Manfaat Menggosok Gigi Malam Hari Sebelum Tidur

Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Siapa tidak kenal lirik lagu tersebut? Hampir semua orang kenal dari anak kecil sampai kakek nenek. Kebiasaan menggosok gigi memang sudah menjadi kebutuhan pokok alias vital yang harus dilakukan setiap hari jika badan ingin terjaga kesehatannya.
Menggosok gigi penting dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan agar tidak membusuk dan menyebabkan kerusakan gigi.

Sikat gigi harus dilakukan sebelum tidur atau setelah ritual makan berakhir, karena saat malam hari sebelum
tidur, semua aktivitas tubuh akan menurun, termasuk produksi air liur.

Dengan menggosok gigi sebelum tidur malam, ada beberapa manfaat yang didapatkan, antara lain:

- Membersihkan sisa makanan dari sela-sela dan permukaan gigi. Pada saat tidur terjadi penguraian oleh kuman-kuman dalam mulut dan menghasilkan asam.

Akibatnya timbul kerusakan gigi berupa karies. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan pembusukan.

- Penyikatan gigi akan merangsang jaringan-jaringan sekitar gigi yang memberikan nutrisi aktif pada gigi agar tetap sehat.

- Dari segi estetik, gigi yang rutin dirawat akan kelihatan putih dan bersih, serta harum. Efek yang dirasakan keesokan harinya, mulut masih bersih saat bangun tidur. Sehingga bisa langsung sarapan, tanpa menggosok gigi terlebih dulu. Selain itu dengan menggosok gigi, berarti email giginya kembali dilapisi dengan fluoride yang dapat bertahan dalam air liur selama 12 jam.

Menyikat Gigi yang Benar
Menyikat gigi tentu tidak boleh asal menyikat. Pada prinsipnya teknik menyikat gigi yang benar, yaitu:

- Menyikat semua permukaan gigi
Fokuskan pada area gigi yang berpotensi lubang, seperti di sela-sela dua gigi atau tepi gigi yang berbatasan dengan gusi. Dengan demikian gusi juga harus disikat. Permukaan kunyak gigi, yaitu permukaan gigi geraham atas, bawah, kiri dan kanan. Geraham belakang merupakan area yang mudah rusak, karena jauh dari jangkauan sikat gigi.

- Gunakan pasta gigi ber-fluoride, kemudian kumurlah dengan baik agar fluoride tidak bersisa. Sebab, fluor bisa menyebabkan gigi menjadi buram dan rapuh, yang disebut fluorosis.

- Pilih bulu sikat yang lunak agar tidak menimbulkan rasa sakit.

- Sikat juga permukaan lidah, sebab area tersebut tidak rata dan menjadi tempat yang tepat untuk kuman bersembunyi.
Baca Juga:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:33
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.