Loading...

Manfaat Daun Katuk, Pencegah Anemia dan Sumber Antioksidan, Bukan Sekedar Memperlancar ASI

Loading...
Manfaat Daun Katuk Yang Masih Jarang Diketahui
Daun Katuk sudah sangat lama dikenal masyarakat, terutama di lingkungan masyarakat pedesaaan, biasanya hanya untuk sayuran dan ibu menyusui. Manfaat daun katuk memang lebih populer untuk melancarkan ASI pada ibu menyusui, namun sebenarnya khasiat daun katuk tidak hanya itu saja. Daun katuk (Sauropus androgynus) memang sudah akrab sekali bagi masyarakat Indonesia, seperti yang saya sebutkan di atas,  terutama untuk melancarkan produksi air susu ibu (ASI). Daun katuk mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Masih banyak lagi beberapa manfaat dan khasiat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman yang biasanya digunakan sebagai tumbuhan penghias pagar ini. Daun katuk sangat segar untuk dibuat sayur bening, seperti bayam dan beberapa sayur lainnya. Biasanya dauk katuk dimasak bersama oyong, dibumbui dengan irisan bawang merah dan putih serta berbagai macam bumbu masakan lainnya. Disajikan dengan sambel terasi yang pedas pasti menjadi menu yang pas untuk disantap siang hari. Terdapat banyak sekali kandungan gizi yang bisa kita dapatkan. Diantaranya adalah kalori, protein, karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Selain kaya dengan kandunagn protein, lemak, vitamin, dan mineral, daun katuk juga memiliki kandungan tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid papaverin sehingga sangat potensial untuk dijadikan bahan pengobatan alami.

Kandungan gizi dalam 100 gram daun katuk:
  • Energi 59 kal
  • Protein 4,8 g
  • Lemak 1,0 g
  • Karbohidrat 11 g
  • Serat 1,5 g
  • Kalsium 204 mg
  • Fosfor 83 mg
  • Zat Besi 2,7 mg
  • Vitamin A 10.370 IU
  • Vitamin B1 0,1 mg
  • Vitamin C 239 mg
  • Air 81 gr
Berikut ini beberapa khasiat daun katuk untuk kesehatan.

Memperlancar ASI
Bagi para ibu yang sedang menyusui, untuk melancarkan ASI Anda dapat mengkonsumsi daun katuk karena mengandung senyawa asam seskuiterna dan kandungan-kandungan senyawa penting lainnya.

Kesehatan Mata
Daun katuk dapat menyehatkan mata karena terdapat kandungan Vitamin A di dalamnya untuk mencegah berbagai macam gangguan dan penyakit yang menyerang indera penglihatan kita.

Mencegah dan Mengatasi Anemia
Anemia atau kurang darah dapat diatasi menggunakan daun katuk, hal tersebut dapat terjadi karena dalam setiap 100 gram zat daun katuk mengandung 2,7 miligram zat besi yang berguna bagi penderita anemia. Selain zat besi, kandungan kalsium dalam daun katuk sebanyak 204 miligram atau empat kali lebih tinggi  dibandingkan kandungan mineral daun kol.
Klorofil Tinggi, Sebagai Antioksidan
Klorofil dapat berfungsi untuk membersihkan jaringan tubuh, mengatasi parasite, bakteri, virus dan sebagai tempat pembuangan sisa metabolisme tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan klorofil dalam daun katuk lebih banyak dari pada tanaman jenis lainnya.

Kolagen Untuk Imunitas
Daun katuk juga memiliki kandungan kolagen yang dapat berfungsi untuk mengangkut lemak, meyehatkan gusi sehat, meningkatkan imunitas, membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah, meyembuhkan luka dan meningkatkan fungsi otak.

Mencegah Osteoporosis
Kandungan kalsium pada katuk cukup baik, cocok diasup oleh kaum perempuan yang tidak ingin terkena osteoporosis.

Mengatasi Hipertensi
Kadar kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi daun katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya.

Demikian sebagian manfaat daun Katuk, sebagai catatan, konsumsi daun katuk ini tidak boleh berlebihan karena daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin. Jadi gunakan seperlunya saja agar bisa memetik manfaat daun katuk ini secara optimal, jangan berlebihan. Semoga bermanfaat.

Loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:05
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.