Kamboja si Bunga Kematian Ternyata Banyak Manfaatnya

Budidaya Pohon Kamboja dan Manfaatnya

Siapa tidak kenal bunga Kamboja? Biasanya orang kalau disebut nama bunga kamboja, kesan pertamanya adalah serem karena sudah bukan rahasia lagi kalau kamboja sering diidentikkan dengan kematian dan pohon ini juga banyak ditanam disekitar pemakaman sehingga kesan serem pada bunga kamboja semakin melekat. Bunga kamboja banyak dimanfaatkan untuk keperluan sesajen di daerah tertentu, seperti di lereng gunung bromo oleh suku tengger dan yang paling banyak di pulai Bali dimana disana dikenal dengan seringnya acara sesaji karena terkait dengan kegiatan keagamaan dan upacara-upacara ritual agama Hindu sebagai agama mayoritas masyarakat Bali.

Dewasa ini mulai diketahui bahwa ternyata bunga kamboja memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan sehingga kesan serem nya perlahan-lahan mulai berkurang. Bunga Kamboja warna kuning dan merah bahkan sekarang sudah banyak ditanam dipekarangan-pekarangan rumah. Dan bunganya ynag berjatuhan banyak dicari orang untuk dijual setelah dikeringkan.

Pohon Kamboja dan adenium sebenarnya berbeda, kadang orang menganggap mereka dari spesies yang sama karena begitu banyaknya persamaan antara pohon Kamboja yang besar dengan adenium yang kadang disebut sebagai kamboja mini. Persamaan yang paling mencolok adalah dalam cara pengembangan atau bididaya tanaman ini yang memang mudah tumbuh dan mudah dalam perawatannya. Ada beberapa motode untuk menanam kamboja diantaranya dengan cangkok, biji, okulasi bahkan dapat ditanam di pot. Daya tarik dari kamboja adalah bau yang harum nan cantik sehingga dapat anda gunakan untuk menjadi bunga hias di rumah. Ciri-ciri dari tanaman ini adalah berkayu keras, tinggi, bercabang banyak, dan batang yang besar.

Jadi yang akan dibahas disini adalah cara memperbanyak tanaman Kamboja yang sekaligus bisa diterapkan untuk Adenium karena adanya persamaan sifat diantara kedua tanaman tersebut.
Keuntungan atau keunikan hasil tanaman yang diperoleh dengan menanam kamboja dengan biji adalah pada pertumbuhannya akan diperoleh dari bonggol bunga yang besar. Karena pohon kamboja yang ditanam dari biji dapat disesuaikan dengan selera penanam. Cara menanam kamboja bisa juga dilakukan dengan metode sambung. Cara ini sangat banyak dillakukan oleh beberapa pecinta tanaman hias.

Para pencinta tanaman mengombinasikan kamboja dengan adhenium, dimana cara yang dilakukan adalah dengan menyambung tanaman tadi menjadi bentuk yang berbeda tetapi masih di dalam satu kelas tanaman. Saat melakukan penyambungan, gunakanlah batang bagian bawah yang berusia di atas sembilan tahun sampai dua belas tahun sebab kandungan energi yang ada di bagian bawah dapat memberikan energi untuk pertumbuhan batang tanaman yang akan disambung, sehingga tidak akan mengalami kegagalan. Stek juga merupakan salah satu cara yang mudah untuk menanam kamboja. Tetapi banyak orang yang menerapkan cara ini malah sering gagal. Hal ini dikerenakan minimnya pengetahuan tantang cara menanam stek, misalnya ketika menanam menggunakan cara stek tidak pernah memperhatikan media tanam yang ada di sekitar seperti terlalu gembur, terlalu banyak air atau tandus, sehingga tanaman yang dihasilkan tidak akan mendapat batang yang bagus. Cara menanam kamboja dengan stek adalah dengan memangkas pada bagian daun dulu. Lalu Kemudian jangan lupa untuk melumuri zat perangsang akar di bagian yang sudah anda potong tadi. Lalu lakukan penganginan selama 1 malam sebelum melakukan penanaman. Usahakan tempat untuk kamboja yang lembab agar menghasilkan tanaman yang berkualitas. Itu tadi beberapa cara menanam kamboja yang bisa anda terapkan dirumah, untuk percobaan tidak perlu bibit yang banyak cukup 2 atau 3 dulu semoga bermanfaat.

Macam-macam Cara Perbanyakan Kamboja dan Adenium
Ada berbagai cara membiakkan Adenium. Jaman dahulu kita tentu sudah akrab dengan tanaman Kamboja Jepang. Sebenarnya kamboja Jepang itu adalah sama dengan tanaman adenium. Jenis yang sudah tersebar luas ini tidak bisa berbiji karena bunganya tidak bisa menghasilkan biji sehingga perkembangbiakannya hanya dengan cara vegetatif.
Kemudian muncullah jenis-jenis baru yang datang dari pengembang dari Thailand ataupun Taiwan . Jenis baru ini tentu adalah hasil silangan dari berbagai macam jenis adenium. Jenis-jenis baru ini-pun diberi nama sesuai keinginan penyilang yang tentunya didasarkan pada ciri-ciri tertentu.

Dengan Menggunakan Biji
Perkembangbiakan dari biji merupakan cara untuk mendapatkan jenis-jenis adenium baru. Adenium dari biji menunjukkan bonggol yang membesar, tidak seperti perbanyakan cara vegetatif. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di bagian biji adenium.

Menerapkan Teknik Sambung

Cara yang paling banyak dipakai untuk memperbanyak adenium hibrida adalah dengan cara sambung/grafting. Batang bawah berasal dari biji yang bonggolnya bagus dengan batang atas dari jenis hibrida yang dikehendaki. Setelah beberapa waktu, bekas sambungan akan menghilang dan jadilah tanaman baru yang bagus.
Batang bawah biasa dipilih yang berumur 9-12 bulan, namun batang bawah yang lebih besar juga bisa dipakai dengan menyambung di setiap cabangnya. Kandungan energi di bonggol akan memberi pertumbuhan yang baik dan sehat bagi batang atas sehingga cara sambung ini mempunyai tingkat kesuksesan tinggi.
Sambungan model v adalah yang paling sering dipakai karena memiliki tingkat keberhasilan yang paling tinggi, meski bisa juga dilakukan dengan model rata. Dibutuhkan waktu 10 sampai 30 hari agar sambungan menyatu. Jangan lupa melepas tali sambungan agar tidak menganggu penyerapan makanan ke batang atas. Setelah beberapa saat, cabang baru dapat muncul dari batang bawah, cabang ini sebaiknya dipangkas agar tidak mengganggu.

Menanam dengan Stek Batang
Cara ini sangat sering digunakan karena kemudahannya. Namun tingkat keberhasilan tumbuhnya kecil karena mudahnya terjadi pembusukan. Dengan cara ini sulit didapat bonggol yang bagus, membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyamai besar bonggol adenium yang berasal dari biji. Dahulu cara ini yang biasa dilakukan untuk memperbanyak kamboja jepang (adenium varietas “ Singapore ”) yang notabene mandul. Cara ini masih dilakukan untuk varietas-varietas yang murah. Namun untuk jenis hibrida sepertinya cara ini hanya dilakukan saat terpaksa saja, yaitu dimana tidak ada batang bawah yang bagus padahal ada batang atas yang terlanjur dipotong.
Cara-nya sederhana saja, potongan batang yang akan di-stek dipangkas daunnya. Setelah itu oleskan zat perangsang akar pada bekas potongan. Setelah satu malam diangin-anginkan baru ditancapkan pada media tanam. Biarkan media sedikit lembab, tidak basah, tidak pula kering. Setelah beberapa lama akar akan muncul diikuti dengan tumbuhnya tunas.
kembali ke atas

Teknik Cangkok Kamboja
Mencangkok dilakukan untuk mengurangi kegagalan yang biasa terjadi dengan cara stek. Dengan mencangkok, akar akan tumbuh lebih dulu baru ditanam, sehingga tanaman dapat langsung menyerap unsur hara dari tanah. Namun diperlukan tenaga ekstra untuk melakukan pencangkokan, sehingga cara ini jarang dipakai.

Pertamakali harus dipilih batang yang sudah cukup tua, ditandai dengan batang yang berwarna coklat, bukan hijau. Dipilih batang yang tua karena batang yang muda sangat rentan patah dan sukar untuk dikupas kulitnya secara benar. Hal ini terjadi karena batangnya yang masih lunak dan sulit dicari letak kambiumnya sehingga pengupasan kulit bisa tanpa sengaja terlalu dalam.

Cara mencangkok seperti mencangkok tanaman berkambium pada umumnya. Kulit dikupas melingkar batang sampai terlihat kambiumnya, kambium tersebut lalu dihilangkan dengan cara dikerok sampai kambiumnya tidak bersisa. Kemudian bekas kupasan itu ditutup dengan media tanam. Media tersebut harus selalu lembab untuk memastikan akar akan tumbuh. Setelah 2 bulan maka akan tumbuh akar yang cukup sehingga cangkokan siap dipindah menjadi tanaman tersendiri.

Manfaat Bunga Kamboja Bagi Kesehatan
Bunga kamboja (Plumeria) adalah salah satu jenis tumbuhan yang sering kita jumpai didaerah pemakanan, bunga kamboja tidak ada hubungannya dengan negara Kamboja, sebab tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah. Dan telah menyebar ke Indonesia dibawa oleh bangsa Portugis dan Belanda yang perduli terhadap lingkungan dan menyukai alam tropis, bunga kamboja memiliki warna putih dengan kuntum berwarna kuning dengan bau harum

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan khususnya dibidang pengobatan dan kesehatan ternyata bunga kamboja juga memiliki manfaat untuk menjadi obat alami untuk beberapa jenis penyakit.

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat bunga kamboja untuk kesehatan yang penulis rangkum dari berbagai sumber, yaitu :
  1. Obat bisul
    Untuk manfaat dari bunga kamboja yang pertama adalah sebagai obat bisul, caranya yaitu ambil daun bunga kamboja yang masih segar, remas-remas lalu tambahkan dengan minyak kelapa secukupnya kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang berbisul sampai kering dan ganti jika yang baru jika sudah kering.
  2. Obat panu
    Ambil kulit batang kamboja, lalu rebus dengan air secukupnya, setelah mendidih gunakan air tersebut untuk mandi atau mencuci bagian tubuh yang panuan.
  3. Menghilangkan kutil
    Kutil yang menempel dikulit juga dapat kita hilangkan dengan tanaman kamboja, caranya ambil getah batang kamboja lalu oleskan pada bagian tubuh yang kutilan, lakukan dengan hati-hati jangan sampai terkena bagian tubuh yang lain, karena getah kamboja bersifat tajam.
  4. Obat mencret
    Mencret atau disentri juga dapat kita obati dengan bunga kamboja cara pertama siapkan bunga kamboja yang masih segar 12-20 kuntum, cuci sampai bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi satu gelas, setelah dingin saring ambil airnya dan minum air ramuan tersebut satu kali sehari.
  5. Menghaluskan kulit kaki yang pecah-pecah
    Kulit kaki kasar dan pecah-pecah memang sangat mengganggu penambilan kita karena ia dapat membuat kita kurang percaya diri saat tidak menggunakan sepatu, jika anda mengalami masalah tersebut cobalah untuk memanfaatkan tamanan bunga kamboja untuk mengatasinya caranya ambil satu potong kulit bunga kamboja lalu rebus dengan air 3 liter sampai mendidih, selagi hangat gunakan untuk merendam kaki yang pecah-pecah, lakukan perawatan tersebut dengan rutin satu kali sehari sebelum tidur.
  6. Mengatasi Kencing Nanah (Gonorhea), dengan menggunakan akar pohon Kamboja. Caranya ambil sepotong akar pohon kamboja, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan isinya tinggal 1 gelas, minum. Dosis satu gelas setiap hari.
  7. Mengobati Sakit gigi, ambil getah kamboja secukupnya, taruh pada kapas dan tempelkan pada gigi yang terasa sakit. Hati-hati dalam pemakaiannya karena getah ini mempunyai sifat lumayan keras terhadap gigi anda.
  8. Menghilangkan tahi lalat, dengan menggunakan getah pohon kamboja.

    Baca Juga:

    Benalu, Tanaman Parasit Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

    Rumput Odot, Cepat Tumbuh, Cepat Panen

    Lagi, Indigofera Hijauan Alternatif dengan Protein 27%

    Manisnya Gula Pahitnya Petani Tebu

    Teratai, Bunga Indah Kaya Manfaat Herbal

     


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 19:24
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.