Hati-hati Bergosip Bisa Jadi Fitnah

loading...
Kehidupan bertetangga memang sangat kompleks. Dalam satu RT yang mungkin isinya hanya beberapa puluh KK saja sudah demikian banyak perbedaan antara anggota RT yang bersangkutan. Coba bayangkan jika dalam satu RW, atau satu kelurahan apalagi satu kecamatan, kabupaten, propinsi dan sampai satu negara. Berapa juta perbedaan sikap dan tingkah laku yang akan kita temui.

Karakteristik kehidupan bertetangga di kota-kota besar sangat berbeda dengan di kampung-kampung apalagi dengan kampung yang masih pelosok/pedalaman atau kampung yang masih terisolir. Di kota besar
tetangga yang dikenal mungkin hanya dua atau tiga rumah dikanan kiri rumah tinggalnya, tetapi dikampung satu orang bisa kenal dan dikenal sama seluruh penghuni kampung. Inilah nilai kekeluargaan yang masih sangat terjaga di perkampungan.

Ada sisi positif ada pula sisi negatif, penduduk kampung biasanya suka saling berkunjung antar tetangga, kadang dalam konteks resmi kadang juga informal. Istilahnya yang keren adalah "nonggo". Sebenarnya kebiasaan ini tidak ada salahnya asal memang ada tujuan positif yang ingin dicapai, tetapi kebanyakan mereka yang "nonggo" hanya untuk bergunjing atau membicarakan tetangga lainnya. Hal inilah yang harus dihindari, karena kalau dua orang sudah mulai menggunjingkan orang lain maka akan datang setan menjadi orang ketiga yang akan membisikkan hal-hal jelek ke masing-masing hati orang yang bergunjing agar lebih semangat "ngrasani" orang lain.

Kalau yang dibincangkan masalah kebaikan seseorang bagaimana? Okelah hal ini masih bisa dimaklumi, tetapi sebagian besar mereka yang bergunjing lebih sering membicarakan kejelekan tetangga masing-masing. Bahkan yang baru tahap "katanya" saja sudah bisa menjadi bahan yang begitu mengasyikkan. Inilah bahayanya orang yang suka bergunjing, ketika apa yang mereka bicarakan tidak sesuai dengan kenyataan orang yang dipergunjingkan maka akan jatuh fitnah.

Bahaya fitnah sangatlah besar, fitnah bisa menceraiberaikan suami dengan istrinya, anak dengan orang tuanya, kakak dengan adiknya, tetangga dengan tetangga lainnya dan seabreg kejelekan lainnya. Jadi mulai sekarang STOP bergunjing atau "nonggo" atau berkunjung ke tetangga jika tidak ada kepentingan yang bermanfaat karena yang terjadi bukannya menyambung tali silaturahim yang berpahala tetapi bahkan akan memperbanyak dosa jika niatnya hanya untuk bergosip atau bergunjing.

Jadi nyatalah benar kalau dikatakan bahwa Fitnah Lebih Kejam dari Membunuh, karena dengan fitnah ini bukan hanya satu atau dua orang yang bisa "mati" tetapi seluruh negara bisa tercerai berai tidak karuan.

Simaklah yang berikut ini:

"Fitnah (membicarakan aib orang tetapi tidak ada faktanya), dosanya lebih keji daripada membunuh" (QS Al-Baqoroh:217)

“Dusta akan mendorong untuk curang. Kecurangan akan mendorong ke neraka. Orang yang berdusta akan terus berdusta hingga dicatat Allah sebagai pendusta” (Muttafaq alaih.).  "Tiga ciri orang munafik, apabila bicara berdusta, apabila berjanji mengingkari dan apabila dipercaya berkhianat” (HR Bukhari dan Muslim).  “Sesungguhnya orang munafik itu tempatnya di kerak neraka”.

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia mengucapkan kata-kata yang baik atau diam” (HR Bukhari Muslim).   Bila bicara dan diam sama maslahatnya, maka sunnahnya adalah diam. Pembicaraan yang mubah bisa masuk dalam pembicaraan yang haram/dibenci”.

“…jauhilah kebanyakan prasangka, karena sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa” (QS Al Hujurat: )

"Engkau membicarakan saudaramu tentang hal yang dia benci.  Jika benar ada padanya maka engkau telah ghibah…" (HR. Muslim).  Ghibah termasuk dosa besar yang tak diampuni Allah sebelum dimaafkan oleh orang ybs.  Ketika mi’raj, Rasul melihat kaum yang berkuku tembaga mencakar wajah dan dada mereka. Jibril mengatakan: “Mereka telah memakan daging orang dan mencela kehormatan orang”.

Mudah-mudahan bermanfaat
Baca Juga:

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 23:35
loading...
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.