Kandungan Nutrisi Pada Ceker Ayam Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted by

Loading...
Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ceker ayam memiliki khasiat yang tidak sesederhana bentuk dan namanya, banyak yang masih mencemooh... ah cuma ceker ini buat apa di makan, buang saja. Itulah kalau orang belum tahu, sebenarnya manfaat ceker ini lumayan juga buat kesehatan, tentunya dengan catatan : makanlah secukupnya saja dan jangan berlebihan karena semua yang berlebih-lebihan itu buruk buat kesehatan kita.
Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen ceker ini bisa menurunkan kadar renin dalam plasma sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi. Penderita hipertensi sangat dianjurkan mengonsumsi ceker ayam, baik juga bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.
– Kandungan zat kapur dan sejumlah mineral sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam. Yang jelas, makan ceker ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik. Selain itu zat kapur juga berfungsi untuk mencegah pendarahan yang serius.
– Kandungan  Hydroxyapatite adalah zat yang komponennya sama dengan komponen tulang dan lapisan keras mamalia. Hydroxyapatite, adalah makanan untuk tulang, yang berasal dari tulang binatang. Secara logika, memang makanan yang tepat untuk tulang adalah tulang. Dan salah satu makanan yang banyak mengandung hydroxyapatite adalah kaki ayam atau orang sering menyebutnya ceker ayam., Mencegah Osteoporosis juga menjaga elastisitas kulit.
– Kandungan protein kolagen dalam ceker ayam juga sangat bagus buat pertumbuhan balita. Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.
Zat-zat yang terkandung didalam ceker ayam sbb:
Asam amino.  Merupakan kandungan utama dari ceker ayam. Asam amino yang terdapat dalam ceker ayam antara lain: glisin,prolin,hidroksiprolin,agrinin dan lisin. Asam amino ini berfungsi untuk membentuk sel-sel baru, memperbaiki jaringan, membentuk antibodi atau daya tahan tubuh, serta menyelaraskan enzim dan hormon.
Kolagen . Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuning-kuningan. Jika terkena panas, seperti proses memasak, kolagen akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem.  Kolagen memiliki antigen yang bersifat imunogenik dan baik untuk penderita rematik. Kolagen juga terbukti berkhasiat untuk penyembuhan luka, kesehatan lambung serta pertumbuhan kuku, rambut, dan kecantikan kulit kita.
Kalsium.  Kalsium funsinya banyak sekali bagi tubuh. Antara lain mencegah penyakit jantung, melancarkan peredaran darah, sebagai mineralisasi gigi, melenturkan otot, mengatasi kram, sakit pinggang serta meminimalkan osteoporosis pada wanita hamil dan menopause
Kartilago.  Kita menyebutnya tulang rawan. Kadarnya di ceker ayam sama dengan yang terdapat di sirip ikan hiu. Berfungsi untuk melapisi persendian dan Diyakini para ahli mampu memperbaiki kekebalan tubuh serta mencegah kanker
Hydroxyapatite.  Merupakan salah satu mineral alami yang menjadi penyusun dalam komponen utama tulang dan gigi kita.
Glukosamin dan kondroitin. Dua senyawa yang berkhasiat sebagai antiradang alami yang bisa meringankan gejala radang sendi atau osteoarthritis.
Demikian kandungan zat-zat yang terdapat pada ceker ayam yang ternyata berguna buat kesehatan, so masih tidak mau mengkonsumsi ceker, ingat pokoknya jangan berlebihan yang mengkonsumsinya, sekali lagi ingat, berlebihan itu selalu tidak baik buat kesehatan hehehe... Semoga bermanfaat.
Artikel Terkait:

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:53
loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.