Manfaat Jalan Kaki, Murah Menyehatkan

Loading...
Mengapa Kita Harus Rajin Jalan Kaki?

Orang jaman now memang terbiasa kemana-mana naik kendaraan, bahkan untuk jarak yang tidak sampai 100 meter mereka menggunakan sepeda motor untuk menuju tempat tersebut. Jadi tidaklah mengherankan jika saat ini banyak penyakit bergentayangan akibat dari orang jaman now yang malas bergerak alias malas jalan kaki. Padahal jika kita tahu dan mau tahu, ternyata jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat rajin jalan kaki bagi kebugaran tubuh? Simak ulasannya dibawah ini.

Beberapa waktu lalu ada iklan dari sebuah produk susu kesehatan yang merekomendasikan agar kita bisa rutin melakukan jalan kaki sebanyak 10.000 langkah setiap hari untuk menjaga kesehatan tulang dari serangan osteoporosis atau kekeroposan tulang. Himbauan atau ajakan ini sangatlah baik mengingat saat sekarang ini orang malas untuk jalan kaki, jarak 100 meter saja naik motor, agak jauh sedikit sudah mengeluarkan mobil dari garasi, padahal jalan kaki banyak sekali manfaatnya. Ketika Anda berjalan kaki, kebanyakan dari Anda berpikir bahwa aktivitas fisik ini hanya menguntungkan untuk kebugaran fisik Anda. Namun tahukah Anda bahwa jalan kaki juga mampu membawa banyak keuntungan untuk kesehatan mental Anda?Seperti dilansir dari healthmeup.com, inilah manfaat jalan kaki untuk peningkatan kesehatan mental Anda:

Menurunkan risiko Alzheimer
Penelitian juga menunjukkan bahwa laki-laki berusia 71-93 tahun mempunyai risiko yang lebih rendah untuk penyakit Alzheimer ketika mereka sering berjalan kaki.

Membuat tubuh lebih Anda santai
Penelitian kesehatan menemukan bahwa ketika Anda jalan kaki terjadi peningkatan suhu inti tubuh. Kemudian suhu ini akan turun kembali menjadi normal yang menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih rileks serta mudah ngantuk. Oleh karena itu jalan kaki juga merupakan cara yang tepat untuk mengobati insomnia.

Mengurangi stres
Sedang merasa stres? Perbanyaklah jalan kaki. Sebab jalan kaki mampu meningkatkan hornon norepinefrin dalam otak. Zat ini bermanfaat meredakan stres.

Membuat Anda bahagia
Jalan kaki juga dapat melepaskan hormon endorfin. Hormon ini bermanfaat untuk menambah kebahagiaan dan euforia di dalam tubuh Anda.

Mencerahkan suasana hati
Hormon endorfin yang dilepaskan saat Anda berjalan tidak hanya dapat membuat tubuh Anda bahagia namun juga dapat meningkatkan mood secara keseluruhan.

Memperlambat penurunan mental
Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita di atas usia 65 tahun menunjukkan bahwa mereka yang sering berjalan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit yang berkaitan dengan penurunan memori.

Ternyata aktivitas kecil seperti jalan kaki sanggup memberikan manfaat besar untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Oleh karena itu ketika stres melanda, sediakan waktu untuk berjalan kaki. Pagi hari bangun tidur, jalan kaki kelilingi area kompleks perumahan anda, maka anda akan merasakan manfaatnya seharian tubuh dan fikiran anda akan terasa sangat segar. Mudah dan murah sekali bukan? Tanpa perlu doping obat-obatan, anda sudah bisa memperoleh manfaat jalan kaki untuk kesehatan fisik dan mental anda. Selamat melakukan aktifitas JALAN KAKI selagi anda bisa, mulai dari sekarang juga.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:57
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.