Manfaat Buah Petai Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa tidak kenal Petai? Makanan berbau yang membuat sebagian orang seperti kecanduan dalam mengkonsumsinya karena bau dan rasanya yang khas. Namun sebagian orang lagi benar-benar tidak menyukainya alias mati-matian membencinya juga dikarenakan bau dan rasanya yang khas tersebut.
Petai adalah tanaman tahunan yang mudah tumbuh di daerah beriklim tropis dan merupakan jenis buah musiman meskipun tidak begitu spesifik kapan musimnya pohon ini berbuah. Selain bau dan rasanya yang khas tersebut, banyak orang yang ternyata belum tahu bahwa petai memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat petai yang saya dapatkan dari beberapa sumber.

Beberapa kandungan senyawa dan nutrisi dalam petai:
  • Tryptophan (sejenis protein yang di dalam tubuh diubah menjadi serotin).
  • Vitamin A
  • Vitamin B6.
  • Vitamin B12.
  • Vitamin C.
  • Zat besi.
  • Kalium.
  • Serat.
  • Magnesium.
  • Karbohidrat.
  • Fosfor.
  • Protein.

Sebagai obat hati dan ginjal
Mengkonsumsi buah petai bagus bagi kesehatan. Buah ini mampu menjadikan tubuh kuat terhadap berbagai gangguan luar seperti radikal bebas. Contoh radikal bebas adalah Hidrogen peroksida, superoksida anion, dan hidroksil. Radikal bebas bisa terdapat pada makanan, terutama yang dipanggang dan digoreng, juga diperdapat pada sinar ultraviolet. Radikal bebas akan merusak jaringan tubuh dan memberikan beberapa dampak negatif kesehatan termasuk kanker, kerusakan hati dan ginjal. Mengkonsumsi buah petai bisa mengatasi masalah ini. Radikal bebas ini tidak akan berdaya dan eksis ketika berhadapan dengan anti oksidan yang ada dalam buah petai.

Sebagai Anti depresi
Buah petai bisa memperbaiki mood anda, kalau anda sering marah-marah. Maka layak mengkonsumsi petai, begitu juga bagi anda yang sering gelisah. Petai atau parkia speciosa mengandung zat tryptophan, yaitu sejenis protein yang bisa di ubah menjadi serotonin, Zat inilah yang menugbah mod anda, membuat anda menjadi relax, bahagia dan lebih tenang.

Menurunkan Tekanan Darah
Darah tinggi adalah penyakit berbahaya yang bisa mengancam jiwa kapan saja. Bagi yang sering mengalami darah tinggi, maka segeralah untuk mengkonsumsi petai atau pete. Buah berbau mneyengat ini sangat bagus untuk memerangi tekanan darah tinggi. Kandungan kalium yang tinggi dan rendah kadar garam membuatnya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.








Baik Bagi Perokok
Kandungan kalium, magnesium, vitamin B6 dan vitamin B12 di dalam petai dapat memulihkan tubuh dari nikotin.

Mengobati penyakit SAD (Seasonal Affective Disoder).
Kandungan tryptophan yang ada di dalam petai dapat mengobati penderita penyakit SAD atau penyakit emosional yang kacau dengan mendorong mood secara alami.

Berguna Untuk Penderita Maag
Petai memiliki tekstur biji yang lembut dan halus serta kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk menjaga proses pencernaan makanan.

Mencegah Obesitas
Dengan mengkonsumsi petai setiap 2 jam pada saat ngemil (mengkonsumsi makanan ringan dengan kadar gula atau karbohidrat tinggi) dapat menurunkan kadar gula darah. Sehingga tubuh akan terhindar dari kegemukan.
Mencegah anemia.
Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam petai dapat mengurangi dan mencegah risiko terjadinya anemia. Zat besi di dalam tubuh membantu dalam proses produksi sel darah merah.

Mengurangi PMS (pre menstrual syndrome).
Kandungan vitamin B6 di dalam petai dapat membantu mengurangi bad mood saat tiba datang bulan bagi wanita. Karena kadar gula darah dalam tubuh dapat terkontrol.

Inilah manfaat petai yang jarang diketahui orang. Dengan mengetahui manfaat dan khasiat buah petai bagi kesehatan, diharapkan anda bisa suka dengan makanan berbau ini demi menjaga kesehatan yang lebih baik. Jadi, tidak selalu menafaat kesehatan itu diperdapatkan dari makanan yang sedap dan enak, akan tetapi sangat banyak manfaat kesehatan tubuh justru diperdapatkan dalam makanan yang tidak enak seperti mengkudu, petai, jengkol dan lain-lain. Jadi tidak ada alasan untuk "membenci" buah yang satu ini karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya. Siapkah anda menyukai buah ini bagi yang awalnya tidak suka? Pasti gampang-gampang susah....atau malah susah sekali, namanya saja tidak suka.
Artikel Terkait:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 02:07
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.