Manfaat Biji dan Buah Pohon Beringin

loading...

Apa Itu Pohon Beringin?

Beringin merupakan tanaman yang memiliki kemampuan hidup dan beradaptasi dengan bagus pada berbagai kondisi lingkungan. Selain itu keberadaan tanaman beringin pada kawasan hutan bisa dijadikan sebagai indikator proses terjadinya suksesi hutan. Beringin juga merupakan tanaman yang memiliki umur sangat tua, tanaman tersebut dapat hidup dalam waktu hingga ratusan tahun.  

Beringin (Ficus Benjamina)
Ciri umum Pohon Beringin (Ficus benjamina)
Menurut ilmu Biologi, Beringin (Ficus benjamina) termasuk kedalam suku ara-araan atauMoraceae. Suku ini sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Beringin, yang disebut juga waringin atau (agak keliru) ara (ki ara, ki berarti “pohon”), dikenal sebagai tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot. Peneliti telah mengembangkan beringin berdaun loreng (variegata) yang populer sebagai tanaman hias ruangan. Beringin juga sering digunakan sebagai objek bonsai.

HabitusPohon, tinggi 20-25 m Batang Tegak, bulat, percabangan simpodial, permukaan kasar, pada batang tumbuh akar gantung, coklat kehitaman
DaunJenis daunnya adalah daun tunggal, bersilang berhadapan, lonjong, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, panjang 3-6 cm, lebar 2-4 cm, bertangkai pendek, pertulangan menyirip, hijau
BungaBunga tunggal, di ketiak daun, tangkai silindris, kelopak bentuk corong, hijau, benang sari dan putik halus, kuning, mahkota bulat, halus, kuning kehijauan
BuahBuni, bulat, panjang 0,5-1 cm, masih muda hijau setelah tua merah
BijiBulat, keras, putih
AkarTunggang, coklat

Kandungan KimiaDaun, akar dan kulit batang beringin mengandung saponin, falvonoida dan polifenol.
HabitatPohon Beringin banyak tumbuh di daerah perairan seperti pinggiran sungai.Distribusi: banyak dijumpai di Indonesia, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah

ManfaatDaun beringin berkhasiat sebagai obat sakit sawanan pada anak-anak. Untuk obat sawanan dipakai 100 gram daun beringin, dicuci dan direbus dengan 5 liter air selama 25 menit. Air rebusan setelah agak dingin digunakan untuk memandikan anak yang sedang sakit.Kandungan dari Akar udara yang terletak pada bagian batang pohon beringin mengandung asam amino, fenol, gula, dan asam orange. Memiliki rasa yang sedikit pahit, namun sejuk.Khasiat Akar dan daun adalah bagian dari tanaman yang berkhasiat untuk mengatasi pilek, demam tinggi, radang amandel (tonsilitas), nyeri pada rematik  sendi, dan luka terpukul (memar). Sementara daunnya berkhasiat menyembuhkan  influenza, radang saluran napas ( bronkitis), batuk rejan (pertusis), malaria, radang usus akut ( akut enteritis), disenteri, dan kejang panas pada anak.

Ramuan dan Takaran: 
Atasi kejang panas pada anak. Siapkan sekitar 100 gr daun beringin segar. Cuci bersih lalu rebus bersama 5 liter air selama 25 menit. Gunakan air rebusan ini selagi hangat untuk memandikan anak yang sakit.   
Obat amandel.Untuk mengobati amandel, kita memerlukan akar udara beringin. Siapkan akar udara beringin sebanyak sekitar 180 gram, lalu siakan pula cuka sebanyak 1 gelas.Rebus akar beringin dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Sebelum direbus sebaiknya potong-potong dahulu akar beringinnya. Setelah direbus  tambahkan  cuka lalu biarkan air rebusannya dingin..

Tanaman beringin memiliki kemampuan sebagai tanaman konservasi mata air dan penguat lereng alami. Hal tersebut dapat dilihat dari struktur perakarannya yang dalam dan akar lateral yang mencengkeram tanah dengan baik. Selain itu, jenis-jenis beringin memang diketahui sebagai habitat beberapa burung, reptilian, serangga dan mamalia yang mengkonsumsi buahnya. Jadi, dengan menanam beringin, secara tidak langsung juga akan mengkonservasi fauna yang menjadikan beringin sebagai tempat hidupnya. Jenis tanaman Ficus juga dikenal sebagai tanaman untuk upacara adat di Bali dan sebagai tanaman obat. Beringin  juga memiliki kemampuan yang tinggi untuk menyerap polusi dalam hal ini CO2 dan timbal hitam di udara. 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 03:00
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.