Kebiasaan Ngemil Tengah Malam dan Tips Mengatasinya

Siapa yang tidak suka nonton TV sambil memangku setoples makanan? tentu saja banyak yang suka dan banyak yang melakukan. Tetapi seiring dengan waktu, tiba-tiba saja baru tersadar ternyata berat badan naik terus dan ukuran badan tambah mekar sehingga timbul keinginan untuk berhenti ngemil terutama di malam hari. Sebelumnya anda perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkan kebiasaan ngemil tengah malam, serta cara mengatasinya, seperti berikut ini:

Diet yang tak seimbang.
Kadang orang makan tidak memikirkan kebutuhan tubuh dalam arti terpenuhinya nutrisi untuk metabolisme normal tubuh. Seringnya ritual ngemil tengah malam ini merupakan akibat dari diet yang tidak seimbang.
Biasanya yang mengikuti suatu diet yang ketat akan mengurangi asupan kalorinya secara radikal. Baik jumlah maupun jenis makanannya mereka kurangi sampai benar-benar minim. Dengan begitu pada malam hari mereka jadi benar-benar lapar dan memakan apa pun yang ada. Maka, cara tepat mengatasi masalah ini tentu memastikan Anda memperoleh makan siang yang seimbang.
Percaya atau tidak, makan siang yang seimbang akan memberi Anda energi yang cukup beraktivitas hingga makan malam. Kemudian, Anda juga harus membatasi makan malam, misalnya hanya dengan mengonsumsi sereal dan buah-buahan. Mengkonsumsinya pun tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan tetap saja
kalori yang masuk ke dalam tubuh akan sangat besar.

Malas gosok gigi menjelang tidur.
Menyikat gigi sebelum tidur adalah suatu keharusan, bukan hanya demi kebersihan dan kesehatan mulut. Sebab, setelah membersihkan gigi dan mulut, Anda tak akan bisa menikmati makanan tertentu dan tidak akan nyaman untuk makan apapun yang akan memaksa Anda gosok gigi lagi.

Membiarkan diri terlanda kejenuhan.
Sebagian orang mungkin punya kebiasaan ngemil tengah malam hanya karena merasa jenuh atau suntuk. Jika Anda merasa jenuh dan ngemil menjadi suatu pilihan, temukan aktivitas lain yang bisa menyibukkan Anda. Misalnya, membaca, merajut, atau pekerjaan tangan lainnya.

Gagal mengelola stres.
Ngemil juga bisa dipicu oleh faktor stres. Karena itulah, ada baiknya untuk menggunakan beberapa metode menghilangkan stres, seperti mandi air hangat atau yoga sebelum tidur. Aktivitas seperti itu akan membuat tubuh dan sistem saraf Anda rileks, sehingga Anda bisa tidur nyenyak dan terbebas dari keinginan ngemil.
Cobalah mengatur suatu jadwal aktivitas yang nyata untuk mengisi sore-sore Anda yang menjemukan. Jika bisa menemukan program latihan fisik yang sesuai selera, Anda akan memperoleh tidur yang lebih berkualitas tanpa mengalami krisis-krisis lapar. Kopi juga bisa menjadi peningkat stres, jadi kurangilah asupan kafein untuk membebaskan organisme dari kesulitan tambahan.

Mengidamkan makanan favorit yang tak terpenuhi pada siang hari.
Makanlah makanan dan jajanan yang Anda sukai pada siang hari. Dengan begitu Anda tak akan mati-matian mencari makanan seperti itu pada malam hari. Jika cokelat adalah titik terlemah Anda, makanlah sedikit cokelat saat makan siang atau sebagai makanan selingan antara makan pagi dan makan siang atau antar makan siang dan makan malam.

Keasyikan nonton televisi.
Nonton televisi juga bisa menjadi pemicu keinginan ngemil tengah malam. Memperhatikan iklan televisi yang mempromosikan makanan lezat dalam kemasan yang menarik bisa mendorong siapa pun untuk ngemil tengah malam. Trik terbaik adalah menghindari nonton televisi sampai larut malam, terutama tayangan iklan makanan lezat. Makin cepat Anda tidur makin baik.

Kebiasaan dari Kecil
Hal ini akan sangat susah dihilangkan meskipun bukan hal yang tidak mungkin, bayangkan sekian puluh tahun anda melakukan kebiasaan ngemil pada malam hari tanpa ada yang melarang, tiba-tiba ingin anda hentikan dengan alasan kesehatan maupun diet. Kunci untuk mengatasi masalah ini adalah niat yang kuat dan satu lagi yang tidak kalah pentingnya jangan menyimpan makanan kecil di rumah apapun alasannya.

Sering Begadang
Biasanya ini yang melakukan bapak-bapak ketika keasyikan kumpul dirumah teman atau tetangga atau bahkan ketika ngumpul di pos ronda. Ada saja satu dua orang yang membawa makanan yang mau tidak mau kita akan mencicipinya meskipun dengan alasan menjaga kesopanan. Asal tidak kebablasan dalam mencicipi sebenarnya tidak ada masalah. Yang jadi masalah adalah ketika mencicipi plus mengobrol akhirnya tanpa terasa banyak makanan kecil yang masuk perut.

Note: Memang gampang-gampang susah menghilangkan kebiasaan yang sudah terlanjur mendarah daging. Namun demi alasan kesehatan dan lainnya hal ini harus dikurangi atau dihilangkan sama sekali. Kunci utamanya adalah : tanamkan niat yang kuat dalam hati, pasti berhasil. Semoga bermanfaat.
Baca Juga:


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 21:30
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.