kebiasaan ini sangat bagus untuk dilestarikan demi kesehatan.

Meja Kerja Selalu Bersih
Anda juga harus memperhatikan kebersihan meja kerja Anda. Lap keyboard dan meja Anda dengan cairan
antiseptik untuk menghilangkan bakteri.

Minum banyak air
Tetap terhidrasi selama bekerja sangat penting untuk menyokong produktivitas dan kesehatan tubuh Anda. Air membantu tubuh dan otak tetap segar.

Siapkan hand sanitizer di meja
Jika Anda tidak sempat mencuci tangan ke toilet, Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai gantinya.

Camilan sehat
Pastikan bahwa Anda telah menyertakan makanan sehat dalam menu harian Anda di tempat kerja. Alih-alih tergoda makan makanan berlemak tinggi dan kaya gula, bawalah camilan sehat seperti buah atau makanan rendah lemak.

Istirahat
Anda perlu berhenti sejenak dari pekerjaan Anda dan mengambil waktu untuk istirahat. Jika Anda tidak bisa keluar dari ruang kerja Anda, Anda bisa menenangkan diri Anda hanya dengan duduk dan bermeditasi selama beberapa menit di ruangan Anda.

Batasi kafein
Para pekerja kantoran umumnya mencintai kopi, karena itu diyakini bisa bikin mata melek. Namun cobalah untuk menghindari konsumsi kafein yang berlebihan di kantor karena itu tidak baik untuk kesehatan.

Olah raga ringan
Anda perlu meluangkan waktu sejenak untuk sekedar menggerak-gerakkan tangan dan kaki, hal ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah juga melemaskan otot yang tadinya kaku akibat posisi duduk yang terus menerus, cukup 5 menit maka anda akan bugar kembali.

Melihat keluar ruangan
Setelah 2 - 3 jam sibuk di depan komputer, maka luangkan waktu sejenak memandang keluar kantor, kalau bisa cari view atau pemandangan yang berwarna hijau seperti pohon-pohonan, gunanya agar mata anda tidak cepat lelah dan juga menyeimbangkan pandangan antara memandang jarak dekat dengan memandang ke kejauhan. Efeknya mata anda akan terasa lebih segar dan siap untuk mempelototi komputer lagi.

Sikap duduk yang benar
Duduk yang lama memang melelahkan, apalgi kalau sikap duduknya kurang pas, hindari duduk dengan punggung melengkung, sejajarkan padangan mata dengan layar kompuer. Ubah-ubahlah posisi duduk anda agar aliran darah lebih lancar.
Baca Juga :

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 19:13
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.