Manfaat Daun Wungu Untuk Mengobati Wasir atau Ambeien

Daun wungu banyak digunakan sebagai tanaman hias  daun yang berwarna unggu melihatkan kecantikan tanaman yang sangat indah. Tanaman Wungu berasal dari Irian dan Polynesia, dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.250m dpl.  Perdu atau pohon kecil, dengan tinggi 1,5-3 m, batang berkayu. Kulit dan daun berlendir dan baunya kurang enak. Cabang bersudut tumpul, berbentuk galah dan beruas rapat. Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berhadapan bersilang, bulat telur sampai lanset, ujung dan pangkal runcing, tapi bergelombang, pertulangan menyirip, panjang 8-20 cm, lebar 3-13 cm, permukaan atas warnanya ungu mengilap. Ada tiga varietas, yaitu berdaun ungu, berdaun hijau dan belang-belang putih. Yang digunakan sebagai obat adalah varietas berdaun ungu yang dinamakan Graptophyllum pictum(L.)Griff.var luridosanguineum Sims

Daun wungu biasanya digunakan dalam pengobatan diuretik (batang atau daunnya), melancarkan haid (bunganya), dan daunnya digunakan untuk pengobatan anti inflamasi,
melembutkan kulit, sembelit ambeien, reumatik, bisul dan pencahar ringan.
Daun wungu {Graptophyllum pictum (L.) Griff.} diketahui mengandung flavonoid, saponin, tanin, alkaloid, steroid. Senyawa flavonoid mempunyai berbagai fungsi penting untuk kesehatan, antara lain dalam menurunkan risiko serangan penyakit kardiovaskuler, tekanan darah, aterosklerosis, dan sebagai antioksidan (Hodgson et al., 2006).
Daun wunggu sejak dahulu sudah digunakan sebagai pengobatan herbal oleh masyarakat, kegunaan daun ini hampir sama dengan daun sirih pemanfaatan tanaman untuk obat adalah daunnya, namun banyak penelitian  menemukan kandungan dalam  tanaman ini yang berfungsi sebagai pengobatan alternative herbal.
Daun wunggu sudah sejak dahulu digunakan sebagai obat wasir, lalu  bagaimana cara menggunakannya ??  kami akan memberikan tips untuk mengolah daun unggu sebagai obat herbal.
Cara pengolahan  daun unggu untuk penyakit :
  1. Mengobati wasir Daun segar  sebanyak 10 gram dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas,  disaring, kemudian diminum sampai sembuh.
  2. Melancarkan haid Bunga kering sebanyak 1 genggam diseduh dengan 5 gelas air panas, dan diminum menjelang haid
  3. Sembelit Daun segar sebanyak 7 lembar direbus dengan 2  gelas air sampai menjadi 1 gelas, disaring kemudian diminum
  4. Bisul  payudara Daun segar dicuci lalu dioleskan santan kelapa  kemudian  layukan diatas api, sewaktu hangat – hangat letakkan diatas payudara yang sakit.
Banyak perusahaan herbal yang telah melakukan  ekstraksi dari rempah ini , yang bertujuan  sebagai obat dengan takaran komposisi yang lebih tepat dan efesien ,  kemasan yang mempermudah pasien untuk dapat mengkonsumsi obat herbal secara baik dan mudah.Ekstraksi adalah kegiatan penarikan kandungan kimia yang dapat larut sehingga terpisah dari bahan yang tidak larut dengan pelarut cair.
Wasir atau Ambeien adalah penyakit atau gangguan pada anus, dimana bibir anus mengalami pembengkakan yang terkadang disertai perdarahan. Biasanya berupa benjolan kecil berwarna merah disekitar mulut anus. Ambeien dapat dikenali dari beberapa gejala seperti, rasa gatal dan nyeri yang dapat disertai pendarahan dari rektum atau benjolan lunak di mulut anus, terasa sakit dan panas di bagian rektal, tidak dapat beraktivitas dalam keadaan duduk untuk waktu yang lama.
Baca Juga:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 01:49
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.