Loading...

Manfaat Biji Adas Bagi Kesehatan

Loading...
Manfaat Biji Adas Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Adas telah lama dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional dan juga bumbu masakan. Minyak adas yang dikandung bijinya menjadi salah satu komponen minyak telon. Tanaman yang mempunyai nama latin Foeniculum vulgare Miller ini masuk dalam suku adas-adasan atau Apiaceae (Umbelliferae).
Adas mengandung minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1 – 6%, mengandung 50 – 60% anetol, lebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. 

Kandungan anetol yang menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin).
Selain sebagai bumbu masak, tanaman Adas mempunyai banyak kegunaan mulai dari akar, daun, batang dan bijinya. Daun Adas digunakan sebagai diuretik (pelancar air seni) dan memacu pengeluaran keringat. 


Akarnya berkhasiat sebagai obat batuk, pencuci perut dan sakit perut sehabis melahirkan. Tanaman muda digunakan juga sebagai obat gangguan saluran pernapasan dan dari ekstrak buah Adas dapat digunakan untuk mengobati mulas.

Ciri-ciri Tanaman Adas
Adas adalah terna berumur panjang berbentuk herba yang berbau harum, berwarna hijau terang, tegak, dan dapat mencapai dua meter tingginya. Daun tumbuh sehingga 40 sentimeter panjang, berbentuk pita, dengan segmen terakhir dalam bentuk rambut, kira-kira selebar 0,5mm. Bunga yang dihasilkan di ujung tangkai adalah bunga majemuk yang berdiameter 5 hingga 15cm. Setiap bagian umbel mempunyai 20-50 kuntum bunga kuning yang amat kecil pada pedikel-pedikel yang pendek. Buahnya adalah biji kering berbentuk lonjong, berusuk, panjang 6 – 10 mm, lebar 3 – 4 mm, masih muda hijau setelah tua cokelat agak hijau atau cokelat agak kuning sampai sepenuhnya cokelat. Bijinya yang dikeringkan dikenali sebagai biji adas. Buah masak mempunyai bau khas aromatik, bila dicicipi rasanya relatif seperti kamfer.

Khasiat Tanaman Adas Sebagai Obat Tradisional

Sebagai Obat Batuk
a. Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gr diseduh dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.
b. Siapkan daun saga 1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2 kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekan 10 kuntum, bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang jahe 1 jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Mengatasi Sesak Napas
a. Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes diseduh dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari, sampai sembuh.
b. Siapkan adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/4 jari, rimpang kencur 2 jari, rimpang temulawak 1 jari, jintan hitam 114 sendok teh, daun poncosudo (Jasminum pubescens) 1/4 genggam, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya.
Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa kira-kira separonya. Setelah dingin disaring, dan siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Meringankan Sariawan
Siapkan adas 3/4 sendok teh, ketumbar 3/4 sendok teh, daun iler 1/5 genggam, daun saga 1/4 genggam, sisik naga 1/5 genggam, daun sembung 1/4 genggam, pegagan 1/4 genggam, daun kentut 1/6 genggam, pulosari 3/4 jari, rimpang lempuyang wangi 1/2 jari, rimpang kunyit 1/2 jari, kayu manis 3/4 jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya.
Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa separonya. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, setiap kali cukup 3/4 gelas.

Mengatasi Haid Tidak Teratur
Siapkan daun dan bunga srigading masing-masing 1/5 genggam, jinten hitam 3/4 sendok teh, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari, bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula batu sebesar telur ayam, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya.
Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, minurn 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Mengobati Batu Empedu
Serbuk buah adas sebanyak 5 gr diseduh dengan 1 cangkir air panas. Minum selagi hangat.

Manfaat Biji Adas Lainnya:


Herba adas berkhasiat sebagai anti – emetik. Akar sebagai pencahar dan diuretic, sedangkan minyak dari buah ( minyak adas, fennel oil) berkhasiat sebagai stimulant,  larminatif,  antibakteri, dan antelmintik. Minyak atsiri yang terkandung dalam biji adas adalah salah satu senyawa aktif bahan dasar pembuatan obat,  kebanyakan  minyak tersebut dimanfaatkan sebagai  produk minyak telon untuk menenangkan lambung.
Tanaman yang mempunyai banyak kandungan dan  kaya manfaat bagi tubuh kita sangat sayang bila kita tidak memanfaatkan dan memeliharanya,  alam sudah menyediakan apa yang kita butuhkan, maka kita seharusnya lebih mencintai alam dan memeliharanya,  kami bertujuan ingin mengajak masyarakat turut andil dalam memelihara alam, dan memanfaatkan seisinya dengan baik.

Komponen aktifnya, anisaldehida, meningkatkan khasiat streptomycin untuk pengobatan TBC pada tikus percobaan. Meningkatkan peristaltik saluran cerna dan merangsang pengeluaran kentut (flatus). Menghilangkan dingin dan dahak. Minyak adas yang mengandung anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldehid berkhasiat menyejukkan  saluran cerna dan bekerja menyerupai perangsang napsu makan.
Artikel Lainnya:

Loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:05
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.