Minum Air Kelapa Muda Menyegarkan dan Kaya Manfaat

Sehabis berolah raga, atau saat cuaca kurang bersahabat dimana suhu demikian tinggi alias panas maka akan sangat menyegarkan jika kita meminum cairan ini. Cairan ini berasal dri sebuah pohon yang hampir semuanya bisa dimanfaatkan seperti daunnya bisa untuk membuat ketupat dan untuk hiasan saat pernikahan. Buahnya bisa diambil santannya untuk penyedap masakan dan juga bisa diambil minyaknya. Batang pohonnya bagus untuk kayu bangunan yang lumayan tahan terhadap rayap.  Inilah si pohon buah serbaguna yaitu pohon kelapa. Pohon ini banyak tumbuh dipantai-pantai, sehingga disekitar pantai terutama pantai tempat wisata banyak berjejer penjual kelapa muda. 

Kandungan protein air kelapa muda 0,2 g/100 g, sementara pada susu sapi 3,2 g/100 g. Semua protein hewani (kecuali gelatin) adalah protein lengkap, mengandung semua asam amino esensial. Susu sapi pastinya mengandung asam amino esensial lebih lengkap daripada air kelapa. Asam amino esensial sendiri adalah asam amino yang mutlak diperlukan tubuh, namun tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh. Jadi harus berasal dari luar. Yang termasuk asam amino esensial seperti lisin, leusin, isoleusin, treonin, triptofan, fenilalanin, valin, metionin, dan histidin . Pada air kelapa, kandungan asam amino arginin 12,75 %, alanin 2,41 % , sistein (1,17 %), serin (0,91 %) yang memang kandungannya lebih tinggi daripada susu sapi. Tapi keempat asam amino tersebut bukanlah asam amino esensial. Inilah perbedaannya. Sedang asam amino lain yang terdapat dalam air kelapa adalah; glutamin, histidin, fenilalanin, tirosin, leusin, lisin, tirosin, dan histidin. Glutamin adalah asam amino tertinggi pada air kelapa. 


Umumnya air kelapa muda sering di konsumsi karena rasanya sangat enak dan segar ketika di konsumsi. Akan tetapi tahukah anda bila air kelapa muda adalah air murni yang didalamnya mengandung banyak sekali nutrisi. Disamping segar, kelapa muda juga nikmat rasa daging kelapanya, karena kondisinya yang masih muda sehingga tekstur dagingnya lembut serta gurih jika disantap. Bahkan kadang-kadang ada yang masih benar-benar lembek, kalau orang bilang masih "nglonyot" dan inilah yang memiliki kekhasan rasa daging kelapa muda.

Manfaat Air Kelapa Muda

Meminum air kelapa muda dapat memberikan kita banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Air kelapa memiliki kandungan suplemen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Lalu apa kandungan yang terdapat di dalam Air kelapa? Nah, berikut ini adalah kandungan nutrisi yang ada di dalam air kelapa:
Potassium, potassium ini dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah pada arteri.
Glukosa yang sangat di butuhkan oleh tubuh sebagai energi
Vitamin C untuk melindungi tubuh dari beberapa penyakit.
Vitamin B untuk membantu dalam pergantian jaringan-jaringan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa muda :
  • Pengganti Cairan Tubuh. Air kelapa banyak dikenal sebagai pengganti mineral dan cairan tubuh yang hilang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa jika anda mempunyai aktivitas yang berat.
  • Anti Penuaan. Air kelapa muda juga mengandung asam laurat dan sitokin. Dua elemen ini sangat berperan dalam memperbaharui sel-sel tubuh. Artinya, elemen ini akan membantu untuk meminimalkan penuaan kulit dan menyeimbangkan tingkat PH.
  • Kesehatan kardiovaskular. Air kelapa sangat kaya sekali akan magnesium dan kalium. Hal ini akan sangat membantu bagi orang yang menderita tekanan darah rendah dan mengurangi resiko terkena serangan jantung.
  • Air kelapa juga membantu sirkulasi darah dan mencegah terjadinya penyumbatan pada aliran darah. Jika anda meminum air kelapa dengan teratur, dapat membantu kita meningkatkan kolesterol yang baik.
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh. Salah satu manfaat air kelapa muda adalah membantu kita untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini bisa terjadi karena air kelapa membantu meningkatkan insulin dalam tubuh, sehingga gula dalam tubuh akan lebih cepat terbakar. Hasilnya anda akan memiliki lebih banak energi dan membakar lemak lebih cepat.
  • Pencernaan. Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase, dan enzim lainnya. Enzim yang terkandung dalam air kelapa ini sangat membantu proses pencernaan.
  • Meningkatkan Energi. Selain memiliki nutrisi penting yang berlimpah, air kelapa juga memiliki kandungan gula dan sodium yang sedikit. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Hal ini akan sangat membantu untuk melembabkan dan meremajakan tubuh.
  • Dehidrasi. Air kelapa banyak di gunakan oleh banyak orang untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera dan diare. Hal ini disebabkan karena kadar elektrolit dan plasma yang terkandung dalam air kelapa.
  • Mencegah Kram Otot dan Menguatkan Tulang. Manfaat air kelapa muda yang lain adalah mencegah kram otot. Tingginya kadar kalium pada kelapa dapat mencegah kram otot dan menguatkan tulang.
  • Menurunkan Berat badan. Air kelapa telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan menunjukkan hasil yang positif.
  • Mengontrol Diabetes. Jika air kelapa di konsumsi secara teratur, maka akan bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena air kelapa mencegah dan membersihkan plak yang dapat menyebabkan penyumbatan pada aliran darah.
  • Menetralkan Racun. Air kelapa muda yang masih hijau juga merupakan obat terbaik untuk mengatasi beberapa penyakit seperti menetralkan racun, demam berdarah, disentri dan salah satu cara mengatasi sembelit. 

    Memecahkan batu ginjal dan mengeluarkannya. Suatu penelitian pernah dilakukan pada pasien dengan batu ginjal. Ternyata air kelapa yang berfungsi sebagai diuretik ini dapat mengeluarkan batu ginjal pada pasien tersebut. “Tentunya batu tersebut berukuran sangat kecil,” terang dr. Peddy. Tapi jika batunya sudah lebih besar dari saluran kencing, air kelapa tidak bisa Anda andalkan.

    Menurunkan demam dan menaikkan trombosit penderita DBD. “Sebagaimana penyakit lain yang disebabkan oleh virus, demam berdarah berkaitan dengan daya tahan tubuh,” tegas dr. Peddy. Bagi penderita demam dengue yang terpenting mencegah terjadinya syok dengan menjaga cairan tubuh, baik dengan minum atau dengan infus. Tergantung dari kondisi pasien. Air kelapa diperlukan karena mempunyai kandungan seperti cairan isotonis tubuh (tapi bukan untuk menaikkan trombosit). Trombosit akan naik sejalan dengan proses penyembuhan.

Untuk Kecantikan Kulit

Pernahkah anda mendengar beberapa produk kecantikan atau produk kosmetik yang bahannya terbuat dari kelapa? Nah, air kelapa juga mempunyai manfaat sebagai berikut:

  • Pelembab. Air kelapa bisa digunakan sebagai pelembab karena nutrisi yang terkandung di dalamnya. Orang dengan kulit berminyak sangat di anjurkan untuk menggunakan air kelapa sebagai pelembab.
  • Mengatasi Jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, keriput dan flek hitam. Anda bisa mencuci muka anda dengan air kelapa secara teratur.
Pada Masa Kehamilan
Pada saat saya hamil, ibu saya juga sering merekomendasikan untuk mengkonsumsi air kelapa. Setelah saya membaca beberapa artikel, ternyata pada saat masa kehamilan air kelapa berguna untuk :
  • Melawan Bakteri. Air kelapa sangat baik bagi wanita hamil karena dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan bayi terhadap bakteri.
  • Kaya akan Nutrisi. Pada masa perkembangannya janin sangat memerlukan vitamin, mineral, nutrisi dan anti oksidan. Air kelapa muda adalah salah satu sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Tentu anda tahu Es Kelapa Muda? Menurut wikipedia, Es kelapa muda atau es degan (Inggris: young coconut ice) adalah minuman segar penyejuk dahaga yang terbuat dari daging dan air kelapa yang masih muda. Es kelapa muda merupakan minuman yang berasal dari Indonesia yang banyak digemari oleh orang-orang. Es kelapa muda pernah masuk kedalam 50 minuman terenak di dunia versi CNN pada tanggal 9 Desember 2011 yang menduduki peringkat ke-19. Hebat bukan, padahal dinegara kita sendiri es kelapa muda lebih banyak dikenal sebagai minuman pinggir jalan, karena memang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan raya.

Baca Juga:

Bunga Ekor Kucing, Tanaman Hias yang Berkhasiat Herbal

Kamboja si Bunga Kematian Ternyata Banyak Manfaatnya

Benalu, Tanaman Parasit Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Rumput Odot, Cepat Tumbuh, Cepat Panen

Lagi, Indigofera Hijauan Alternatif dengan Protein 27%

Manisnya Gula Pahitnya Petani Tebu

 

 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 00:28
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.