Loading...

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Loading...
Buah duku yang masih mentah berwarna kehijauan dan rasanya masam, jika warna sudah mulai kekuningan, ini merupakan tanda bahwa buah duku sudah matang dan mempunyai rasa yang lebih manis. Buah Duku adalah buah musiman, biasanya berturut-turut dari musim durian, musim rambutan setelah itu menyusul musim buah duku. Awal musim harga duku biasanya mahal sekali kemudian berangsur-angsur turun seiring banyaknya pasokan duku di pasaran. Tanaman/pohon duku adalah tanaman tahunan artinya tanaman duku ini bisa hidup sampai puluhan tahun dan tetap rutin menghasilkan buah pada saat musimnya tiba. Tanaman ini bisa ditanam dipekarangan rumah yang luas karena tanamannya bisa besar atau di tegalan-tegalan.


Manfaat buah duku bagi kesehatan :

Sumber Antioksidan
Buah duku mengandung manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Antioksidan juga berperan untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi maupun zat beracun. Kegunaan buah duku yakni lainnya yakni akan mencegah penuaan dini. Salah satu faktor
penyebab penuaan dini yaitu karena radikal bebas. Seperti yang disebutkan diatas, vitamin C dalam buah ini sangat efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Vitmain C juga bermanfaat untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.

Menguatkan Gigi
Buah duku berkhasiat untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor yang ada didalamnya. Gigi akan menjadi kuat dan sehat jika sering mengkonsumsi buah ini. Hal ini juga bisa dioptimalkan dengan mengkonsumsi manfaat strawberrry untuk kesehatan gigi. Kesehatan gusi bisa dirawat dengan mengkonsumsi vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan bahwa buah duku mempunyai kandungan vitamin C yang banyak sehingga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Vitamin C sangat dibutuhkan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C dalam buah duku berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh serta berkhasiat juga untuk orang yang sedang berada dalam masa pemulihan.

Mengontrol Berat Badan
Buah duku tidak disangka ternyata juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang energi.
Jadi, jika carnitine dalam tubuh berkurang akan terjadi penimbunan lemak. Buah duku ini juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan manfaat apel bagi yang tengah menjalani program diet.

Melancarkan Sistem Pencernaan dan Kesehatan Kulit
Buah duku mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini seperti yang juga ditemui pada manfaat buah pepaya. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral serta zat besi pada buah duku juga lebih banyak jika dibandingkan dengan apel atau jeruk manis. Kesehatan kulit dapat dijaga dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung manfaat vitamin E. Buah duku juga memiliki kandungan vitamin E sehingga efektif untuk menjaga kesehatan kulit seperti :
  • mencegah penuaan dini
  • menghaluskan serta melembutkan kulit
  • menjaga kelembaban kulit
  • menjaga kulit dari sinar UV
  • Membantu penyembuhan luka

Mengendalikan Kadar Kolesterol
Metabolisme kolesterol pada tubuh akan menjadi asam empedu. Bagi penderita penyakit kolesterol, hal ini dapat dibantu dengan sering mengkonsumsi buah duku.

Mengatasi Diare dan Demam
Buah duku berkhasiat secara efektif dapat mengobati diare dan juga bermanfaat untuk menurunkan panas atau demam tinggi. Caran membuatnya juga cukup mudah :
  • Ambil biji buah duku
  • Tumbuk bijinya sampai halus
  • Campurkan dengan air
  • Minum sehari satu kali.

Mengusir Nyamuk
Selain buahnya yang kaya manfaat, ternyata kulit buah duku juga mempunyai manfaat sebagai pengusir nyamuk atau serangga seperti manfaat daun salam. Caranya mudah, yaitu dengan membakar kulit buah duku ketika akan digunakan sebagai pengusir nyamuk atau serangga.
Buah duku tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kulit seperti mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, hingga mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga. Caranya yaitu hanya dengan menggosokkan kulit buah duku ke wajah yang berjerawat atau kulit yang gatal-gatal.

Kandungan nutrisi Dalam Buah Duku
Buah duku merupakan tanaman yang setiap setahun sekali berbuah dan termasuk buah yang bisa hidup subur di tempat yang memiliki curah hujan tinggi. Duku merupakan tanaman dari Asia Tenggara bagian barat sebagai anggota jenis buah Meliaceae. Buah ini mempunyai bentuk hampir sama dengan buah langsat, pisitan, dan lain-lain.

Manfaat buah duku sangat beragam ini, berasal dari nutrisinya. Dalam 100 gram buah duku terdapat :
  • kalori sebesar 7 kkal
  • zat besi 0.9 mg
  • protein 1.0 gram
  • karbohidrat 13 gram
  • lemak 0.2 gram
  • mineral 0.7 gram dan masih banyak lainnya
Kandungan kalori yang terdapat pada buah ini ternyata mempunyai kadar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jeruk manis maupun apel.
Yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi buah duku adalah hindari mengunyah bijinya karena akan mengakibatkan rasa pahit. Buah duku lebih enak dikonsumsi pada saat sudah agak layu dan bukan dalam keadaan segar atau baru petik dari pohon karena masih banyak mengandung getah yang bikin lengket di mulut dan membuat rasa tidak nyaman di mulut.
Artikel Terkait:

Loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:08
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.